Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri dan Mitos Perkutut Patok Bangkrong

gambar perkutut katuranggan patok bangkrong
Perkutut Patok Bangkrong
Hartalangit.com – Katuranggan pada burung Perkutut merupakan ciri fisik tertentu yang tidak biasa atau berbeda dengan burung Perkutut pada umumnya. Ciri-ciri tersebut bisa berupa kelainan pada bulu, pada mata, pada kaki atau yang lainnya.

Bahkan terkadang cacat fisik pada burung Perkutut juga merupakan katuranggan yang memiliki tuah tertentu serta makna filosofi yang mendalam. Karena dibalik kekurangan biasanya selalu ada kelebihan.

Salah satunya adalah Perkutut katuranggan Patok Bangkrong yang hanya memiliki satu kaki. Tapi yang termasuk katuranggan Patok Bangkrong adalah Perkutut yang memiliki satu kaki sejak menetas atau cacat bawaan, bukan cacat karena kecelakaan.


Tapi meskipun hanya memiliki satu kaki, Perkutut Patok Bangkrong bisa nangkring dengan baik karena merupakan cacat bawaan jadi sudah terbiasa dengan kondisi tersebut.

Perkutut Pathok Bangkrong termasuk sangat langka dan dinilai baik untuk dipelihara tapi sifatnya pemilih. Artinya tidak semua orang cocok memelihara Perkutut ini.

Perkutut Patok Bangkrong dipercaya memiliki tuah untuk pagar ghaib, untuk tolak bala, untuk keteguhan hati dan daya magisnya konon dapat mempengaruhi atau menundukkan orang lain.

Perkutut Pathok Bangkrong termasuk salah satu jenis Perkutut katuranggan yang dipercaya memiliki daya magis atau yoni yang kuat.


Karena kepercayaan akan tuahnya itulah sehingga pada jaman dulu Perkutut Patok Bangkrong sering digunakan sebagai sarana penunjang untuk mencapai tujuan dari sisi supranatural. Khususnya yang berkaitan dengan kedudukan atau jabatan.

Misalnya saja untuk pencalonan kepala desa, tujuannya agar orang-orang setia tuhu mendukung dan memilih orang yang memiliki Perkutut ini karena daya magis Perkutut Patok Bangkrong dipercaya dapat mempengaruhi orang lain agar setia dan patuh pada pemilik Perkutut ini.

Patok Bangkrong bisa di artikan tidak goyah, sudah ditetapkan atau tidak bisa ditawar-tawar lagi. Istilah Pathok Bangkrong sering digunakan untuk menggambarkan kesetiaan atau prinsip yang tidak bisa diganggu gugat.

Seperti halnya Perkutut katuranggan yang lain, Perkutut Patok Bangkrong juga memiliki makna atau filosofi mendalam yang bisa dijadikan sebagai tuntunan hidup.

Pesan yang hendak disampaikan dari katuranggan Pathok Bangkrong yaitu untuk mengingatkan pemiliknya, bahwa sebagai Manusia harus memiliki prinsip agar tidak mudah dipengaruhi apapun keadaannya, baik dalam hal keyakinan maupun dalam kehidupan.


Demikian sedikit informasi tentang ciri, filosofi, tuah dan mitos Perkutut katuranggan Patok Bangkrong yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri dan Mitos Perkutut Patok Bangkrong"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: