Advertisement

Keris tindih dan manfaatnya

keris tindih
Keris Jalak Budho

Hartalangit.com - Keris tindih adalah Keris-Keris tangguh tua yang sengaja disimpan sebagai tindih untuk Keris-Keris lainnya. Fungsinya untuk meredam energi panas/keras/brangasan dari Keris-Keris lain yang dimiliki agar tidak mengganggu atau membahayakan pemilik Keris dan keluarganya. Keris yang sering digunakan sebagai Keris tindih adalah Keris-Keris tangguh tua seperti Keris Jalak Budho dan Bethok Budho.

Dari kepercayaan masyarakat tentang pentingnya Keris tindih inilah kemudian banyak sekali Keris-Keris Bethok Budho palsu yang dibuat sangat mirip dengan Keris Bethok Budho asli karena telah diproses dengan bahan-bahan kimia tertentu sehingga menjadi tampak tua (kropos).

Banyaknya Keris Bethok Budho palsu tersebut bukannya tanpa alasan. Tujuannya tidak lain karena nilai ekonomisnya yang menggiurkan karena Keris Bethok Budho palsu tersebut bisa dijual dengan harga yang tinggi setelah diproses dan dikatakan sebagai Keris Bethok Budho asli.

Baca juga: Keistimewaan Keris Bethok Budho sebagai Keris tindih

Sebetulnya Keris tindih tidak harus menggunakan Keris-Keris bertangguh kuno, tapi bisa juga menggunakan Keris-Keris setelah jaman Singosari.

Perlu dipahami bahwa Keris tindih berfungsi untuk melindungi pemilik Keris dan keluarganya dari gangguan/bahaya yang berasal tidak hanya dari Keris-Keris miliknya saja, tapi juga dari gangguan/bahaya dari luar yang dapat mengancam keselamatan pemilik Keris dan keluarganya.

Tapi jika sulit untuk mendapatkan Keris Bethok Budho yang asli karena memang sangat langka dan kalaupun ada maharnya pasti sangat tinggi, bisa juga menggunakan Keris atau Tosan Aji lainnya untuk dijadikan sebagai tindih, misalnya:

• Keris/Tombak dengan pamor wengkon atau pamor tejo kinurung.

Pamor wengkon melambangkan penjagaan/perlindungan. Tuahnya untuk melindungi pemilik Keris dan keluarganya dari mara bahaya. Pamor ini tidak pemilih, artinya siapa saja bisa cocok untuk memilikinya.

• Keris/Tombak dengan pamor keleng.

Keris/Tombak dengan pamor keleng memiliki perlambang untuk menambah kebijaksanaan dari pemiliknya. Amarah sebesar apapun jika bertemu dengan kebijaksanaan maka akan tunduk atau pekewuh. Tapi pamor ini bersifat pemilih.

• Keris-Keris dengan pamor lain yang memiliki tuah perlindungan.

• Keris/Tombak dengan dhapur yang fungsinya khusus untuk perlindungan, misalnya saja Tombak Banyak Angrem, Tombak Nenggolo, Keris Bethok Sombro, Keris Suro, Keris Puthut Sajen dan lainnya.

• Keris/Tombak/Kudhi yang telah berusia tua/setelah Kerajaan Singosari, seperti pusaka-pusaka tangguh Majapahit.

Tapi perlu dipahami bahwa Keris/Tombak yang akan digunakan sebagai tindih harus cocok dengan pemiliknya agar dapat bermanfaat.

Sebetulnya Pusaka Tindih sendiri memiliki makna agar kita menghormati orang yang lebih tua dan merupakan pesan agar kita bisa menindih/meredam sifat-sifat negatif yang ada dalam diri kita.

Baca juga:

Cara merawat khodam Keris pusaka agar tetap aktif

Minyak khusus perawatan pusaka dan khodam pusaka

Demikian sedikit informasi tentang Keris tindih dan manfaatnya yang dapat kami sampaikan kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Keris tindih dan manfaatnya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: