Advertisement

Misteri dan kesakralan malam jumat kliwon

misteri malam jumat kliwon
Ilustrasi

Hartalangit.com – Sebagian orang menganggap malam jumat kliwon sebagai malam keramat yang penuh misteri dan aura mistis. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, terutama yang menganut ajaran Kejawen meyakini jika malam jumat kliwon merupakan malam saat para arwah leluhur datang untuk mengunjungi anak, cucu atau keturunannya.

Biasanya untuk menghormati arwah para leluhur, masyarakat Jawa penganut ajaran Kejawen akan melakukan ritual tertentu dan menyiapkan sesaji setiap malam jumat kliwon, seperti membakar kemenyan, menyediakan kembang telon, rokok, kopi, teh dan ubo rampe lainnya. 

Sesaji tersebut merupakan simbol penghormatan kepada para leluhur atau merupakan bentuk bakti serta sopan-santun kepada orang tua yang datang berkunjung. Hal itu melambangkan sikap hormat dan bakti kepada orang tua (para leluhur) meskipun mereka sudah tiada.

Selain itu, malam jumat kliwon dianggap sakral karena ada kaitannya juga dengan puasa neptu 40 (puasa tiga hari berneptu 40) yang masih sering dilakukan oleh sebagian masyarakat Jawa penganut ajaran Kejawen. Dalam puasa 3 hari neptu 40 yang dimulai hari rabu pon, kamis wage dan puncak dari puasa tersebut jatuh pada hari jumat kliwon, sehingga malam jumat kliwon sering di anjurkan untuk melakukan tirakat dan ritual-ritual yang berkaitan dengan ilmu kebatinan.

Baca juga: Mengenal ilmu kebatinan Kejawen

Dalam kepercayaan Jawa, pasaran kliwon erat kaitannya dengan letak diri sejati. Hal ini didasarkan pada konsep "sedulur papat limo pancer". Pasaran kliwon bertempat di tengah (pusat) yang merupakan letaknya sukma atau jiwa. Pancarannya manca warna atau bermacam-macam.

Begitu sakralnya malam jumat kliwon bagi masyarakat Jawa sehingga sampai saat ini masih banyak masyarakat Jawa yang melakukan berbagai macam ritual pada malam tersebut.

Pada malam jumat kliwon para pemilik benda pusaka juga akan merawat pusaka-pusaka miliknya dengan memberikan sesaji-sesaji tertentu untuk menambah atau mempertahankan energi ghaib dari pusaka-pusaka yang dimiliki.

Baca juga: Jenis-jenis sesaji untuk menambah kekuatan khodam Keris pusaka

Menurut perhitungan Jawa, hari jumat memiliki neptu 6 dan kliwon 8 sehingga jika dijumlahkan jumat kliwon neptunya adalah 14. Jumlah neptu inilah yang membedakan watak serta arah dari pada nogo dino serta jalan kehidupan Manusia.

Orang yang lahir pada malam jumat kliwon juga memiliki bakat spiritual bawaan yang jika di asah dengan baik maka orang yang memiliki weton jumat kliwon berpotensi besar untuk mencapai tingkat spiritual yang tinggi dibandingkan dengan orang lain yang wetonnya bukan jumat kliwon.

Berdasarkan primbon Jawa, bahwa sebelum malam jumat kliwon tiba, kamis wage adalah sebagai pembuka energi yang akan menghantarkan jumat kliwon sebagai waktu pemusatan energi hari/ pusaran hari, waktunya yaitu antara jam 11 sampai jam 12 malam.

Malam jumat kliwon dipercaya sebagai pusat pusaran hari, oleh karena itu banyak para praktisi supranatural yang melakukan ritual pada tengah malam jumat kliwon karena dianggap bertepatan dengan malam pengaktifan energi alam ghaib yang sangat besar.

Malam jumat kliwon merupakan waktu terbukanya batas antara dimensi alam nyata dan alam ghaib sehingga pada malam tersebut banyak mahluk ghaib yang wujudnya bisa tampak oleh Manusia.

Baca juga: Jenis-jenis mahluk ghaib yang ada ditanah Jawa

Watak orang yang memiliki weton jumat kliwon:

Orang yang lahir pada malam jumat kliwon juga di anggap memiliki keistimewaan yang dikenal dengan “Lakuning Rembulan” yang artinya perilakunya bagaikan bulan yang bisa menerangi kegelapan malam.

Orang yang lahir pada malam jumat kliwon memiliki sifat yang baik sehingga dapat menentramkan hati keluarga dan rorang-orang disekitarnya karena dalam bergaul dia tidak pernah membeda-bedakan status sosial, suku, maupun agama. Baginya semua di anggap sama.

Orang yang memiliki weton jumat kliwon adalah orang yang penuh kreatifitas, suka mencoba hal-hal baru dan memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar terhadap hal-hal baru serta memiliki kecerdasan yang tidak dimiliki oleh orang-orang kebanyakan. Selain itu, pemilik weton jumat kliwon adalah tipe orang yang tidak mau bergantung pada orang lain dan memiliki sifat dermawan.

Wanita yang wetonnya jumat kliwon memiliki sifat yang kreatif dan giat bekerja serta dikenal pandai berbicara. Tapi sebaliknya, laki-laki yang wetonnya jumat kliwon dikenal sebagai pribadi yang pendiam dan tidak banyak bicara, atau lebih mengedepankan tindakan daripada perkataan.

Kejelekan orang yang wetonnya jumat kliwon adalah pada wataknya yang keras kepala, mudah marah, suka membantah, urakan/semauanya sendiri dan boros. Karena sifat jeleknya itulah sehingga orang yang wetonnya jumat kliwon tidak bisa bekerja sebagai bawahan/karyawan karena dia tidak bisa diatur dan disuruh-suruh.

Harga dirinya terlalu tinggi untuk tunduk kepada orang lain sehingga seringkali tidak memikirkan resiko apapun ketika sedang marah, bahkan meski harus kehilangan pekerjaan sekalipun dia tidak peduli demi mempertahankan harga dirinya.

Pekerjaan yang cocok untuk orang yang memiliki weton jumat kliwon adalah wira usaha atau membuka usaha sendiri seperti berdagang, beternak, bertani atau pekerjaan-pekerjaan lain yang tidak menjadikannya sebagai bawahan. Dan jenis usaha yang paling cocok dengan weton jumat kliwon adalah yang berhubugan dengan sesuatu yang hidup, seperti pertenakan, pertanian dan sejenisnya.

Untuk masalah jodoh, weton jumat kliwon yang memiliki neptu 14 ini cocok berpasangan dengan jumlah neptu weton 10 dan 15 agar bisa memiliki kehidupan rumah tangga yang tentram dan harmonis.

Untuk masalah rejeki, weton jumat kliwon diramalkan sering mendapat kesusahan dalam hal rejeki, apalagi jika bersikap malas-malasan. Tapi jika mereka tekun, ulet dan terus berjuang pantang menyerah maka mereka bisa menjadi orang yang sangat kaya, bahkan bisa melebihi saudara-saudaranya yang memiliki weton selain jumat kliwon.

Kecerdasan, kreatifitas dan sifat ambisiusnya dapat mengantarkannya pada kesuksesan dan kejayaan dengan jalan yang kadang berbeda dengan jalan orang-orang kebanyakan.

Bagi keluarga yang tidak mampu, hadirnya anak dengan weton jumat kliwon merupakan berkah yang akan membawa keberuntungan bagi keluarga tersebut, terutama dalam hal rejeki. Terlelih lagi jika dalam keluarga tersebut  jumlah neptu wetonnya banyak yang lebih dari 10.

Baca juga: Cara bermain Jailangkung

Demikian sedikit informasi tentang misteri dan kesakralan malam jumat kliwon yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar dunia spiritual dan supranatural, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

0 Response to "Misteri dan kesakralan malam jumat kliwon"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: