Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

9 Jenis Hantu yang Paling Terkenal di Indonesia

gambar arwah penasaran
Ilustrasi (Foto: Pixabay.com)

Hartalangit.com - Ada banyak sekali cerita tentang hantu yang selalu digambarkan dengan wujud aneh atau meyeramkan sehingga membuat sebagian orang takut dengan sosoknya.

Tapi meskipun sering diperbincangkan dan banyak di angkat dalam cerita film atau sinetron namun pada kenyataannya tidak banyak orang yang pernah melihat sosok hantu.

Ada sebagian orang yang tidak mempercayai tentang keberadaan hantu atau mahluk ghaib, tapi ada juga yang mempercayainya karena sesungguhnya mahluk ghaib itu memang ada dan hidup berdampingan dengan Manusia tetapi pada dimensi yang berbeda.

Ada banyak sekali jenis hantu (mahluk halus) yang dikenal oleh masyarakat dan menjadi cerita turun-temurun sejak jaman dulu.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis mahluk halus / mahluk ghaib yang dipercaya ada disekitar kita dengan berbagai macam wujud dan nama yang berbeda-beda.

Mahluk ghaib juga memiliki sifat dan kehidupan seperti Manusia, ada yang baik dan ada yang jahat, ada yang pintar dan ada yang bodoh, ada yang hidup bermasyarakat dan ada juga yang hidup liar.

Mereka juga punya tatanan kehidupan dengan pangkat atau kedudukan yang berbeda-beda, ada yang menjadi raja, ratu, senopati, panglima, prajurit, pegawai, pekerja, dan lain sebagainya seperti halnya kehidupan di alam Manusia.


Berikut ini 9 jenis mahluk ghaib / mahluk halus yang paling terkenal di Indonesia:

1. Kuntilanak

gambar kuntilanak
Ilustrasi Kuntilanak

Salah satu jenis hantu yang paling terkenal di Indonesia dan banyak di angkat menjadi cerita film atau sinetron adalah Kuntilanak. Hantu ini digambarkan sebagai sosok perempuan berambut panjang dan mengenakan pakaian serba putih.

Cerita tentang Kuntilanak sering dikaitkan dengan daerah Pontianak yang merupakan ibu kota Kalimantan Barat. Konon pada jaman dulu daerah ini banyak dihuni oleh hantu Kuntilanak sehingga kemudian dinamakan Pontianak.

Warga lokal sering menyebut hantu Kuntilanak dengan nama hantu Puntianak yang merupakan singkatan dari perempuan mati beranak.

Konon hantu perempuan ini suka mengganggu dan meneror warga kampung, terutama bayi dan wanita yang sedang hamil.

Cerita tentang Kuntilanak juga ada di Jawa. Konon sosok hantu perempuan ini suka menampakkan diri dan mengganggu orang-orang yang lewat ditempat sepi.

Kuntilanak sering mengganggu laki-laki dengan menakut-nakuti dan mengejarnya. Kemunculannya seringkali ditandai dengan suara seorang wanita yang memanggil-manggil dari kejauhan "enteni kang" (tunggu mas) atau suara wanita tertawa.


2. Genderuwo

gambar genderuwo
Ilustrasi Genderuwo

Genderuwo adalah makhluk ghaib golongan rendah dan berwatak bringas. Sosoknya digambarkan bertubuh tinggi besar, berbulu serta memiliki taring dan kuku yang panjang.

Genderuwo suka mendiami bangunan-bangunan kosong, pohon-pohon besar dan atap-atap rumah joglo. Biasanya kemunculannya ditandai dengan bau gosong seperti singkong bakar.

Konon Genderuwo suka mengganggu dan menakut-nakuti orang tetapi tidak sampai menyebabkan kematian. Mahluk ini juga suka mengganggu perempuan dengan menyamar sebagai suaminya.


3. Wedhon / Pocong

gambar pocong
Ilustrasi Pocong

Wedhon bisa dikatakan sebagai bentuk lain dari Pocong, tetapi ciri khasnya adalah berbentuk kain putih yang terbentang atau membumbung ke udara. Wujudnya semakin lama akan semakin membesar dan sering mengejar orang yang ditemuinya.

Selain dikuburan, hantu Wedhon juga sering muncul dikebun pisang atau dirumpun bambu, dan jika sudah berbentuk Pocong mahluk ini bisa meludahi orang yang ditemuinya. Konon cairan ludah yang dikeluarkannya bisa menyebabkan kulit jadi membusuk.


4. Tuyul

gambar tuyul
Ilustrasi Tuyul

Tuyul adalah makhluk ghaib berwujud anak kecil yang tidak berpakain dan berkepala botak. Sifat Tuyul juga seperti anak-anak pada umumnya yang jail dan nakal.

Tuyul sering dipelihara oleh Manusia untuk keperluan pesugihan karena keahlian mahluk ghaib jenis ini memang untuk mencuri uang.

Untuk memelihara Tuyul, sipelaku pesugihan harus mendatangi tempat yang menjadi Kerajaan Tuyul dan menemui juru kuncinya. Melalui perantara juru kunci (kuncen) inilah sipelaku pesugihan bisa mendapatkan Tuyul yang di inginkan dengan syarat-syarat yang ditentukan.

Untuk mendapatkan Tuyul tentunya tidak gratis karena selain harus menyiapkan persyaratan berupa sesaji, biasanya sipelaku pesugihan juga akan diminta untuk membayar mahar kepada juru kunci untuk menebus Tuyul agar bisa dibawa pulang dan dipekerjakan untuk mencuri uang.

Nominal mahar untuk pembelian Tuyul tergantung dari tingkat kelihaian si Tuyul dalam mencuri uang. Semakin besar kemampuannya dalam mencuri uang maka maharnya juga akan semakin mahal.


5. Wewe Gombel

gambar wewe gombel
Ilustrasi Wewe Gombel

Wewe Gombel adalah hantu perempuan berwujud mengerikan dengan muka tonggos dan payudara yang panjang menggelambir sampai ke perutnya.

Konon jaman dulu Wewe Gombel suka menculik anak-anak yang masih bermain-main diluar rumah pada waktu senja (maghrib).

Anak-anak yang diculik Wewe Gombel akan dibawa ke alam mereka sehingga walaupun anak-anak yang diculik itu masih berada disekitar rumahnya tapi tidak bisa terlihat karena sudah berada ada di dimensi lain (dimensi ghaib).

Biasanya orang-orang kampung akan mencari anak yang diculik Wewe Gombel dengan cara menabuh alat-alat dapur sambil memanggil-manggil nama anak yang diculik Wewe Gombel tersebut.

Ketika ditemukan biasanya anak yang diculik Wewe Gombel akan menjadi linglung dan tidak bisa bicara karena telah melewati dua alam yang berbeda.

Kejadian semacam itu dulu sering terjadi, terutama didaerah pedesaan karena rumah-rumah penduduk masih dekat dengan hutan dan pohon-pohon besar yang sering menjadi tempat tinggal mahluk halus termasuk Wewe Gombel.


6. Kuyang

gambar kuyang
Ilustrasi Kuyang

Cerita tentang hantu Kuyang sangat populer di Pulau Kalimantan. Hantu ini digambarkan berwujud kepala perempuan lengkap dengan organ dalam tubuhnya seperti jantung, hati, usus dan ginjal yang terbang ke perkampungan untuk mencari mangsa.

Masyarakat Kalimantan meyakini bahwa asal-usul Kuyang bermula dari seseorang yang menganut ilmu hitam untuk keabadian atau ilmu awet muda dan pesugihan.

Salah satu syaratnya adalah dengan menghisap d4rah bayi yang baru lahir atau d4rah wanita yang keluar saat proses persalinan. Pada waktu-waktu tertentu orang tersebut akan menjelma sebagai hantu Kuyang untuk mencari mangsa.

Ada juga yang mengatakan jika hantu Kuyang tidak bisa mendapatkan bayi atau wanita yang sedang melahirkan maka dia akan terbang dan berkeliaran disekitar rumah-rumah penduduk untuk mencari bekas pembalut wanita yang sedang menstruasi.

Pada siang hari orang yang memiliki ilmu Kuyang menjalani kehidupannya sebagaimana orang biasa pada umumnya, tapi pada malam-malam tertentu seperti pada malam bulan purnama, orang yang menganut ilmu Kuyang akan melakukan ritual khusus dan membaca mantra untuk melepaskan kepala dan organ dalam tubuhnya.

Kemudian kepalanya akan terbang untuk mencari bayi yang baru lahir atau wanita yang sedang melahirkan sebagai sarana untuk menambah kekuatan ilmunya.

Biasanya untuk mengelabui korbannya hantu Kuyang akan menyerupai suara ayam atau suara bebek yang sedang menyosor air.

Hantu Kuyang biasanya akan mendatangi seorang perempuan yang sedang hamil besar dan akan mengambil janin didalam perutnya. Selain di Kalimantan, hantu Kuyang juga dikenal didaerah Sumatera yang disebut sebagai hantu Palasik.


7. Buto Ijo

gambar buto ijo
Ilustrasi Buto Ijo

Buto Ijo adalah mahluk ghaib dari golongan raksasa yang sangat ganas. Buto Ijo biasanya dipelihara untuk tujuan pesugihan dan biasanya mahluk ini akan meminta tumbal nyawa Manusia sebagai tebusan untuk harta kekayaan yang diberikannya.

Biasanya pelaku pesugihan Buto Ijo akan memberikan makanan yang telah dimantrai kepada seseorang yang di incar untuk dijadikan tumbal. Ketika orang yang diberi makanan tersebut menyantap makanannya, maka dia akan mati sebagai tumbal Buto Ijo.

Ciri-ciri orang yang melakukan pesugihan Buto Ijo yaitu sifatnya pelit, menutup diri dari masyarakat, tidak punya wajah ramah dan salah satu anggota keluarganya mengalami sakit keras tapi tidak kunjung meninggal dunia.


8. Sundel Bolong

gambar sundel bolong
Ilustrasi Sundel Bolong

Sundel Bolong adalah mahluk halus berwujut wanita berambut panjang dengan punggung yang berlubang (bolong) dan mengeluarkan bau busuk. Konon Sundel Bolong adalah jelmaan dari wanita yang meninggal dalam keadaan mengandung.

9. Leak

gambar leak
Ilustrasi Leak

Meurut kepercayaan masyarakat Bali, Leak adalah penyihir jahat yang memiliki ilmu kesaktian tingkat tinggi. Masyarakat Bali percaya jika Leak sering berkeliaran pada malam hari dan hanya bisa dilihat oleh orang yang memiliki kepekaan batin.

Konon saat siang hari Leak akan berubah menjadi Manusia biasa dan saat malam hari Leak sering berada dikuburan untuk mencari organ-organ dalam tubuh Manusia yang akan digunakan untuk membuat ramuan sihir.

Ramuan sihir itu kemudian akan digunakan untuk merubah wujud Leak menjadi seekor harimau, kera, babi atau menjadi Rangda (sosok mitologi Bali). Bahkan konon Leak juga bisa mengambil organ dalam tubuh orang hidup.

Selain 9 jenis mahluk halus / mahluk ghaib yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi jenis mahluk ghaib yang ada di Indonesia dengan nama dan wujud yang berbeda-beda.


Demikian sedikit informasi tentang 9 jenis hantu / mahluk halus paling terkenal di Indonesia yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar dunia spiritual dan supranatural, bisa dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "9 Jenis Hantu yang Paling Terkenal di Indonesia"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka Silahkan Chat Via WA: