Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan tuah ampuh Keris pamor Tangkis

Hartalangit.com – Pamor adalah motif atau gambaran yang terdapat pada bilah Keris, Tombak atau Tosan Aji lainnya. Selain memperindah bilah Keris, pamor juga merupakan gambaran dari tuah Keris dan memiliki makna atau filosofi tertentu. Nama pamor Keris biasanya merupakan simbol dari tuah atau harapan yang disematkan pada sebilah Keris.

Baca juga: Keris sejatinya adalah media do'a dan harapan dari pemiliknya

Contohnya Keris pamor Tangkis, dari namanya tentu kita sudah dapat menyimpulkan tuahnya yang dipercaya dapat menangkis atau menangkal hal-hal negatif yang datang pada pemilik Keris. Pamor Tangkis adalah sebutan untuk sebilah Keris yang satu sisi bilahnya berpamor dan sisi bilah yang satunya tidak berpamor atau kelengan.

keris pamor tangkis
keris pamor tangkis
Ilustrasi Keris Pamor Tangkis

Pamor Tangkis berbeda dengan Pamor Slewah, karena yang disebut pamor Slewah adalah sebilah Keris yang memiliki dua jenis pamor berbeda pada kedua sisi bilahnya, misalnya pada satu sisi bilahnya berpamor Tunggak Semi dan pada sisi bilah yang satunya berpamor Ngulit Semongko. Tuah dari pamor Slewah dan pamor Tangkis juga berbeda. Pamor Slewah memiliki dua tuah berbeda sesuai dengan pamor yang menghiasi kedua sisi bilahnya, sedangkan pamor Tangkis memiliki dua tuah berbeda tetapi tuah utamanya pasti adalah untuk tolak bala, sedangkan tuah lainnya menyesuaikan pamor yang ada pada salah satu sisi bilahnya.

Tuah Keris Pamor Tangkis:

Devinisi kata Tangkis bisa dimaknai menangkis, menolak atau menahan serangan. Pamor Tangkis dipercaya memiliki tuah untuk menangkis sengkolo dan marabahaya baik yang bersifat fisik maupun non fisik. Pamor Tangkis juga bisa menangkis sesuatu yang bersifat global seperti bencana alam, wabah penyakit, musibah atau hal-hal negatif lainnya. Selain itu, Keris pamor Tangkis juga memiliki tuah lain sesuai dengan jenis pamor yang terdapat pada satu sisi bilahnya.

Jadi, selain memiliki tuah utama untuk perlindungan dan tolak bala, Keris pamor Tangkis juga memiliki tuah lain sesuai dengan pamor yang terdapat pada salah satu sisi bilahnya karena Keris dengan pamor Tangkis merupakan pesanan khusus yang memang sengaja dibuat sebagai pusaka untuk perlindungan dan tolak bala sekaligus untuk tujuan lain sesuai permintaan pemesannya, bisa untuk kewibawaan, kerejekian atau yang lainnya.

Misalnya saja Keris Tilam Upih pamor Tangkis Sodo Sak Ler, itu artinya Keris tersebut memiliki tuah untuk ketentraman rumah tangga sesuai dengan dhapurnya (Tilam Upih), tuah perlindungan dan tolak bala sesuai pamor kelengan pada satu sisi bilahnya serta untuk memudahkan mencapai harapan dan cita-cita sesuai pamor Sodo Sak Ler yang terdapat pada satu sisi bilahnya yang lain. Rata-rata Keris pamor Tangkis merupakan Keris Tayuhan yang lebih menonjolkan sisi isoterinya sehingga kesan wingit dan angker biasanya lebih terasa pada Keris-Keris berpamor Tangkis.

Baca juga: Pengertian tentang Keris Tayuhan dan cara menayuh Keris

Keris pamor Tangkis termasuk cukup langka karena pada jaman dahulu hanya orang-orang tertentu saja yang memilikinya. Keris ini dipercaya memiliki sisi isoteri yang lebih kuat karena memang dibuat secara khusus untuk tujuan-tujuan tertentu yang sifatnya lebih spesifik.

Filosofi Pamor Tangkis:

Pamor Tangkis juga memiliki makna filosofis untuk mengingatkan kita bahwa dalam hidup ini selalu ada dua sisi, hitam dan putih, gelap dan terang, baik dan buruk yang merupakan sebuah pilihan dan masing-masing ada dampak baik dan buruknya, tinggal kita mau memilih sisi yang mana dengan segala konskuensinya.

Filosofi ini menggambarkan bahwa kehidupan memang selalu memiliki pilihan yang nyatanya setiap pilihan pasti akan menimbulkan dampak berkelanjutan, karena setiap pilihan pasti akan membawa dampak baik atau dampak buruk untuk masa sekarang dan masa yang akan datang.

Pamor Tangkis juga merupakan sebuah pesan untuk mengingatkan pemilik Keris agar mampu menangkis hal-hal negatif atau perilaku buruk yang dapat menjerumuskannya ke dalam kegelapan dan menjauhkannya dari jalan yang terang.

Baca juga: Tuah pusaka pamor singkir untuk menangkal hama dan wabah penyakit

Demikian sedikit informasi tentang Filosofi dan tuah ampuh Keris pamor Tangkis yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan tuah ampuh Keris pamor Tangkis"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: