Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan tuah Keris Nogo Siluman

gambar keris nogo siluman asli sepuh
Keris Nogo Siluman

Hartalangit.com - Keris Nogo Siluman merupakan salah satu dhapur Keris Naga yang cukup populer dan banyak diburu oleh para kolektor benda pusaka serta orang-orang yang percaya pada tuah ghaibnya.

Seperti Keris-Keris dhapur Naga lainnya, Keris Nogo Siluman juga memiliki gandhik berbentuk kepala Naga mengenakan mahkota, memakai sumping dan juga kalung, tapi badannya dibuat sedikit tersamar hanya sebatas leher kemudian menghilang pada luk pertama menyatu dengan bilahnya. Itulah kenapa Keris ini dinamakan Nogo Siluman.

Baca juga: Perbedaan bentuk dan tuah antara Keris Nogo Sosro, Nogo Rojo dan Nogo Siluman

Keris Nogo Siluman terkenal memiliki khasiat dan tuah kesaktian yang sangat ampuh. Berdasarkan fakta sejarah, Keris Nogo Siluman banyak dimiliki oleh para pejuang karena tuahnya diyakini dapat melindungi pemiliknya dari marabahaya.

Salah satu Pahlawan Nasional yang memiliki ageman Keris Kyai Nogo Siluman adalah Pangeran Diponegoro yang sangat disegani dan sering membuat repot pasukan Belanda pada perang Kemerdekaan.

Pahlawan Nasional lainnya yang memiliki ageman Keris pusaka Nogo Siluman adalah Jenderal Besar Soedirman yang dengan gagah berani memimpin pasukan PETA berperang melawan penjajah Belanda pada perang Kemerdekaan.

Keris Nogo Siluman memang cocok menjadi ageman para pejuang dan para pahlawan karena tuahnya memang selaras dengan tehnik perang Gerilya. Tuah Keris Nogo Siluman lebih condong untuk perlindungan dengan cara menyamarkan pandangan musuh terhadap pemilik Keris ini.

Filosofi Keris Nogo Siluman:

Siluman atau Seluman dalam bahasa Sansekerta artinya khayalan (penglihatan), yaitu bayangan yang dibangkitkan oleh kekuatan magis.

Jadi pengertian Nogo Siluman secara harfiah dapat di artikan sebagai Naga yang tidak kelihatan atau Naga yang ada di alam khayalan (alam ghaib/mistis).

Siluman juga bisa berarti mahluk ghaib atau mahluk jadi-jadian yang bisa menghilang dan bisa berubah wujud menjadi apa saja yang dikehendakinya.

Badan Naga yang dibuat tersamar menyatu dengan bilah Keris memiliki makna sebagai pesan atau nasehat untuk para pemimpin atau penguasa yang disimbolkan dengan Naga agar dapat mengendalikan hawa nafsunya yang berupa kekuasaan, kemewahan atau kekayaan serta tidak sewenang-wenang menggunakan kekuasaannya untuk kepentingan pribadi.

Makna simbolis ini dapat di artikan bahwa sebagai seorang pemimpin tidak boleh bertindak sewenang-wenang, karena apa yang dimilikinya adalah "sampiraning urip" (titipan sementara dalam hidup).

Sedangkan mulut Naga yang kadang disumpal dengan butiran emas atau batu mulia dipercaya dapat meredam kekuatan negatif atau hawa panas dari Keris Nogo Siluman.

Baca juga: Keris tindih dan manfaatnya

Makna sesungguhnya yang menjadi pesan dari disumpalnya mulut Naga menggunakan butiran emas atau batu mulia adalah agar segala sesuatu yang keluar dari mulut seorang pemimpin adalah segala sesuatu yang mulia atau bermanfaat.

Seorang pemimpin harus mampu mengendalikan ucapannya, karena ucapan seorang pemimpin merupakan sabda. Jadi sepatutnya segala sesuatu yang keluar dari mulutnya adalah sesuatu yang baik atau mulia.

Masyarakat Jawa mengenal ungkapan yang berbunyi "ajining diri soko kedaling lati", artinya kehormatan diri seseorang berasal dari ucapan atau kata-katanya.

Jika dihubungkan dengan sifat-sifat kepemimpinan, pesan yang tersirat dari mulut Naga yang disumpal emas atau batu mulia yaitu, sabda seorang pemimpin tidak boleh berubah-ubah (sabdo pandito ratu tan keno wola-wali).

Dengan demikian, kemulian seorang pemimpin tercermin dari kemampuannya untuk menyelaraskan antara perkataan dengan perbuatan.

Tuah Keris Nogo Siluman:

gambar keris nogo siluman luk 5 majapahit
Keris Nogo Siluman luk 5

1. Keris Nogo Siluman dipercaya memiliki tuah untuk menghilang, atau lebih tepatnya mengalihkan/menyamarkan pandangan musuh sehingga tidak bisa melihat atau tidak mengenali pemilik Keris ini.

2. Tuah ghaib Keris Nogo Siluman juga dipercaya dapat menghindarkan pemiliknya dari segala macam masalah dan membuat pemiliknya selalu dapat lolos dari semua masalah (kasus) yang sedang dihadapinya seperti filosofi tubuh Naga yang menghilang pada bilahnya.

3. Seperti Keris-Keris dhapur Naga lainnya, Keris Nogo Siluman juga memiliki perbawa yang sangat besar sehingga pemilik Keris ini akan memiliki kewibawaan dan kharisma yang sangat besar.

4. Tuah sakti Keris Nogo Siluman juga dapat menambah kesaktian pemiliknya dan memberikan perlindungan serta penjagaan fisik maupun non fisik.

Karena keampuhan tuahnya itulah yang menjadikan Keris Nogo Siluman menjadi sangat terkenal dan banyak dicari untuk dijadikan sebagai piandel.

Banyaknya peminat Keris Nogo Siluman menyebabkan Keris ini banyak dipalsukan. Keris-Keris Nogo Siluman palsu tersebut seringkali dikatakan sebagai Keris asli dan sepuh untuk menarik minat pembeli dan melambungkan harga/maharnya.

Oleh karena itu, sebaiknya lebih berhati-hati jika ingin membeli atau memahari Keris-Keris berdhapur Naga termasuk Keris Nogo Siluman, karena Keris ini termasuk dhapur langka yang jumlahnya tidak sebanyak Keris-Keris dhapur lainnya.

Pada jaman dahulu, Keris Nogo Siluman hanya boleh dimiliki oleh orang-orang tertentu saja sehingga jumlahnya tidak sebanyak Keris-Keris dhapur lain yang boleh dimiliki oleh semua kalangan.

Baca juga:

Cara mengenali ciri-ciri Keris baru dan Keris sepuh

Jenis-jenis khodam Keris pusaka

Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah ampuh Keris Nogo Siluman yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a comment for "Filosofi dan tuah Keris Nogo Siluman"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: