Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan tuah Keris Buto Ijo

keris buto ijo
Keris Buto Ijo

Hartalangit.com - Keris Buto Ijo adalah salah satu bentuk dhapur keris luk 9 yang tergolong langka dan banyak dicari oleh para pemburu isoteri. Ukuran panjang bilahnya sedang dan kebanyakan memakai odo-odo sehingga permukaan bilahnya nggigir sapi. Ricikan pada Keris dhapur Buto Ijo, antara lain: gandhik lugas, pejetan, tikel alis, sraweyan dan ri pandan.


"Buto" dalam bahasa Jawa adalah raksasa dan "Ijo" artinya hijau. Buto Ijo digambarkan sebagai sosok mahluk ghaib bertubuh tinggi besar berwarna hijau yang menyeramkan dan memiliki watak jahat.

Filosofi Keris Buto Ijo:

Bentuk Keris Buto Ijo yang sederhana melambangkan kesederhanaan, sedangkan Buto Ijo sendiri adalah mahluk ghaib kasta rendah yang melambangkan rakyat kecil, dan ijo atau hijau melambangkan profesi masyarakat yang jaman dulu didominasi oleh para petani.

Luk 9 memiliki filosofi kepemimpinan, kesempurnaan dan keberagaman, sehingga Keris Buto Ijo mengandung sebuah pesan bahwa rakyat yang sederhana, lugu serta memiliki ketulusan dalam pengabdian selayaknya memiliki pemimpin yang mau mengerti dan memahami kondisi rakyatnya. Karena jika tidak, maka rakyat yang didominasi oleh para petani akan mampu menjadi sebuah kekuatan besar yang mengerikan seperti Buto Ijo yang akan melawan pemimpin yang hanya memikirkan kepentingan dirinya sendiri dan golongannya tanpa memperdulikan nasib rakyat yang dipimpinnya.

Keris Buto Ijo merupakan pesan bagi para pemimpin agar tidak mengabaikan rakyatnya, karena rakyat kecil yang marah dapat menjelma menjadi kekuatan besar yang mengerikan yang digambarkan sebagai Buto Ijo.

Tuah Keris Buto Ijo:

Bagi yang percaya pada isoteri, Keris Buto Ijo di anggap memiliki tuah yang ampuh untuk mendatangkan kekayaan dan juga untuk menjaga harta kekayaan. Konon harta yang dijaga oleh Buto Ijo akan aman dari segala gangguan termasuk gangguan dari mahluk ghaib lainnya. Buto Ijo juga merupakan mahluk ghaib yang bisa dimanfaatkan untuk mencari pesugihan.



Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Keris Buto Ijo yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan tuah Keris Buto Ijo"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: