Advertisement

Jenis-jenis khodam Keris pusaka

ilustrasi gambar khodam keris nogo sosro
Ilustrasi

Hartalangit.com – Keris merupakan senjata tradisional yang tidak hanya memiliki fungsi fisik saja tapi juga memiliki fungsi non fisik sebagai sarana piandel untuk meningkatkan kepercayaan diri, menambah kewibawaan, untuk kesaktian atau yang lainnya.

Fungsi non fisik atau esoteri Keris tentunya berkaitan dengan isi atau ghaib Keris yang secara umum dikenal sebagai khodam atau sosok ghaib yang ada pada sebilah Keris. Sosok ghaib inilah yang dipercaya menjadi sumber kekuatan dari Keris pusaka.


Keris pusaka atau Keris tayuhan pasti memiliki khodam yang siap membantu pemiliknya sesuai kemampuan/tuah yang dimilikinya. Sosok ghaib tersebut memang sengaja ditempatkan pada sebilah Keris pusaka sebagai pendamping/penjaga dari Keris pusaka dan pemiliknya.

Ada banyak jenis khodam Keris yang masing-masing wujudnya melambangkan karakter dan tuah dari sebilah Keris yang seringkali juga akan mempengaruhi karakter atau sifat dari pemilik Keris dalam kehidupan sehari-harinya.

Berikut ini beberapa jenis khodam Keris pusaka dan sifat-sifatnya:

1. Khodam Naga

Keris pusaka yang memiliki khodam Naga juga memiliki karakter seperti Naga, yaitu berwibawa, kuat dan berkuasa. Sosok Naga biasanya menjdi khodam untuk kewibawaan, kekuasaan dan penjagaan ghaib.

Aura kewibawaan Naga yang sangat kuat akan menjadikan pemilik Keris menjadi sosok yang sangat berwibawa dan berkuasa serta dapat menjauhkan pemiliknya dari niat jahat orang lain atau mahluk halus yang berniat jahat.

Sosok ghaib Keris jenis Naga biasanya akan tetap berdiam didalam Kerisnya, atau tidak menjadi khodam pendamping.

Keris pusaka yang khodamnya sosok Naga sebaiknya posisi penyimpanannya lebih diutamakan, yaitu diletakkan pada posisi paling atas atau ditengah-tengah Keris-Keris yang lain. Tapi tidak semua Keris berdhapur Naga juga memiliki khodam Naga.

Sosok Naga Jawa (badan dan kepalanya seperti Naga tapi tidak memiliki kaki), berarti watak dan perilakunya merupakan perpaduan antara ular dan Naga, yaitu galak/ganas dan berkuasa.

Sosok ular Naga ini biasanya menjadi khodam kekuasaan dan penjagaan ghaib. Hawa aura yang ditimbulkannya akan membuat pemiliknya terlihat berwibawa dan berkuasa, tapi ada juga yang berhawa aura menakutkan/menyeramkan.

Keris-Keris yang berkhodam Naga tergolong Keris pemilih dan hanya cocok dimiliki oleh orang-orang yang memiliki jabatan atau kedudukan tinggi. Biasanya Keris-Keris yang berkhodam Naga juga lebih banyak menuntut untuk diberikan sesaji-sesaji tertentu.


2. Kkodam Macan

Keris pusaka yang memiliki khodam sosok Macan/Harimau juga akan memiliki karakter seperti Macan, yaitu galak/ganas dan berwibawa. Sosok Macan biasanya menjadi khodam kewibawaan, kesaktian, penundukan dan penjagaan ghaib.

Aura yang sangat kuat dari sosok Macan/Harimau akan membuat pemilik Keris sangat disegani dan ditakuti oleh lawan maupun kawan.

Tapi rata-rata Keris yang memiliki khodam sosok Macan biasanya memiliki energi yang keras/panas dan tidak cocok dimiliki oleh orang-orang yang memiliki sifat emosiaonal/temprament karena akan membuatnya semakin brangasan.

Khodam Macan biasanya sering keluar untuk menjadi khodam pendamping atau penjaga rumah dan terkadang akan menampakkan wujudnya pada orang-orang yang berniat jahat pada pemilik Keris. Khodam Macan selalu siap kapan saja untuk bertarung jika diperlukan.

3. Khodam sosok Manusia

Khodam Keris yang berwujud Manusia juga memiliki sifat seperti Manusia yang bisa diajak bertukar pikiran dan kebanyakan sosoknya berwujud laki-laki tinggi besar, laki-laki ksatria, laki-laki tua berjubah, ibu-ibu Jawa yang memakai kebaya, dan sosok seperti seorang Resi atau Pertapa.

- Sosok laki-laki tinggi besar dan ksatria

Sosok khodam Keris yang berwujud laki-laki tinggi besar dan ksatria biasanya juga memiliki watak dan perilaku seperti perwujudan/perawakannya, yaitu menonjolkan kekuatan, kesaktian dan kewibawaan. Sosok tersebut selalu siap setiap saat untuk bertarung.

Biasanya aura dari Keris-Keris berkhodam sosok laki-laki tinggi besar dan ksatria selalu menonjolkan kekuatan dan kewibawaan, tetapi tidak panas. Sosok ghaib Keris jenis ini biasanya tetap berdiam didalam Kerisnya, atau tidak tampil menjadi khodam pendamping.

Sosok khodam Keris yang berwujud seperti laki-laki berbadan tinggi besar biasanya bersifat idealis yang akan menonjolkan kekuatan, kekerasan dan kewibawaannya untuk memaksakan idealismenya. Sebagian Keris dengan khodam jenis ini memiliki tuah untuk kewibawaan, keberanian dan kesaktian.

- Sosok laki-laki dan perempuan tua

Sosok khodam Keris yang berwujud seperti bapak-bapak atau seperti ibu-ibu biasanya memiliki sifat seperti orang tua yang bijaksana dan ngemong (mengayomi) serta bisa menyesuaikan dirinya dengan kehidupan Manusia yang di ikutinya.

Keris-Keris yang khodamnya sosok laki-laki tua atau ibu-ibu bisa memberikan keteduhan hati dan pengayoman, dan akan aktif memberikan ide atau ilham untuk kehidupan pemiliknya agar lebih baik dan akan selalu memberikan peringatan berupa rasa dan firasat jika pemilik Keris akan mengalami suatu masalah/musibah. Banyak ghaib Keris jenis ini yang menjadi khodam pendamping dari pemilik Keris.

Keris-Keris yang khodamnya sosok bapak-bapak atau ibu-ibu biasanya memiliki tuah untuk ketentraman rumah tangga dan kemakmuran.


- Sosok Resi atau Pertapa

Sosok khodam Keris yang berwujud laki-laki tua berjubah seperti Resi atau Pertapa juga memiliki sifat seperti seseorang yang sudah sepuh. Apapun jenis tuah yang mereka berikan biasanya mengandung hawa kewibawaan dari seorang bapak-bapak yang bersifat mengayomi.

Sosok tersebut juga melambangkan bahwa mereka memiliki kearifan dalam hal kebatinan dan spiritual serta bisa mengajarkan/menuntun/mengilhami pemilik Keris dalam bidang ilmu kesaktian atau kebatinan (spiritual).

Sosok laki-laki tua berjubah juga menunjukkan karakter sebagai sosok yang akan siap sedia setiap saat untuk menggunakan kekuatan dan kesaktiannya untuk bertarung jika diperlukan.

- Sosok ibu-ibu Jawa

Sosok khodam Keris berwujud ibu-ibu Jawa yang memakai kebaya juga memiliki watak dan perilaku seperti seorang ibu-ibu yang terkadang galak tetapi berwibawa dan sebagian besar bersifat mengayomi.

Apapun jenis tuah yang mereka berikan biasanya mengandung aura kewibawaan dari seorang ibu-ibu. Karakter tersebut juga dapat mempengaruhi orang-orang di sekitarnya untuk tidak bersikap merendahkan dan juga akan menjauhkan orang-orang yang berniat jahat kepada pemilik Keris.

Akan tetapi aura yang dipancarkan dari Keris-Keris berkhodam sosok ibu-ibu Jawa juga akan memberikan suasana yang menarik orang untuk datang berkumpul dan membantu hubungan sosial/pergaulan serta kerejekian pemiliknya.

Tapi terkadang sosok ghaib Keris juga bisa berubah wujud, misalnya saja Keris yang semula khodamnya berwujud laki-laki tinggi besar atau kesatria bisa berubah menjadi sosok laki-laki tua berjubah.

Perubahan sosok laki-laki tinggi besar menjadi sosok laki-laki tua berjubah tersebut bisa terjadi karena khodam Keris tersebut mengikuti tingkatan spiritual pemilik Keris yang telah memperdalam ilmu kebatinan/spiritual yang bersifat kasepuhan, sehingga khodam Keris mengikuti karakter dari pemilik Keris.

Khodam sejatinya adalah energi alam semesta yang timbul dari doa atau mantra-mantra khusus yang di ucapkan dengan tata cara tertentu sebagai kata kuncinya. Besar atau kecilnya energi tersebut tergantung dari kemampuan atau tingkat keilmuan orang yang menghadirkannya.

Energi tersebut kemudian akan mewujud menjadi sosok yang sesuai dengan tuahnya, yaitu sesuai tujuan awal pembacaan doa dan mantra-mantra pada waktu proses pembuatan Keris.

Misalnya saja Keris yang dibuat dengan tujuan untuk menambah kewibawaan, maka sang Empu akan membacakan doa atau mantra-mantra untuk menambah kewibawaan selama proses pembuatan Keris secara berulang-ulang yang akan dimantramkan ke dalam setiap lipatan bilah Keris.

Semakin banyak lipatanya berarti semakin banyak pula mantra yang di ucapkan dan semakin besar energi yang dimasukkan kedalam bilah Keris. Energi yang masuk ke dalam Keris tersebut akan memiliki karakter dan perwujudan sebagai sosok yang berwibawa, salah satunya adalah sosok laki-laki tinggi besar atau laki-laki tua yang memakai jubah.

Jadi, khodam Keris sebetulnya bukan dari bangsa Jin, tapi merupakan manifestasi doa atau mantra yang diucapkan oleh sang Empu. Semakin besar energinya, maka getaran Keris atau keberadaan khodam Keris akan lebih mudah dirasakan.

Memang sulit untuk menterjemahkan makna khodam yang sesungguhnya, tapi bagi orang-orang yang sering melakukan laku tirakat dan mempelajari ilmu kebatinan pasti bisa memahami bahwa khodam adalah energi yang terbentuk dari doa atau mantra-mantra tertentu yang dilafalkan dengan tata cara tertentu.


Demikian sedikit informasi tentang jenis-jenis khodam pada Keris pusaka yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Jenis-jenis khodam Keris pusaka"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: