Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tuah Keris Tilam Upih yang melambangkan ketenteraman rumah tangga

gambar keris tilam upih tangguh tuban
Keris Dhapur Tilam Upih

Hartalangit.com - Keris Tilam Upih adalah salah satu dhapur Keris lurus dengan ukuran panjang bilah normal. Keris ini terlihat sangat sederhana dengan gandhik polos dan hanya terdapat pejetan serta tikel alis saja, sedangkan ricikan lainnya tidak ada.

Keris dhapur Tilam Upih termasuk Keris yang populer dan paling banyak dijumpai karena jumlahnya paling banyak karena pada jaman dahulu hampir setiap keluarga akan menyimpan Keris dhapur Tilam Upih sebagai pusaka keluarga, sehingga Keris ini lebih banyak dibuat dibanding Keris-Keris dhapur lain.

Baca juga: Makna Keris bagi orang Jawa

Filosofi Keris Tilam Upih:

Dalam terminologi Jawa, Tilam Upih memiliki makna tikar yang terbuat dari anyaman daun untuk alas tidur yang nyaman pada jaman dulu, sehingga kemudian di ibaratkan untuk menggambarkan ketenteraman keluarga atau rumah tangga.

Oleh karena itu, banyak sekali pusaka keluarga berdhapur Tilam Upih yang diwariskan secara turun-temurun. Hal ini menunjukkan adanya harapan dari para orang tua agar anak cucunya nanti dapat memperoleh ketenteraman dan kesejahteraan dalam hidup berumah tangga.

Para orang tua jaman dulu akan memberikan pusaka keluarga berupa Keris dhapur Tilam Upih secara turun temurun kepada anak-anaknya yang telah menikah. Artinya, mereka memiliki harapan dan sebagai perwujudan do'a kepada TUHAN agar kehidupan rumah tangga anak-anaknya selalu tenteram dan berkecukupan.

Keris dhapur Tilam Upih juga disebut sebagai Ibu dari semua Keris, bahkan konon Kanjeng Sunan Kalijaga juga pernah menyarankan kepada para pengikut Beliau bahwa Keris pertama yang di anjurkan untuk dimiliki adalah Keris dhapur Tilam Upih.

Tuah Keris Tilam Upih:

Keris dhapur Tilam Upih dipercaya memiliki tuah untuk ketentraman dan kebahagiaan rumah tangga serta untuk kemakmuran.

Baca juga:

Keris sejatinya adalah media do'a dan harapan dari pemiliknya

Cara Keris berkomunikasi dengan pemiliknya

Demikian sedikit informasi tentang tuah Keris Tilam Upih yang melambangkan ketenteraman rumah tangga. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Tonton juga videonya:

Filosofi & Tuah Keris Tilam Upih - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tuah Keris Tilam Upih yang melambangkan ketenteraman rumah tangga"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: