Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara mengamalkan Ayat 1000 Dinar untuk menarik rezeki dan kekayaan

gambar kaligrafi ayat 1000 dinar 3d
Ayat 1000 Dinar
Hartalangit.com – Ayat 1000 dinar adalah salah satu ayat Al-Qur'an yang sering di amakan karena memiliki banyak keutamaan. Jika ayat ini di amalkan dengan istiqomah bisa mendatangkan rejeki dari segala arah dengan cara yang tidak disangka-sangka.

Jika kita memahami rahasia dari ayat 1000 dinar, maka kita akan mengalami banyak keajaiban dalam hal rejeki dan kekayaan.

Ayat 1000 dinar adalah surat Ath-Thalaaq ayat 2-3. Ayat ini disebut 1000 dinar karena pada kedua ayat tersebut terkandung berkah kerejekian yang sangat dahsyat, jadi siapapun yang secara khusus mengamalkannya akan di anugerahi kekayaan materi yang berlimpah dan kemudahan dalam segala usaha.


Secara ringkas ada tiga hal yang dijanjikan ALLAH SWT dalam surat Ath-Thalaaq ayat 2-3, yaitu:

1. Rezeki

Ayat 1000 dinar merupakan amalan yang ampuh untuk mendatangkan rezeki yang melimpah dan kekayaan tak terbatas. Rezeki yang dimaksud bukan hanya sebatas materi saja meskipun pada umumnya kebanyakan orang cenderung mengidentikkan rezeki dengan harta benda.

Padahal sebetulnya segala sesuatu yang diberikan ALLAH SWT kepada kita adalah rezeki, termasuk ilmu, umur, kesehatan dan kekayaan. Dengan demikian boleh dibilang bahwa harta hanyalah salah satu atau sebagian kecil dari keseluruhan rezeki yang akan kita dapatkan jika mengamalkan ayat 1000 dinar dengan istiqomah.

2. Keselamatan

Selain akan dikaruniai kelimpahan rejeki, orang yang mengamalkan ayat 1000 dinar dengan istiqomah juga akan diberkahi dengan keselamatan atau paling tidak di ringankan bebannya ketika menghadapi suatu masalah / musibah.

Musibah adalah suatu kejadian yang tidak di inginkan oleh semua orang. Berkah keselamatan dari amalan ayat 1000 dinar tidak hanya melingkupi keselamatan didunia saja, tapi juga keselamatan di akhirat.

3. Kemudahan

Makna kemudahan yang disebut dalam ayat ketiga QS. Ath-Thalaaq merujuk pada terselesaikannya segala urusan dengan lancar serta terpenuhinya semua kebutuhan seorang hamba yang senantiasa tawakal selama hidup didunia.

Dengan tawakal atau berserah diri kepada ALLAH SWT maka kita akan terhindar dari keputusasaan, depresi, stress dan tekanan batin lainnya. Maka pandanglah tawakal sebagai upaya berserah diri kepada ALLAH dengan keyakinan bahwa apa yang akan kita peroleh dari usaha kita tersebut merupakan yang terbaik menurut ALLAH dan untuk kita juga tentunya.

Makna dari ayat 1000 dinar pada dasarnya adalah semacam penegasan akan keimanan dan ketaqwaan kita kepada ALLAH SWT. Maka dari itu, modal utama yang wajib kita miliki untuk mendapatkan manfaat dari amalan ayat 1000 dinar adalah taqwa dan tawakal, karena kedua hal itu merupakan kunci untuk menggapai kesuksesan dalam hidup.

Dengan ketaqwaan, maka seluruh potensi Manusia akan tergali secara maksimal, baik potensi hati, akal, intuisi, fisik dan potensi-potensi lainnya untuk mengelola serta mengembangkan sumber daya alam demi kesejahteraan dan hajat hidup orang banyak.

Sedangkan tawakal yang merupakan kunci kedua maksudnya adalah tawakal dalam arti kata aktif, bukan tawakal dalam arti kepasrahan yang pasif.

Berserah diri kepada ALLAH bukan berarti hanya menunggu suratan takdir tanpa usaha dan kerja keras. Tapi justru sebaliknya, tawakal berarti berjuang dan mendayagunakan segala kemampuan kita untuk meraih suatu tujuan, tentunya dengan keyakinan penuh bahwa apapun hasil yang kita dapat adalah pemberian dari ALLAH, dan pemberian ALLAH pastilah yang terbaik untuk kita.


Di jaman yang sudah serba digital dan sebagian besar masyarakatnya menganut gaya hidup konsumtif seperti sekarang ini mengakibatkan banyak orang terseret arus persaingan dan globalisasi sehingga akhirnya banyak yang terpuruk dalam persoalan finansial.

Sulitnya hidup di era yang konsumtif ini seringkali memaksa orang untuk mencari pinjaman dan akhirnya terlilit hutang yang semakin lama semakin menumpuk karena sekarang ini sangat mudah mendapatkan pinjaman online tanpa syarat yang merepotkan.

Orang-orang yang merasa tidak lagi memiliki jalan keluar akhirnya memilih jalan pintas, seperti mencuri, merampok, melakukan penipuan atau nekat melakukan ritual-ritual pesugihan yang sebetulnya akan semakin menjerumuskannya ke jurang kenistaan.

Padahal jika kita mau mendekatkan diri kepada ALLAH SWT pasti jalan keluar akan muncul dari sumber yang mungkin tidak pernah kita duga sebelumnya.

Jadi yang perlu kita lakukan sebetulnya hanya tawakal, berserah diri pada ALLAH SWT dengan tetap berusaha tanpa henti tentunya dengan jalan yang halal dan benar demi kebaikan kita sendiri. Maka serumit apapun persoalan keuangan yang kita hadapi pasti akan terselesaikan dengan cara-NYA.

Untuk mempercepat datangnya rezeki sangat di anjurkan untuk mengamalkan ayat 1000 dinar sebagai wasilah dalam mendekatkan diri kepada Sang Pencipta untuk memohon pertolongan-NYA.

Dengan begitu maka InsyaAllah serumit dan seterpuruk apapun kondisi kita saat ini pasti akan dapat bangkit kembali dan mendapat limpahan berkah yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan.

Keampuhan amalan ayat 1000 dinar sudah dirasakan oleh banyak orang yang telah mengamalkannya secara istiqomah dan mengamalkan kandungan maknanya sebagai pegangan hidup untuk selalu bertakwa dan bertawakal serta mengimani takdir ALLAH dengan pengertian yang mendalam, jadi bukan sekedar membaca tanpa memahami dan mengamalkan kandungan makna dari ayat tersebut.

Yakinlah bahwa ALLAH akan memberikan pertolongan dalam setiap masalah yang kita hadapi, memberi ketenangan dan kepuasan batin serta memberikan rejeki yang berlimpah dari jalan yang tidak pernah disangka-sangka sebelumnya.


Berikut ini tata cara mengamalkan ayat 1000 dinar untuk mempercepat datangnya rezeki dan kekayaan:

1. Baca ayat 1000 dinar pada malam hari (di atas jam 12) pada malam jumat (usahakan dilakukan pada saat malam bulan purnama).

2. Sebelum mulai membaca ayat 1000 dinar terlebih dulu lakukan mandi taubat.

3. Setelah mandi taubat kemudian lakukan sholat taubat 2 rokaat.

4. Setelah selesai melakukan sholat taubat kemudian lanjutkan dengan sholat tahajud 2 rokaat.

5. Setelah selesai kemudian dilanjutkan dengan melakukan sholat hajat 2 rokaat.

6. Setelah selesai kemudian tawasul surat Al-Fatihah dan surat Al-Ikhlas masing-masing sebanyak 17x ditujukan kepada:
- Kanjeng Nabi Muhammad SAW
- Syaikh Abdul Qodir Al-Jaelani
- Syaikh Maulana Muhammad Ali Hanafiah
- Kedua orang tua

7. Setelah tawasul kemudian dilanjutkan dengan membaca ayat 1000 dinar sebanyak 1000x.

8. Setelah selesai kemudian baca Syahadat 3x, Sholawat 3x, Al-fatihah 1x, Istighfar 3x.

9. Setelah itu ditutup dengan doa berikut ini:

“Bismillahi tawakaltu 'alallah, wa'tashomtu billahi wafawadlu amri ilallah. Hasbunallah wani'mal wakil ni'mal maula wani'mannasir. Lahaula walaquwwata illa billahil 'aliyil 'adzim" 3x.


Bacaan latin ayat 1000 dinar:

"Wa man yattaqillaaha yaj'al lahuu makhrojan, wa yarzuqhu min haitsu laa yahtasibu, wa man yatawakkal'alallaahi fahuwa hasbuhuu, innallaaha baalighu amrihii, qad ja'alallaahu likulli syai in qadran". (QS.ATH-THALAQ: 2-3)

Artinya:

"Barangsiapa bertakwa kepada ALLAH niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada ALLAH niscaya ALLAH akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya ALLAH melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya ALLAH telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu"

Waktu paling mustajab untuk mengamalkan ayat 1000 dinar:

1. Setelah sholat subuh

Waktu subuh adalah saat yang baik untuk berdoa karena pada waktu baru bangun tidur otak kita masih segar. Jika waktu tersebut digunakan untuk berdoa atau afirmasi positif yang terkandung dalam arti ayat seribu dinar maka akan terserap dengan baik dalam pikiran kita.

Oleh karena itulah setelah selesai sholat subuh di anjurkan untuk membaca ayat 1000 dinar dan pahami maknanya.

2. Ketika hendak berangkat kerja

Ketika akan berangkat bekerja juga di anjurkan untuk membaca ayat 1000 dinar sebanyak 1 kali untuk memberikan inspirasi positif dan agar diberikan kelancaran, kemudahan serta keberkahan dalam bekerja.

3. Setelah sholat Hajat atau sholat tahajud

Pada sepertiga malam terakhir merupakan waktu mustajab terkabulnya doa-doa. Oleh karena itulah jika memiliki hajat kebutuhan sangat di anjurkan untuk melaksanakan ibadah sunnah pada sepertiga malam yang terakhir seperti sholat tahajut atau sholat hajat dan dilanjutkan dengan membaca ayat 1000 dinar.

4. Pada waktu sahur

Pada waktu sahur (menjelang subuh), ALLAH turun ke langit dunia untuk mengabulkan doa. Saat bulan Ramadan kita bisa mengamalkan ayat 1000 dinar karena merupakan bulan yang penuh berkah dan terkabulnya segala doa.

Pada bulan Ramadhan juga ada salah satu malam yang sangat istimewa, yaitu malam Lailatul Qodar atau malam seribu bulan.

Dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa malam Lailatul Qodar lebih baik dari seribu bulan. Doa-doa yang dipanjatkan pada malam itu akan dikabulkan dan semua dosa yang lalu dan yang akan datang akan di ampuni oleh ALLAH SWT.

5. Ketika mengalami masalah finansial

Saat kita merasa tertekan dengan kebutuhan yang mendesak atau sedang terlilit hutang maka di anjurkan untuk membaca ayat 1000 dinar sebanyak 33 kali setiap hari.


Fadhilah dan Keutamaan ayat 1000 dinar menurut tafsir Ibnu Katsir:

Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan: Barang siapa yang bertakwa kepada ALLAH dalam semua apa yang diperintahkan kepadanya dan meninggalkan semua apa yang dilarang baginya, maka ALLAH akan menjadikan baginya jalan keluar dari urusannya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Yakni dari arah yang tidak terbersit dalam hatinya.

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Yazid, telah menceritakan kepadaku Kahmas Ibnul Hasan, telah menceritakan kepada kami Abus Salil, dari Abu Zar yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW membaca ayat ini (seribu dinar).

“Hai Abu Zar, seandainya semua Manusia mengamalkan ayat ini, niscaya mereka akan diberi kecukupan.

Abu Zar melanjutkan, bahwa lalu Rasulullah SAW membaca ayat ini berulang-ulang kepadanya hingga ia merasa mengantuk.

Kemudian beliau Rasulullah SAW bersabda: Hai Abu Zar, apakah yang akan engkau lakukan bila engkau keluar dari Madinah? Aku menjawab, “Aku akan berangkat menuju kepada keluasan dan ketenangan, dan aku akan menjadi salah seorang dari pelindung kota Mekah”.

Rasulullah SAW bertanya: Apakah yang akan engkau lakukan bila kamu keluar dari kota Mekah? Aku menjawab, “Aku akan berangkat menuju kepada keluasan dan ketenangan, yaitu ke Negeri Syam dan Baitul Maqdis”.

Rasulullah SAW bertanya lagi: Apakah yang akan engkau lakukan bila kamu keluar dari Negeri Syam? Aku menjawab, “Kalau begitu, demi TUHAN yang telah mengutus engkau dengan hak, aku akan meletakkan pedangku dari pundakku (yakni berhenti berjihad)”.

Rasulullah SAW bertanya: “Apakah ada yang lebih baik dari itu?” Aku balik bertanya, “Apakah ada yang lebih baik dari itu?” Rasulullah SAW menjawab: Kamu tunduk patuh (kepada pemimpinmu), sekalipun dia adalah seorang budak Habsyi (hamba sahaya dari Negeri Habsyah)”.


Dari penjelasan Ibnu Katsir dalam tafsirnya, maka dapat kita simpulkan bahwa ayat 1000 dinar mengandung beberapa penjelasan dan keutamaan, yaitu:

1. Keutamaan bagi orang yang bertakwa kepada ALLAH SWT

Maksudnya bertakwa adalah menjalankan perintah-NYA dan menjauhi larangan-NYA. Menjalankan perintah ALLAH juga harus dilandasi dengan hati ikhlas serta dilakukan sesuai syariat Islam dan aliran madzhab yang di anutnya.

Melakukan ibadah sunnah seperti sholat fardhu juga termasuk dalam hal bertakwa karena melakukan hal yang disenangi oleh ALLAH SWT.

Sedangkan menjauhi larangan-NYA adalah menjaga diri dari segala hal yang dilarang ALLAH termasuk menjaga diri dari sesuatu hal yang mendekati dosa serta menjauhi barang yang haram.

2. ALLAH memberikan jalan keluar bagi setiap permasalahan bagi yang bertakwa

Maksudnya adalah, bagi orang yang benar-benar bertakwa maka ALLAH akan memberikan jalan keluar bagi permasalahan yang dihadapi.

Hadits Nabi yang menguatkan ayat ini yaitu dengan banyak beristighfar. Istighfar dapat mengurangi dosa dan hal-hal yang menghapus amal ibadah juga sebagai cara seseorang untuk bertaubat. Jika telah bertaubat maka jalan selanjutnya adalah takwa. Dan jika telah mencapai takwa, maka kita akan mendapatkan apa yang dimaksud dalam ayat ini.

3. ALLAH memberikan rezeki yang tidak disangka-sangka

Maksud rezeki yang tidak disangka-sangka adalah rezeki yang datang melalui jalan yang tidak terpikirkan sama sekali oleh orang yang bertakwa itu. Dengan bertakwa maka permasalahan mengenai rezeki akan dituntaskan oleh ALLAH dengan cara-NYA sehingga tidak akan merasa kekurangan rezeki.

4. Dosa menghalangi rezeki

Sebagaimana yang dijelaskan Nabi dari hadits di atas bahwa perbuatan dosa bukanlah perbuatan yang dilakukan oleh orang yang bertakwa. Maka dari itu sesuai hadist di atas bahwa dosa dapat menghalangi kita dari rezeki.

5. ALLAH yang menetapkan segala sesuatu

Sesuai dengan hadits di atas bahwa seseorang tidak akan sanggup mencelakakan kita kecuali telah ditetapkan oleh ALLAH.

Ini sebagai bukti bahhwa ALLAH-lah yang menetapkan segalanya, termasuk rezeki dan pertolongan untuk segala masalah yang kita hadapi.

Pesan Rosulullah dalam hadist tersebut adalah agar kita selalu menjaga ketakwaan kepada ALLAH dengan kata “jagalah ALLAH” niscaya Dia akan menjagamu. Jagalah ALLAH, niscaya engkau akan mendapatkan-NYA di hadapanmu.


Demikian sedikit informasi tentang khasiat dan manfaat ayat 1000 dinar serta cara mengamalkannya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar doa dan amalan dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara mengamalkan Ayat 1000 Dinar untuk menarik rezeki dan kekayaan"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: