Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Jenis-jenis mahluk ghaib yang ada di tanah Jawa

kuntilanak
Ilustrasi Penampakan Kuntilanak

Hartalangit.com - Tidak bisa dipungkiri jika kita hidup didunia ini berdampingan dengan mahluk ghaib/mahluk halus yang hidup di dimensi lain (alam ghaib), karena memang ada berbagai jenis mahluk ghaib yang diciptakan Tuhan didunia ini.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali mahluk ghaib/mahluk halus yang dipercaya ada disekitar kita dengan berbagai wujud dan nama yang berbeda disetiap daerahnya.

Di Jawa sendiri ada banyak jenis mahluk ghaib/mahluk halus yang dipercaya oleh masyarakat sebagai perwujudan dari roh orang yang sudah meninggal, atau mahluk ghaib penunggu dan penguasa tempat-tempat angker dan wilayah-wilayah tertentu seperti gunung, goa dan lautan.

Makhluk ghaib/mahluk halus yang merupakan jelmaan dari orang yang telah meninggal atau yang biasa disebut roh leluhur adalah roh orang yang sudah meninggal dunia.

Masyarakat Jawa percaya bahwa setelah Manusia meninggal dunia, maka jiwanya masih berkeliaran disekitar rumahnya selama 40 hari. Setelah melewati masa 40 hari, jiwa orang yang sudah meninggal akan mendiami suatu tempat tergantung dari kepercayaan yang dianut orang tersebut. Roh leluhur umumnya bersifat baik dan akan menjaga anak cucunya yang masih hidup didunia.

Selain roh leluhur, ada mahluk ghaib/mahluk halus yang memang diciptakan sebagai penghuni alam ghaib. Sama seperti Manusia, makhluk ghaib juga ada yang bersifat baik dan ada yang jahat, ada yang pintar dan ada juga yang bodoh.

Makhluk ghaib/mahluk halus juga memiliki pangkat dan kedudukan yang berbeda, seperti: raja, ratu, senopati, panglima, prajurit, pegawai, pekerja, dan lain sebagainya seperti halnya Manusia.

Berikut ini beberapa jenis mahluk ghaib/mahluk halus menurut kepercayaan masyarakat Jawa:

• Dhanyang

Makhluk ghaib yang disebut Dhanyang adalah makhluk ghaib dari golongan tertinggi dan biasanya mendiami tempat-tempat tertentu seperti gunung, sungai, desa, petilasan dan tempat-tempat lainnya. Dhanyang memiliki sifat baik dan suka menolong Manusia, bahkan Dhanyang seringkali dianggap sebagai roh pelindung.

• Dhemit

Dhemit atau Dedemit adalah makhluk ghaib/mahluk halus penghuni tempat-tempat angker seperti gedung tua, pohon-pohon besar, makam tua, sungai, batu-batu besar, goa dan lainnya.

Dhemit sering dimintai pertolongan oleh Manusia yang ingin meminta kekayaan, nomer, pelet, teluh, dan santet. Biasanya disertai dengan ritual sederhana dan pemberian sesaji berupa nasi tumpeng, ayam, kue serta berbagai jenis dupa dan kembang.

• Tuyul

Tuyul adalah makhluk ghaib/mahluk halus berwujud anak kecil yang tidak berpakain dan berkepala botak. Sifat Tuyul seperti anak-anak pada umumnya yang jail dan nakal. Tuyul sering dipelihara oleh Manusia untuk keperluan pesugihan karena keahlian tuyul memang untuk mencuri uang.


• Lelembut

Lelembut adalah makhluk halus yang sering menggangu, merusak, membuat sakit dan bahkan sampai bisa menyebabkan kematian seseorang. Mereka merasuki tubuh Manusia hingga membuatnya sakit, gila dan bahkan sampai meninggal dunia.

Melalui tubuh seseorang yang dirasuki, Lelembut dapat menyampaikan maksudnya. Contoh kerasukan Lelembut seperti kesurupan, kampir-kampiran, kampel-kampelan, setanan, kejiman dan kemomong. Salah satu cara melepaskan Lelembut yang merasuki seseorang yaitu dengan memanaskan kaki orang yang kerasukan pada api.

• Memedi

Seperti namanya yang berarti "Menakutkan/Menakuti", Memedi adalah salah satu jenis makhluk halus yang seringkali menampakkan wujudnya dan suka menakut-nakuti Manusia.

• Wedhon

Wedhon bisa dikatakan sebagai bentuk lain dari Pocong, tetapi ciri khasnya adalah berbentuk kain kafan yang terbentang atau membumbung ke udara. Wujudnya semakin lama akan semakin membesar dan sering mengejar orang yang ditemuinya.

Selain di kuburan, Wedhon sering muncul di kebun pisang atau di rumpun bambu. Jika sudah berbentuk Pocong, Wedhon bisa meludahi orang yang ditemuinya. Konon, cairan/ludah yang dikeluarkannya bisa menyebabkan kulit jadi membusuk.


• Banaspati

Banaspati memiliki wujud seperti singa berkepala Manusia, namun dengan posisi kedua kaki yang menggantung ke atas. Seluruh bagian tubuh Banaspati mengeluarkan api atau sering terlihat dalam wujud bola api yang melayang-layang. Makhluk ini tergolong jenis makhluk halus yang paling ditakuti oleh orang Jawa karena keganasannya.

Banaspati suka mencelakai Manusia bahkan bisa sampai meninggal. Mahluk ghaib jenis ini sering tinggal di pohon-pohon tinggi disekitar daerah pemakaman. Jika bertemu Banaspati, kita harus menahan nafas atau menceburkan diri ke dalam sungai jika memungkinkan karena ini merupakan cara terbaik untuk menyelamatkan diri dari Banaspati.


• Lampor

Lampor adalah jenis makhluk ghaib/mahluk halus yang selalu muncul dalam jumlah banyak dan bersuara gaduh. Wujudnya terkadang berupa bola api yang berterbangan, kadang juga berwujud prajurit-prajurit Jawa jaman dulu.

Lampor termasuk salah satu jenis mahluk ghaib yang ganas yang kemunculannya sering membawa maut. Kemunculan Lampor akan menyebabkan suatu peristiwa yang oleh masyarakat Jawa disebut pageblug, yaitu istilah untuk suatu musibah kematian yang terjadi secara beruntun di suatu wilayah.

Untuk mengakhiri teror Lampor, apabila ada dua korban meninggal pada hari yang sama maka harus segera dikubur sungsang dalam satu liang lahat yang sama. Setelah itu, teror Lampor akan segera berakhir.

• Kemamang

Kemamang adalah makhluk halus bersayap dengan kepala mengeluarkan api. Kemamang juga sering dikaitkan dengan Lampor, kemunculannya sama-sama selalu membawa maut.

Kemamang sering juga disebut sebagai Pulung Gantung. Setiap orang yang bertemu dengan makhluk halus jenis ini pasti akan mengalami guncangan jiwa dan berakhir dengan bunuh diri (gantung diri).

• Genderuwo

Genderuwo adalah makhluk halus raksasa yang berbulu dan berwatak beringas. Genderuwo suka mendiami bangunan-bangunan kosong, pohon-pohon besar dan atap-atap rumah joglo. Kemunculannya ditandai dengan bau ketela/singkong bakar.

Genderuwo suka mengganggu dan menakut-nakuti orang tetapi tidak sampai menyebabkan kematian. Mereka juga suka mengganggu para wanita.


• Wewe Gombel

Wewe Gombel adalah makhluk halus berwujud wanita tua berambut panjang, berpayudara panjang menggantung sampai paha dan berwajah menyeramkan.

Wewe Gombel suka menculik anak kecil yang masih bermain diluar rumah pada waktu maghrib. Anak-anak tersebut biasanya akan dibawa ke atas pohon yang tinggi. Wewe Gombel memiliki jimat berupa Popok Wewe yang diyakini memiliki khasiat untuk menghilang.

Wewe Gombel termasuk jenis mahluk halus yang usil seperti Genderuwo dan bisa menjadi ganas ketika merasa terganggu atau direbut popoknya. Wewe Gombel suka tinggal di pohon-pohon tinggi.


• Menthek

Menthek adalah golongan mahluk ghaib berwujud bayi yang suka menghisap isi padi sehingga menyebabkan gagal panen. Secara umum Menthek diyakini merupakan ilmu hitam kuno yang dipakai oleh seseorang untuk memperkaya diri dengan menghisap padi orang lain pada masa menjelang panen. Menthek juga bisa berwujud ayam yang muncul pada malam hari di tengah sawah.

• Bayi Trek

Bayi Trek adalah makhluk halus yang diyakini merupakan arwah bayi yang mengalami keguguran dari rahim ibunya. Kemunculannya selalu ditandai dengan suara berisik seperti kayu pecah.

Ketika menampakkan diri, Bayi Trek muncul dalam wujud belalang besar berkepala bayi. Tetapi mahluk halus ini hanya sering terdengar suara berisiknya saja dan jarang menampakkan wujudnya. Mereka hanya menakut-nakuti saja dan tidak sampai mencelakai orang. Cara menangkal hantu ini adalah dengan melempari serbuk garam ke tubuhnya.

• Lelepah

Lelepah adalah mahluk ghaib berwujud raksasa, tetapi ukurannya tidak begitu besar. Konon Lelepah suka memakan daging mentah, bahkan konon jika bertemu Manusia mereka bisa memakannya. Tapi seiring perkembangan jaman yang ssemakin modern ini, Lelepah sekarang hanya tinggal cerita, tidak lagi dikenal oleh anak-anak jaman sekarang.

• Gundhul Pringis

Gundhul Pringis adalah mahluk ghaib berwujud kepala tanpa tubuh, mereka suka mengejar orang yang ditemuinya dengan cara menggelinding ditanah. Terkadang pada malam hari yang gelap, makhluk ini menyamar sebagai buah kelapa jatuh dan sengaja menggelinding ketika ada orang lewat.

Orang yang berniat membawa pulang buah kelapa itu akan dibuat kaget karena setelah dipegang, buah kelapa tersebut berubah menjadi kepala setan. Jika Gundhul Pringis muncul menjelang maghrib, makhluk ini biasanya menyamar sebagai ayam yang minta dikandangkan, tapi ketika dipegang untuk dimasukkan kedalam kandang, ayam itu akan berubah menjadi kepala setan.

• Anja-anja

Anja-anja adalah makhluk halus yang tidak diketahui wujudnya secara pasti. Mitosnya mahluk ini suka penghisap darah pengantin. Korbannya akan mati dengan tubuh membiru sesudah semalaman menikmati indahnya malam pertama. Sebagian masyarakat Jawa menyebut kematian pengantin tersebut dihisap darahnya oleh Anja-anja.

• Peri

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, Peri adalah setan perempuan berkaki kuda. Ketika berpapasan dengan Peri maka akan tercium bau wangi, tapi setelah Peri tersebut lewat maka akan meninggalkan bau busuk yang menyengat.

Peri sering mencegat orang terutama laki-laki di perempatan atau jembatan pada saat malam hari. Peri biasanya akan minta diantar ke suatu tempat yang sebetetulnya tempat itu adalah tempat-tempat gelap dan angker seperti kebun, danau, sungai atau kuburan.

Orang yang bertemu Peri biasanya tidak akan bertahan hidup lebih lama karena setelah bertemu dengan Peri, orang itu akan sakit keras dan akhirnya meninggal dunia.

• Jerangkong

Jerangkong adalah mahluk halus berwujud kerangka Manusia. Mahluk ini jarang muncul, tapi ketika muncul Jerangkong akan membawa kejadian buruk.

Jerangkong merupakan salah satu jenis makhluk halus yang suka mencelakai Manusia. Konon, orang yang sampai disentuh oleh Jerangkong pasti akan menemui ajalnya dengan bekas gosong pada bagian yang disentuh.

Jerangkong biasanya muncul dari tempat yang gelap dengan suara berderit-derit dan akan mengejar orang yang ditemuinya.

• Biyung Tulung

Biyung Tulung adalah hantu yang hanya berupa suara. Biyung Tulung biasanya akan muncul di tempat-tempat yang sering terjadi kecelakaan. Ketika muncul, makhluk halus ini akan berteriak-teriak minta tolong sehingga membuat orang ketakutan. Biyung Tulung hanya berupa suara tanpa wujud.

• Buto Ijo

Buto Ijo adalah mahluk ghaib dari golongan raksasa yang sangat ganas. Buto Ijo biasanya dipelihara untuk pesugihan yang menuntut tumbal nyawa Manusia.

Cara mendapatkan tumbal, pemuja Buto Ijo akan memberikan makanan yang telah dimantrai kepada seseorang yang di incar untuk dijadikan tumbal. Ketika orang yang diberi makanan tersebut menyantap makanannya, maka dia akan mati sebagai tumbal Buto Ijo.

Ciri-ciri orang yang melakukan pesugihan Buto Ijo yaitu sifatnya pelit, menutup diri dari masyarakat, tidak punya wajah ramah dan salah satu anggota keluarganya mengalami sakit keras tapi tidak kunjung meninggal dunia.


• Bayi Bajang

Bayi Bajang adalah mahluk halus berwujud bayi merah yang memiliki taring. Konon Bayi Bajang adalah mahluk halus jelmaan dari bayi Manusia yang meninggal dunia setelah dilahirkan.

• Sundel Bolong

Sundel Bolong adalah mahluk halus berwujut wanita berambut panjang dengan punggung yang berlubang (bolong) dan mengeluarkan bau busuk. Konon Sundel Bolong adalah jelmaan dari wanita yang meninggal dalam keadaan mengandung.

• Kuntilanak

Kuntilanak adalah mahluk halus yang berwujud wanita berambut panjang yang mengenakan pakaian putih panjang. Hantu ini sangat populer sampai saat ini.

Kuntilanak sering mengganggu Manusia terutama laki-laki dengan menakut-nakuti dan mengejarnya. Kemunculannya ditandai dengan suara seorang wanita yang memanggil "Nteni kang" (tunggu mas) atau suara wanita tertawa.

Selain jenis-jenis mahluk halus yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi jenis mahluk halus lain yang dikenal oleh masyarakat Jawa seperti Wiyonggo, Mbah liyut (gadungan), dan lainnya.


Demikian sedikit informasi tentang jenis-jenis mahluk ghaib yang ada di tanah Jawa. Untuk informasi lain seputar Dunia Spiritual dan Supranatural, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Jenis-jenis mahluk ghaib yang ada di tanah Jawa"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: