Advertisement

7 Jenis Perkutut Paling Bertuah dan Paling Istimewa

gambar burung perkutut paling istimewa
Ilustrasi
Hartalangit.com – Perkutut adalah salah satu jenis burung anggungan yang paling digemari di Indonesia sejak jaman dulu hingga sekarang. Alasannya tentu saja karena burung ini memiliki suara yang merdu dan penampilan fisik yang menarik.

Selain itu, burung Perkutut juga sering dikaitkan dengan hal-hal ghaib yang terkadang tidak masuk akal. Mitos-mitos tentang burung Perkutut sudah ada sejak jaman dulu dan menjadi cerita turun-temurun di masyarakat.

Ada dua kategori penggemar burung Perkutut, yaitu orang yang memelihara Perkutut karena suka dengan suaranya dan ada juga orang yang memelihara burung Perkutut karena percaya pada tuah ghaibnya.

Dikalangan penggemar Perkutut katuranggan ada kepercayaan tentang beberapa jenis Perkutut yang diyakini paling bertuah sehingga banyak orang yang mencarinya dengan berbagai cara, bahkan sampai ada yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkannya.

Hal itu dikarenakan adanya kepercayaan tentang tuah ghaib Perkutut katuranggan yang bisa di manfaatkan untuk tujuan-tujuan tertentu. Konon jika dapat memiliki Perkutut katuranggan maka apa yang di cita-citakan dapat tercapai dengan mudah.


Berikut ini 7 jenis Perkutut yang paling bertuah dan paling istimewa:

1. Perkutut Putih Lokal Alam (Mustikaning Manuk)

Perkutut Putih lokal alam di anggap sebagai rajanya Perkutut yang memiliki yoni paling kuat. Perkutut ini paling dicari oleh para pemimpin dan para pejabat tinggi kerajaan pada jaman dulu karena dipercaya memiliki tuah ampuh yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan.

Perkutut Putih lokal alam dipercaya memiliki tuah untuk meningkatkan derajat, keberuntungan, kebahagiaan, ketentraman dan untuk tolak bala.

Perkutut yang sering disebut sebagai Mustikaning Manuk ini sangat sulit dijumpai karena memang sangat langka dan sangat pemilih.

Perkutut Putih lokal alam yang asli jarang berkeliaran seperti burung Perkutut pada umumnya dan lebih suka berdiam diri tempat-tempat keramat seperti makam-makam keramat, petilasan keramat dan tempat-tempat angker yang jarang didatangi Manusia.

Perkutut Putih yang memiliki yoni juga tidak mudah ditangkap karena konon Perkutut ini bisa hidup didua alam, yaitu alam Manusia dan alam ghaib.

Untuk dapat memiliki Perkutut Putih lokal alam biasanya memerlukan persyaratan-persyaratan tertentu yang harus dipenuhi karena burung ini sifatnya seperti pusaka atau pulung yang akan memilih sendiri siapa yang akan menjadi tuannya.


2. Perkutut Songgo Ratu

Perkutut katuranggan Songgo Ratu merupakan salah satu Perkutut katuranggan yang paling bertuah sehingga banyak dicari oleh orang-orang yang berambisi mengejar jabatan atau kedudukan tinggi.

Tapi tidak mudah untuk mendapatkan Perkutut Songgo Ratu yang asli karena sangat langka dan sangat pemilih. Artinya, Perkutut hanya bisa dipelihara oleh orang-orang tertentu saja karena sifatnya juga seperti pusaka yang akan memilih sendiri siapa yang akan di ikutinya.

Perkutut Songgo Ratu memiliki ciri khusus terdapat sehelai bulu berwarna putih yang berdiri dibagian atas kepalanya seperti mahkota atau yang sering disebut jambul. Bulu jambul tersebut akan tetap tumbuh dengan warna yang sama setelah dicabut atau rontok karena mabung.

Perkutut katuranggan Songgo Ratu dipercaya memiliki tuah untuk meningkatkan kewibawaan dan dapat membantu pemiliknya untuk meraih derajat yang tinggi dalam kehidupannya. Tapi sebetulnya ada makna tersirat dari Perkutut Songgo Ratu yang berkaitan dengan mitosnya.


3. Perkutut Lurah

Perkutut Lurah sangat terkenal dikalangan penggemar Perkutut katuranggan, terutama yang percaya pada tuah atau sisi keghaiban burung Perkutut.

Perkutut Lurah di anggap memiliki yoni yang lebih kuat dari Perkutut katuranggan lainnya, sehingga Perkutut ini banyak dicari oleh para pemimpin dan para pejabat tinggi sebagai sarana untuk menunjang kekuasaan atau jabatannya.

Perkutut Lurah yang asli tidak mudah untuk ditangkap karena sifatnya sangat pemilih dan hanya mau dipelihara oleh orang-orang tertentu yang di anggap cocok. Sifat Perkutut Lurah sama seperti pusaka yang akan memilih sendiri siapa yang akan di ikutinya.

Perkutut Lurah memiliki ciri khusus pada corak bulunya yang berbeda dengan corak bulu burung Perkutut pada umumnya.

Corak atau Lurik Perkutut Lurah sekilas memiliki kesamaan dengan sisik ular, yaitu ules coklat dengan corak bulu-bulu dipunggungnya mirip sisik ular. Bulu-bulu pada bagian dada, perut sampai duburnya berwarna putih bersih.

Perkutut Lurah lebih suka hidup menyendiri ditempat-tempat sepi dan angker yang jarang dijamah oleh Manusia. Perilakunya sangat tenang, jarang bergerak, jarang manggung dan selalu bertengger ditempat yang paling tinggi.

Burung ini tidak suka berkeliaran untuk mencari makan seperti burung Perkutut pada umumnya karena selalu dibawakan makanan atau diloloh oleh Perkutut lain yang menjadi bawahannya.

Perkutut Lurah memiliki Perbawa yang sangat kuat dan dipercaya dapat mendatangkan rejeki yang berlimpah bagi pemiliknya.

Perkutut ini memiliki daya magis dan perbawa yang sangat besar karena di alam bebas burung ini tidak perlu mencari makan tapi makanan akan datang sendiri melalui Perkutut lain yang menjadi bawahannya.

Daya magis Perkutut Lurah akan menyatu dengan pemiliknya sehingga orang yang memiliki Perkutut ini juga akan memiliki perbawa yang sangat besar sehingga akan dihormati oleh banyak orang dan dapat menarik datangnya rejeki dari berbagai sumber.

Perkutut Lurah adalah Lurahnya Perkutut atau pimpinannya Perkutut dan hanya cocok dipelihara oleh para pemimpin yang memiliki banyak bawahan. Perbawanya yang besar akan membuat orang-orang disekitarnya tunduk, patuh dan hormat pada pemilik Perkutut ini.

Perkutut Lurah bukanlah Perkutut biasa yang mudah untuk ditangkap. Biasanya untuk bisa mendapatkan Perkutut ini harus memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu sebagai maharnya. Tapi jika berjodoh, Perkutut Lurah akan datang sendiri atau melalui perantara kepada seseorang yang memang dipilih untuk menjadi tuannya tanpa syarat apapun.


4. Perkutut Udan Mas Lokal Alam

Perkutut katuranggan Udan Mas lokal alam memiliki ciri khusus pada bulu-bulunya yang berwarna coklat kekuningan dan lurik yang melingkar pada bagian lehernya berwarna kekuningan seperti warna emas.

Perkutut Udan Mas lokal alam sangat dipercaya memiliki tuah paling ampuh untuk memudahkan pemiliknya dalam mencari rejeki dan mengumpulkan kekayaan.

Perkutut ini sifatnya tidak pemilih, artinya bisa cocok dipelihara oleh siapa saja. Tapi hanya orang yang beruntung saja yang bisa memiliki Perkutut Udan Mas lokal alam karena termasuk jenis katuranggan yang sangat langka dan sulit ditemukan.


5. Perkutut Cemani Kol Buntet Lokal Alam

Perkutut Cemani Kol Buntet memiliki ciri-ciri pada bulu-bulu disekujur tubuhnya yang berwarna hitam dan lurik yang melingkar pada bagian leher sampai duburnya menyatu (tepung), paruh dan bagian dalam paruhnya berwarna hitam, kaki serta ulesnya juga berwarna kehitaman.

Perkutut Cemani Kol Kuntet lokal alam dipercaya memiliki tuah ampuh untuk tolak bala. Konon Perkutut ini dapat menangkal serangan ilmu hitam seperti santet, teluh, guna-guna dan sejenisnya.

Lurik Perkutut Cemani Kol Buntet yang menutup rapat dari leher sampai ke bagian duburnya melambangkan perisai atau perlindungan yang kuat.

Tapi hanya Perkutut Cemani Kol Buntet lokal alam saja yang memiliki angsar atau yoni, karena secara alami telah menyerap energi alam semesta sejak Perkutut tersebut menetas.

Sedangkan Perkutut Cemani Kol Buntet ternak jarang sekali ada yang memiliki yoni karena hidup dilingkungan Manusia dan keaslian trah hitam / Cemaninya sudah tidak terjamin lagi.


6. Perkutut Cemani Majapahit

Sebetulnya yang disebut Perkutut Cemani Majapahit dan Perkutut Cemani Kol Buntet itu sama, yaitu sama-sama Perkutut Cemani Majapahit.

Keduanya juga memiliki ciri-ciri yang hampir sama, bulunya berwarna hitam dan luriknya tembus dari leher sampai ke bagian dubur. Perbedaannya hanya terletak pada warna bulu dibagian perut dan duburnya saja.

Bulu-bulu dibagian perut dan dubur Perkutut Cemani Majapahit berwarna putih, sedangkan bulu-bulu dibagian perut dan dubur Perkutut Cemani Kol Buntet berwarna hitam.

Sedangkan Perkutut Cemani yang luriknya hanya sebatas dada atau Pedaringan Kebak adalah jenis Perkutut Cemani biasa, bukan termasuk Cemani Majapahit ataupun Cemani Kol Buntet.

Tapi anehnya justru banyak para penggemar Perkutut warna yang menganggap Perkutut Cemani biasa ini sebagai Perkutut Cemani Kol Buntet.

Perkutut Cemani Majapahit dipercaya memiliki tuah ghaib untuk meningkatkan kewibawaan, mendatangkan keberuntungan, mendatangkan rejeki dan untuk tolak bala dari serangan ilmu hitam.

Perkutut Cemani Majapahit lokal alam memiliki karakter yang tenang dan berwibawa. Ketika dipelihara Perkutut ini lebih sering diam ditangkringan dan jarang sekali manggung.

Di alam bebas burung ini lebih suka hidup ditempat-tempat keramat seperti pemakaman, pohon-pohon besar yang angker dan tempat-tempat yang jarang didatangi Manusia.

Perkutut Cemani Majapahit lokal alam konon juga sering di ikuti mahluk ghaib atau bahkan menjadi peliharaan mahluk ghaib penunggu tempat-tempat keramat yang ditinggalinya.

Perkutut ini termasuk sangat langka dan pemilih sehingga tidak bisa dipelihara oleh sembarang orang, dan kalaupun mau dipelihara biasanya akan meminta syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh orang yang akan memeliharanya.


7. Perkutut Punden

Perkutut Punden adalah istilah untuk menyebut burung Perkutut yang hidup di area pemakaman atau dipetilasan-petilasan keramat.

Perkutut Punden dipercaya memiliki yoni / khodam yang lebih kuat dari Perkutut lainnya, Perkutut ini dipercaya memiliki tuah untuk memudahkan tercapainya tujuan atau cita-cita pemiliknya.

Anggapan tersebut bisa benar dan bisa juga salah karena tidak semua Perkutut yang ada di area pemakaman atau di punden merupakan Perkutut yang memiliki yoni. Bisa saja Perkutut tersebut hanya burung Perkutut biasa yang kebetulan sedang berada disekitar makam atau tempat-tempat keramat.

Kalaupun Perkutut tersebut memiliki yoni juga belum tentu akan membawa dampak positif bagi orang yang memeliharanya, karena bisa saja Perkutut tersebut justru memiliki energi negatif yang diserap dari tempat keramat yang ditinggalinya.

Ketika memelihara Perkutut Punden yang beryoni biasanya akan sering terjadi hal-hal aneh atau ganjil didalam rumah, terutama pada awal-awal burung tersebut dipelihara atau pada malam-malam tertentu karena biasanya Perkutut tersebut di ikuti oleh mahluk ghaib.

Konon Perkutut Punden merupakan burung peliharaan mahkuk ghaib penunggu Punden atau burung Perkutut yang dulunya merupakan peliharaan dari orang linuwih yang dimakamkan ditempat tersebut.

Perkutut Punden yang beryoni biasanya memiliki karakter yang tenang dan sangat berwibawa dan tidak bisa dipelihara oleh sembarang orang karena sifatnya pemilih.

Untuk menangkap Perkutut Punden biasanya juga memerlukan syarat-syarat tertentu sebagai tebusan. Tapi jika berjodoh, Perkutut ini akan datang sendiri pada seseorang yang memang berhak merawatnya, dan biasanya akan memberi isyarat terlebih dulu baik melalui mimpi atau petunjuk-petunjuk lainnya.

Persyaratan yang diminta bisa bermacam-macam, bisa ringan dan bisa juga berat, dari mulai hanya meminta sesaji sampai meminta tumbal nyawa Manusia sebagai maharnya.

Biasanya syarat-syarat yang diminta juga tidak dikatakan secara gamblang tapi menggunakan bahasa sanepo, misalnya saja meminta tebusan panggang ayam yang maksudnya adalah nyawa Manusia dan biasanya yang diminta adalah nyawa orang-orang terdekat.

Jadi sebaiknya hati-hati jika ingin mengambil Perkutut Punden, jangan terkecoh dengan bahasa sanepo dari mahluk ghaib yang terkadang tidak kita pahami maksudnya.

Jangan sampai hanya karena ambisi ingin mendapatkan Perkutut Punden justru akan mengorbankan sesuatu yang lebih berharga dan akan menjadi penyesalan seumur hidup.

Dari pada mengorbankan waktu, tenaga dan biaya hanya untuk memburu Perkutut Punden, lebih baik memelihara burung Perkutut biasa yang suara anggungannya merdu dan bisa membuat hati bahagia ketika mendengarnya.

Jika kita merasa senang dan nyaman dengan Perkutut yang kita pelihara, maka lama-kelamaan energi positif akan menaungi hidup kita dan akan menarik hal-hal positif datang dalam kehidupan kita seperti keberuntungan, keselamatan, rejeki yang melimpah dan kebahagiaan tanpa perlu mengorbankan banyak hal.


Demikian sedikit informasi tentang 7 Perkutut paling bertuah dan paling istimewa yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "7 Jenis Perkutut Paling Bertuah dan Paling Istimewa"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: