Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tuah dan keistimewaan Keris dengan pamor Wengkon

pamor wengkon
Pamor Wengkon

Hartalangit.com - Pamor adalah motif pada bilah Keris atau Tosan Aji lainnya yang bisa berupa bentuk garis, lengkungan, lingkaran, bulatan, titik, belang-belang atau bentuk gambar tertentu. Pamor terbentuk pada permukaan bilah Keris karena adanya perbedaan warna dan perbedaan nuansa dari bahan-bahan logam yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan Keris setelah bilah Keris diwarangi.

Baca juga: Tata cara mewarangi Keris

Dengan teknik tempa lipat, maka logam-logam bahan baku Keris akan menyatu dalam bentuk lapisan-lapisan tipis tetapi tidak melebur antara satu jenis logam dengan jenis logam lainnya. Karena adanya penyayatan pada permukaan bilah Keris, maka kemudian gambaran pamor akan terbentuk karena adanya perbedaan gradasi warna antara satu jenis logam dengan yang lainnya.

Salah satu nama pamor yang cukup populer dan banyak dicari oleh para penggemar Tosan Aji adalah pamor Wengkon yang bentuknya berupa garis menyerupai bingkai di sepanjang tepi bilah Keris. Pamor Wengkon biasa disebut juga dengan nama pamor Tepen, atau pamor Lis-lisan.

Pamor Wengkon tergolong pamor rekan, yaitu pamor yang bentuknya telah dirancang terlebih dahulu oleh Empu pembuatnya. Dari cara pembuatannya ada dua jenis pamor Wengkon, yaitu pamor mlumah dan pamor miring.

Pamor Wengkon dipercaya memiliki tuah untuk membantu pemiliknya menjadi lebih hemat, tahan terhadap segala bentuk godaan, untuk perlindungan dari serangan ghaib, untuk tolak-bala dan pagaran diri. Bentuk bingkai disepanjang tepi bilah Keris tersebut melambangkan sebuah perlindungan, memagari, membententengi atau menangkis segala bentuk serangan dari luar yang dapat membahayakan pemilik Keris. Pamor ini tergolong tidak pemilih, siapa saja bisa cocok memiliki Keris dengan pamor Wengkon.

Walaupun bentuknya tampak sangat sederhana, tapi sebetulnya pamor Wengkon termasuk salah satu jenis pamor yang sulit dibuat karena memerlukan tehnik tertentu dalam proses pembuatannya. Hanya Empu yang sudah berpengalaman saja yang bisa membuat pamor Wengkon dengan sempurna karena untuk membuat garis Wengkon (bingkai) yang berjarak tetap sejajar (konstan) dengan garis tepi bilah tidaklah mudah karena memerlukan ketelitian dan kecermatan dalam proses pembuatannya dan jika sampai salah sedikit saja maka garis Wengkonnya akan terputus atau tidak sempurna.

Baca juga:

Ciri-ciri Keris dan pamor pemilih serta Keris yang angsarnya kurang baik

Nama-nama pamor Keris lengkap dengan gambar dan penjelasan tentang tuahnya

Demikian sedikit informasi tentang tuah dan keistimewaan Keris dengan pamor Wengkon yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tuah dan keistimewaan Keris dengan pamor Wengkon"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: