Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tuah Perkutut katuranggan Muncis

gambar perkutut katuranggan muncis
Perkutut Katuranggan Muncis

Hartalangit.com - Bagi para penggemar burung Perkutut lokal tentunya sudah tidak asing dengan istilah katuranggan atau ciri mathi, yaitu tanda khusus pada fisik maupun perilaku burung Perkutut yang diyakini memiliki tuah atau manfaat tertentu.


Ada banyak sekali jenis katuranggan pada burung Perkutut lokal yang masing-masing dipercaya memiliki manfaat atau tuah tertentu. Salah satu katuranggan burung Perkutut yang cukup populer dan banyak dicari oleh para penggemar Perkutut katuranggan adalah Perkutut Muncis.

Ciri utama dari Perkutut Muncis adalah pada ukuran tubuhnya yang jauh lebih kecil dari ukuran tubuh burung Perkutut pada umumnya. Sedangkan ciri-ciri lainnya seperti warna bulu, sisik kaki, lurik dan lainnya sama dengan burung Perkutut pada umumnya.

Konon, Perkutut Muncis memiliki perbawa yang sangat besar sehingga tidak sembarang orang bisa memeliharanya. Oleh karena itulah pada jaman dulu Perkutut Muncis sering disebut sebagai "ingon-ingoning Ratu" atau peliharaannya Raja.

Didaerah tertentu ada juga yang menyebut Perkutut Muncis dengan sebutan Perkutut Rayap karena jenis Perkutut ini sering berkeliaran ditanah dan bahkan suka bersarang ditanah.


Berikut ini ciri-ciri khusus Perkutut Muncis:

gambar perkutut muncis asli
Perkutut Muncis

• Perkutut Muncis memiliki postur tubuh kecil tapi terlihat panjang.

• Panjang antara leher, badan, dan ekornya terlihat hampir sama.

• Kepalanya bulat dan kecil.

• Kakinya pendek.

• Perilakunya sangat tenang dan suka diam mematung sampai berjam-jam.

• Wibawanya sangat besar sehingga akan membuat Perkutut  lain yang berada di sekitarnya menjadi gelisah.

gambar kaki perkutut muncis yang asli
Bentuk Kaki Perkutut Muncis

Tuah Perkutut Muncis:

Perkutut Muncis dipercaya memiliki tuah untuk menambah kewibawaan, melancarkan rejeki, dan untuk sarana keselamatan.

Energi alam atau aura yang dimiliki Perkutut Muncis jika sudah selaras dengan pemiliknya akan mempengaruhi karakter dari pemiliknya. Aura kewibawaan pada Perkutut Muncis juga akan melekat pada diri pemiliknya sehingga akan membuat orang-orang disekitarnya menjadi segan dan hormat.

Jika kita merasa senang dan bangga dengan memelihara Perkutut Muncis karena termasuk katuranggan yang langka, maka secara tidak langsung hati kita akan selalu mengucap syukur kepada TUHAN ketika memandang burung Perkutut tersebut.

Rasa syukur itulah yang akan membawa energi positif pada diri kita, karena jika kita bersyukur maka TUHAN akan menambah nikmat dan karunia-NYA termasuk dalam hal rejeki.

Jika kita merawat Perkutut Muncis dengan baik, memperlakukannya dengan penuh kasih sayang, dan mencukupi kebutuhannya maka timbal baliknya TUHAN juga akan memberikan hal yang sama seperti apa yang kita lakukan, termasuk keselamatan fisik maupun non fisik.

Perkutut katuranggan Muncis memiliki makna filosofi sebagai nasehat atau pitutur agar kita bisa menghargai dan menghormati sesama serta tidak mengecilkan atau meremehkan orang lain, karena belum tentu kita lebih baik dari orang yang kita remehkan.

Perkutut Muncis juga merupakan pesan bagi para pemimpin/penguasa agar tidak perlu menonjolkan kebesaran dan kekuasaannya karena dengan bersikap merakyat, seorang pemimpin akan tetap dihormati dan disegani jika dia dapat bersikap adil dan bisa mengayomi orang-orang yang di pimpinnya.


Demikian sedikit informasi tentang tuah Perkutut katuranggan Muncis yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Filosofi dan tuah Perkutut Muncis (Harta Langit Channel)

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, Subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tuah Perkutut katuranggan Muncis"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: