Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Manfaat Khodam dan Tuah Keris Pusaka

Hartalangit.com - Khodam/Yoni adalah manifestasi energi pintar yang terlahir dari doa, mantra dan laku spiritual tertentu yang dilakukan dengan tingkatan konsentrasi tinggi kepada Sang Pencipta untuk terkabulnya suatu maksud dan tujuan melalui serangkaian ritual dan doa/mantra.

Doa/mantra yang dipanjatkan oleh sang Empu Keris kemudian disimpan dalam lipatan-lipatan logam yang akan ditempa menjadi sebilah Keris. Semakin banyak jumlah lipatannya maka akan semakin ampuh Keris yang dibuat tersebut karena secara fisik Keris tersebut akan menjadi kuat, ulet dan tidak mudah patah, dan secara spiritual berarti semakin banyak doa/mantra yang terkandung dalam setiap lipatannya.

Baca juga: Proses panjang pembuatan sebilah Keris

Beberapa tuah Keris dan Karakteristiknya:

Tuah untuk kesaktian, kekuasaan, kewibawaan, dan tuah kerejekian adalah tuah-tuah pokok pada sebilah Keris karena tuah-tuah tersebut yang paling banyak di inginkan oleh para pemesan Keris pada jaman dulu.

Pada perkembangannya, setelah Keris-Keris tersebut tidak lagi dimiliki oleh pemilik pertamanya (yang menerima langsung dari Empu pembuatnya), maka Keris-Keris tersebut kemudian akan menyesuaikan diri dengan pemilik barunya.

Karena tidak semua pemilik Keris kondisi dan karakternya sesuai dengan tuah Keris yang dimilikinya, maka tuah yang diberikan oleh Kerispun menjadi tidak sama lagi dengan tuah pokok/utamanya, fungsinya tidak lagi sama dengan tujuan awal Keris tersebut dibuat.

Pada dasarnya, Keris tersebut sebetulnya masih memiliki tuah pokok, namun seringkali tidak berfungsi pada pemiliknya yang baru karena kondisi pemiliknya tersebut tidak sesuai dengan tuah Kerisnya, dan tingkat penyatuan kebatinan antara pemilik dengan Kerisnya juga tidak lagi bisa benar-benar selaras karena setiap Keris pada awal pembuatannya akan disesuaikan dengan weton (hari lahir), karakter, profesi, serta tujuan dari pemesannya yang tentu saja tidak akan sama lagi dengan pemiliknya yang baru. Hal itulah yang seringkali menjadikan sebilah Keris beryoni kuat sekalipun menjadi tidak berfungsi bagi pemilikinya.

Demikianlah yang terjadi pada masa sekarang, mungkin Keris yang kita miliki sudah tidak lagi memberikan tuah utamanya, sudah menurun fungsinya, dan tidak lagi sesuai dengan tujuan awal Keris tersebut dibuat.

Berikut ini beberapa tuah pada sebilah Keris:

• Tuah Keselamatan

keris nogo siluman
Keris Nogo Siluman

Secara umum pada jaman sekarang ini, tuah keselamatan inilah yang masih bisa diberikan sebilah Keris kepada pemiliknya, yaitu untuk menjaga keselamatan pemiliknya dari serangan/gangguan secara ghaib atau dari niat jahat orang-orang yang berniat mencelakainya. Contoh Keris yang memiliki tuah keselamatan adalah Keris Nogo Siluman.

• Tuah Kesaktian

keris singo barong
Keris Singo Barong

Keris yang memiliki tuah kesaktian, selain berguna untuk menjaga keselamatan si pemilik dari serangan/gangguan ghaib juga dapat memberikan kesaktian atau kekuatan supranatural untuk melindungi diri dari serangan lawan, baik secara ghaib maupun secara fisik, atau untuk menembus benteng pertahanan ghaib lawan yang memiliki kekuatan supranatural atau ilmu kebal.

Tuah kesaktian Keris tersebut dapat digunakan untuk menyerang langsung secara fisik maupun secara ghaib. Penggunaan kekuatan ghaib pada sebilah Keris hanya bisa dilakukan oleh orang yang mengetahui kunci pembuka kekuatan Keris tersebut atau orang yang mengerti tentang ilmu ghaib. Contoh Keris yang memiliki tuah untuk Kesaktian adalah Keris Singo Barong.

• Tuah Kekuasaan

keris nogo sosro
Keris Nogo Sosro

Keris yang memiliki tuah kekuasaan biasanya juga memiliki tuah untuk kewibawaan. Tuah ini berguna untuk menaikkan derajat pemiliknya sehingga dapat mencapai derajat/pangkat yang tinggi, mengamankan posisinya dari persaingan dan menjaga wibawanya di mata atasan maupun bawahan. Contoh Keris yang memiliki tuah untuk Kekuasaan adalah Keris Nogo Sosro.

• Tuah Kewibawaan

keris sengkelat
Keris Sengkelat

Keris bertuah kewibawaan berfungsi untuk menjaga wibawa pemiliknya di mata atasan maupun bawahan dan di mata orang-orang disekitarnya. Tuah ini juga berguna untuk menjauhkan pemiliknya dari fitnah yang akan menjatuhkan martabatnya. Contoh Keris yang memiliki tuah Kewibawaan adalah Keris Sengkelat.

• Tuah Penundukan

keris carubuk
Keris Carubuk

Tuah ini berguna untuk menundukkan lawan bicara, sehingga semua perkataan pemilik Keris tersebut akan didengar dan tidak akan dibantah oleh orang yang menjadi lawan bicaranya sehingga semua permintaan atau perintahnya akan dituruti karena orang yang diperintah tersebut sudah tunduk terpengaruh tuah dari Keris tersebut. Contoh Keris bertuah penundukan adalah Keris Carubuk.

• Tuah Pambungkem

keris sempono bungkem
Keris Sempono Bungkem

Tuah ini sebenarnya adalah turunan dari Keris bertuah penundukkan dan kewibawaan. Walaupun tuahnya adalah turunan dari tuah penundukkan dan kewibawaan, Keris yang memberikan tuah ini tidak lagi memberikan tuah untuk penundukkan ataupun kewibawaan, tetapi lebih condong memberikan tuah yang lebih ekstrim lagi, yaitu membungkam mulut lawan bicara atau membuat lawan bicara menjadi seolah-olah lupa akan apa yang akan di ucapkannya.

Tuah ini sangat berguna saat pemilik Keris sedang mengalami tuntutan atau dakwaan (terjerat kasus hukum/utang piutang). Tuah dari Keris pambungkem akan membuat orang-orang yang menuntutnya atau menagihnya menjadi lebih banyak diam atau lupa akan apa yang akan dituntutnya, sehingga pemilik Keris tersebut akan terbebas dari tuntutan.

Keris-keris yang bertuah untuk kewibawaan, penundukkan atau pambungkem sangat cocok dimiliki oleh para pejabat, pengacara dan hakim yang sering berdebat (adu argumen). Ciri-ciri Keris pambungkem biasanya kembang kacangnya menempel pada gandhiknya. Contoh Keris bertuah pambungkem adalah Keris Sempono Bungkem.

• Tuah Kerejekian

keris sabuk inten
Keris Sabuk Inten

Keris untuk kerejekian biasanya juga memiliki tuah untuk kesuburan dan penglarisan (kerejekian umum) dan dapat dimiliki oleh siapa saja (tidak pemilih). Contoh Keris yang memiliki tuah Kerejekian adalah Keris Sabuk Inten.

• Tuah Kesuburan/Kemakmuran

keris kebo lajer
Keris Kebo Lajer

Keris yang bertuah untuk kesuburan dan kemakmuran lebih cocok dimiliki oleh orang yang memiliki sumber penghasilan dari pertanian dan peternakan. Keris ini akan membantu memberikan aura yang baik untuk kesuburan tanah dan ternak serta menjauhkan tanaman dari serangan hama dan menjauhkan binatang ternak dari penyakit. Contoh Keris yang memiliki tuah kesuburan dan kemakmuran adalah Keris Kebo Lajer.

• Tuah Penglarisan

keris suratman ketip
Keris Suratman Ketip

Keris yang bertuah penglarisan lebih cocok dimiliki oleh orang yang memiliki sumber pendapatan dari perdagangan.

Tuah Keris ini akan membuat orang-orang senang dengan pemiliknya, senang datang ke tempat usahanya dan senang untuk melakukan transaksi bisnis pemilik Keris tersebut. Contoh Keris yang memiliki tuah penglarisan adalah Keris Suratman Ketip.

• Tuah Pengasihan

keris jaran guyang
Keris Jaran Guyang

Keris yang memiliki tuah pengasihan cocok dimiliki oleh siapa saja (tidak pemilih), terutama para pedagang, karyawan dan pegawai yang penghasilannya berasal dari gaji/upah.

Keris ini akan memancarkan aura pengasihan, sehingga pemilik Keris ini akan dikasihi oleh orang lain di sekitarnya, oleh atasan ataupun bawahannya. Contoh Keris bertuah pengasihan adalah Keris Jaran Guyang.

• Tuah Kharisma

keris parungsari
Keris Parung Sari

Keris yang memiliki tuah untuk kharisma juga cocok dimiliki oleh siapa saja (tidak pemilih). Keris ini akan memancarkan aura wibawa dan kharisma, sehingga pemiliknya akan dihormati dan dikasihi oleh orang-orang disekitarnya, oleh atasan maupun bawahannya. Contoh Keris yang memiliki tuah untuk kharisma adalah Keris Parung Sari.

Baca juga: Minyak khusus perawatan pusaka dan khodam pusaka

Demikian sedikit informasi tentang manfaat khodam/tuah Keris pusaka yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Manfaat Khodam dan Tuah Keris Pusaka"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: