Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi Pamor Beras Wutah/Wos Wutah

keris kebo lajer pamor beras wutah/wos wutah
Keris Kebo Lajer Pamor Beras Wutah

Hartalangit.com - Pamor Keris adalah motif atau gambar yang terdapat pada bilah Keris yang dihasilkan dari campuran beberapa jenis logam seperti besi, baja dan nikel. Ada juga yang menggunakan batu meteor sebagai bahan Pamornya.

Beberapa jenis logam yang berbeda tersebut kemudian ditempa menjadi sebilah Keris sehingga terbentuklah lapisan-lapisan logam yang berbeda warna ketika diwarangi, karena nikel dan batu meteor tidak terpengaruh oleh reaksi kimia yang terjadi dari proses pewarangan yang membuat besi dan baja menjadi berwarna hitam.

Baca juga: Perbedaan Keris pamor meteor dan pamor nikel

Selain memperindah wujud dari sebilah Keris, Pamor juga diyakini sebagai gambaran/perlambang dari tuah Keris itu sendiri.

Ada dua jenis Pamor pada Tosan Aji, yaitu Pamor tiban dan Pamor rekan. Pamor tiban merupakan Pamor yang terbentuk secara alami tanpa rekayasa dari Sang Empu dan bentuknya biasanya lebih sederhana. Sedangkan Pamor rekan adalah Pamor yang bentuknya telah dirancang atau direkayasa terlebih dulu oleh Sang Empu sehingga bentuk Pamor rekan biasanya lebih indah dan artistik.

Nama Pamor sendiri biasanya disesuaikan dengan bentuknya yang menyerupai sesuatu, baik itu benda, tumbuhan, binatang, atau mahluk tertentu yang kemudian bentuk-bentuk pamor tersebut juga dihubungkan dengan khasiat atau tuah dari Keris tersebut.

Nama Pamor Keris jumlahnya sangat banyak, salah satunya adalah Pamor Beras Wutah/Wos Wutah yang merupakan salah satu jenis Pamor tiban yang paling banyak dijumpai.

Beras Wutah/Wos Wutah artinya beras tumpah yang mewakili ungkapan "Gemah ripah loh jinawi" (tenteram, makmur, dengan kekayan alam yang berlimpah).

Pada jaman dahulu, kemakmuran ditandai dengan hasil panen yang berlimpah, hal itulah yang kemudian mengilhami para Empu untuk memberi nama Wos Wutah pada Pamor Keris buatannya.

Pamor Beras Wutah merupakan salah satu jenis Pamor yang paling banyak dibuat sehingga menjadi salah satu jenis Pamor yang paling banyak dijumpai terdapat pada sebilah Keris.

Secara fisik bentuk Pamor Beras Wutah menyerupai motif butiran-butiran beras tumpah dan merupakan pamor tiban yang terbentuk dari proses penempaan yang dilakukan oleh sang Empu.

Dari sisi spiritual, dalam proses pembuatan sebilah Keris sang Empu akan melakukan ritual khusus atau tirakat yang intinya adalah sebuah bentuk permohonan/do'a kepada Yang Maha Kuasa dan menyerahkan hasil dari tempaannya dalam bentuk Pamor kepada kehendak Tuhan secara ikhlas.

Secara filosofis, Beras Wutah/Wos Wutah menggambarkan harapan dan keinginan dari Empu pembuat Keris, sehingga Beras Wutah sering dihubungkan dengan keinginan untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah, atau kehidupan yang lebih makmur. Dan pada jaman sekarang Beras Wutah/Wos Wutah berarti melambangkan rejeki dan penghasilan yang melimpah. Tuah dari Keris berpamor Beras Wutah adalah untuk kerejekian atau kemakmuran.

Baca juga:

Keris sejatinya adalah media do'a dan harapan dari pemiliknya

Nama-nama pamor Keris lengkap dengan gambar dan penjelasan tentang tuahnya

Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah pamor Beras Wutah/Wos Wutah yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi Pamor Beras Wutah/Wos Wutah"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: