Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Sifat dan kesaktian Buto

gambar buto
Wujud Buto dalam pewayangan

Hartalangit.com – Buto adalah salah satu jenis mahluk ghaib yang bertubuh besar (raksasa) dan berwujud menyeramkan. Buto digambarkan sebagai sosok raksasa tinggi besar dengan rambut keriting gimbal awut-awutan, berhidung bulat dan besar serta bertaring panjang melengkung seperti wujud Buto dalam pewayangan.

Tinggi badannya bisa mencapai 30 meter, tapi ada juga sosok Buto yang wujudnya seperti raksasa kerdil dengan tinggi badan hanya sekitar 2 meter (seperti dwarapala).

gambar patung dwarapala
Arca Dwarapala Singasari

Baca juga: Pesugihan Buto Ijo yang melegenda

Bangsa Buto ada yang hidup sendiri-sendiri, ada yang berkelompok, dan ada juga yang membentuk Kerajaan. Umumnya komunitas bangsa Buto hanya berisi mahluk ghaib dari bangsa Buto saja, tidak ada yang dari jenis mahluk halus lain.

Ada banyak jenis mahluk ghaib yang wujudnya tinggi besar, tapi tidak semua mahluk halus bertubuh tinggi besar adalah Buto, kebanyakan mereka adalah dari golongan bangsa jin, sedangkan bangsa Buto adalah jenis tersendiri.

Bangsa buto termasuk mahluk ghaib yang berintelijensi rendah, lebih banyak mengikuti insting/naluri dan emosinya dalam bertindak. Kebanyakan dari mereka memiliki sifat yang kasar, adigang-adigung, merasa paling kuat, merasa paling sakti dan paling berkuasa. Mereka sering bertindak tanpa pertimbangan dan untuk urusan lain belakangan.

Dengan sesama Buto, mereka memiliki aturan-aturan yang akan dipatuhi, tapi mereka tidak peduli dengan aturan mahluk ghaib lain, terutama yang kesaktiannya lebih rendah. Biasanya tanpa banyak pertimbangan atau peringatan, Buto akan menghajar siapa saja yang dianggap mengganggu atau menghalangi jalan mereka.

Bangsa Buto termasuk mahluk ghaib berdimensi tinggi yang sulit untuk dilihat dengan mata, termasuk oleh orang- orang yang memiliki kemampuan melihat alam ghaib, bahkan para mahluk halus dari jenis yang lain juga jarang ada yang bisa melihat Buto. Biasanya jika Buto memang berniat menunjukkan dirinya kepada Manusia, barulah Manusia dapat melihat Buto.

Tapi meskipun bangsa Buto sulit sekali untuk dilihat, tapi keberadaan energinya dapat dirasakan. Energi bangsa Buto terasa sangat padat bertekanan, berbeda dengan energi mahluk halus lain yang cenderung lebih halus.

Kehadiran bangsa Buto (energinya) sudah bisa dirasakan ketika Buto masih dalam jarak sekitar 100 meter, tetapi energinya yang bertekanan baru akan terasa ketika Buto sudah berada pada jarak sekitar 50 meter.

Para mahluk halus jenis lain walaupun tidak dapat melihat Buto, mereka akan segera menyingkir untuk menyelamatkan diri jika merasakan adanya kehadiran Buto karena energinya sangat kuat bertekanan dan penuh dengan sifat kekerasan. Sifat energi bangsa Buto termasuk jenis energi negatif bagi Manusia dan juga bagi mahluk halus jenis lain.

Dari sisi kekuatan dan kesaktian, bangsa Buto memiliki kemampuan untuk melipat gandakan kekuatannya sampai 5 kali lipat dari keadaan normalnya dan termasuk jenis mahluk ghaib yang memiliki kesaktian tinggi yang sulit dikalahkan.

Tidak banyak mahluk-mahluk ghaib jenis lain yang mampu menandingi kesaktian Buto, bahkan dalam cerita pewayangan para Dewa-pun tidak berdaya ketika bangsa Buto datang menyerang kahyangan.

Baca juga:

Jenis-jenis mahluk ghaib yang ada di tanah Jawa

Filosofi dan tuah Keris Buto Ijo

Demikian sedikit informassi tentang sifat dan kesaktian mahluk ghaib Buto yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar dunia spiritual dan supranatural, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih


Post a Comment for "Sifat dan kesaktian Buto"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: