Advertisement

Mitos Tuah Ghaib Perkutut Cemani Majapahit-Kol Buntet

gambar Perkutut Cemani majapahit dan perkutut cemani kol buntet
Ilustrasi Perkutut Cemani Kol Buntet & Cemani Majapahit
Hartalangit.com – Perkutut Cemani merupakan jenis burung Perkutut yang memiliki keunikan tersendiri karena bulu-bulu disekujur tubuhnya berwarna hitam, berbeda dengan burung Perkutut pada umumnya yang memiliki warna bulu coklat abu-abu.

Ada beberapa jenis Perkutut Cemani yang dikenal oleh para penggemar burung Perkutut, yaitu Perkutut Cemani Majapahit, Perkutut Cemani Kol Buntet dan Perkutut Cemani biasa.

Sebetulnya yang disebut Perkutut Cemani Majapahit dan Cemani Kol Buntet itu sama, yaitu sama-sama Perkutut Cemani Majapahit.

Keduanya juga memiliki ciri-ciri yang hampir sama, bulunya berwarna hitam dan luriknya tembus dari leher sampai ke bagian dubur. Perbedaannya hanya terletak pada warna bulu dibagian perut dan duburnya saja.

Bulu-bulu dibagian perut dan dubur Perkutut Cemani Majapahit berwarna putih, sedangkan bulu-bulu dibagian perut dan dubur Perkutut Cemani Kol Buntet berwarna hitam.


Menurut para peternak senior, Perkutut Cemani yang luriknya hanya sebatas dada atau Pedaringan Kebak adalah jenis Perkutut Cemani biasa, bukan termasuk Cemani Majapahit ataupun Cemani Kol Buntet.

Tapi anehnya justru banyak para penggemar Perkutut warna yang menganggap Perkutut Cemani biasa ini sebagai Perkutut Cemani Kol Buntet.

Sedangkan menurut para penggemar Perkutut aliran katuranggan, yang dimaksud Perkutut Majapahit adalah Perkutut Cemani, yaitu Cemani Kol Buntet yang luriknya tembus dari leher sampai dubur dan Cemani Pedaringan Kebak yang luriknya hanya sebatas dada.

Jadi sebetulnya, Perkutut yang bulu-bulunya berwarna hitam atau Perkutut Cemani adalah Perkutut Majapahit. Yang membedakan adalah luriknya, ada yang luriknya sebatas dada yang disebut Pedaringan Kebak dan ada yang luriknya tembus sampai ke bagian dubur yang disebut Kol Buntet.

Kedua jenis Perkutut Cemani tersebut masing-masing memiliki tuah yang berbeda. Perkutut Cemani Kol Buntet dipercaya memiliki tuah utama untuk tolak bala, sedangkan Perkutut Cemani Pedaringan Kebak tuahnya lebih dominan untuk kerejekian.


Perkutut Cemani Kol Buntet di anggap lebih istimewa karena sangat langka dan konon memiliki daya magis atau angsar yang lebih kuat.

Tuah utama Perkutut Cemani Kol Buntet adalah untuk sarana tolak bala dari serangan ilmu hitam seperti santet, teluh, guna-guna dan sejenisnya. Tapi Perkutut ini sifatnya sangat pemilih, artinya tidak semua orang cocok memeliharanya.

Perkutut Cemani Kol Buntet lokal alam dipercaya memiliki energi supranatural yang cukup kuat sehingga dapat menangkal serangan ilmu hitam dan gangguan mahluk halus.

Selain memiliki tuah ampuh untuk tolak bala, Perkutut Cemani Kol Buntet juga memiliki tuah untuk kawibawan. Orang yang memelihara Perkutut ini akan memancarkan aura kewibawaan yang sangat kuat sehingga akan disegani dan dihormati oleh orang-orang disekitarnya, baik kawan maupun lawan.

Secara alami Perkutut Cemani Kol Buntet memiliki energi yang dapat menangkal gelombang energi dari ilmu hitam, bahkan bisa membalikkan energi jahat tersebut kepada pengirimnya. Tuah Perkutut ini hampir sama dengan tanaman-tanaman yang berwarna hitam seperti sente wulung, tebu ireng, sirih wulung dan tanaman-tanaman berwarna hitam lainnya.


Kekuatan ilmu ghaib dari ilmu hitam seperti santet secara ilmiah sebetulnya merupakan suatu energi yang berwujud frekuensi gelombang. Burung Perkutut dan makluk hidup lainnya atau benda-benda tertentu secara alamiah juga memiliki energi dengan frekuensi tertentu.

Perkutut Cemani Kol Buntet diyakini memiliki tingkatan energi dengan frekuensi yang tinggi sehingga jika ada energi negatif yang datang mengarah ke lingkungan sekitarnya, maka energi jahat tersebut akan terpecah dan bahkan ternetralisir.

Tapi jika energi jahat yang datang menyerang tersebut sangat kuat terkadang dapat mengakibatkan Perkutut Cemani Kol Buntet terluka atau bahkan mati karena menjadi tameng bagi pemiliknya.

Buntet artinya rapat / tertutup / buntu sesuai bentuk lurik / kalung Perkutut Cemani Kol Buntet yang menutup rapat dari leher sampai kebagian dubur. Bentuk lurik Buntet tersebut merupakan simbol perlindungan dari segala bentuk marabahaya, terutama yang sifatnya ghaib.


Tapi sayangnya suara Perkutut Cemani Kul Buntet lokal alam tidak sebagus penampilannya yang eksotis, karena kebanyakan  Perkutut jenis ini memiliki suara anggungan yang cenderung kecil dan cempreng. Perkutut ini juga jarang manggung dan hanya sesekali saja terdengar suaranya.

Perkutut Cemani Kol Buntet lokal alam memiliki karakter yang tenang dan lebih sering diam di tangkringan tidak banyak bergerak seperti burung Perkutut pada umumnya.

Perkutut Cemani Kol Buntet memang terkenal memiliki tuah ampuh untuk sarana tolak bala, tapi orang-orang tua dulu jarang ada yang berani memeliharanya karena dianggap dapat menghalangi rejeki, seperti halnya jimat Kol Buntet, Keris berpamor Kol Buntet atau pusaka-pusaka penolak bala lainnya yang konon tidak hanya akan menutup atau menghalangi masuknya hal-hal negatif, tapi juga akan menutup dan menghalangi masuknya hal-hal positif.

Tapi hanya Perkutut Cemani Kol Buntet lokal alam saja yang memiliki yoni karena secara alami telah menyerap energi alam semesta sejak Perkutut tersebut menetas.

Sedangkan Perkutut Cemani Kol Buntet atau Perkutut Cemani Majapahit ternak tidak memiliki yoni karena Perkutut tersebut merupakan hasil persilangan sehingga keaslian trah Cemaninya sudah tidak terjamin lagi.


Selain itu, Perkutut Cemani ternak sejak kecil hidup dilingkungan Manusia sehingga tidak lagi memiliki aura wingit. Berbeda dengan Perkutut Cemani lokal alam (liar) yang terlihat wingit dan memiliki perbawa yang kuat.

Di alam bebas Perkutut Cemani Kol Buntet lebih suka hidup ditempat-tempat keramat seperti pemakaman, petilasan keramat, pohon-pohon besar yang angker dan tempat-tempat angker yang jarang didatangi Manusia, sehingga secara alami Perkutut ini telah menyerap energi ghaib dari tempat-tempat keramat tersebut.

Perkutut Cemani Kol Buntet lokal alam konon juga sering di ikuti mahluk ghaib atau bahkan menjadi peliharaan mahluk ghaib penunggu tempat-tempat keramat yang ditinggalinya.

Meskipun termasuk salah satu jenis Perkutut yang dipercaya memiliki yoni paling kuat tapi Perkutut Cemani Majapahit Kol Buntet lokal alam tidak bisa dipelihara oleh sembarang orang karena sifatnya sangat pemilih. Kalaupun mau dipelihara biasanya akan meminta syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh orang yang akan memeliharanya.

Persyaratan yang diminta bisa bermacam-macam, bisa ringan dan bisa berat, dari mulai hanya meminta sesaji sampai meminta tumbal nyawa Manusia sebagai maharnya.

Jadi sebaiknya hati-hati, jangan terkecoh dengan bahasa sanepo dari mahluk ghaib yang terkadang tidak kita pahami maksudnya. Contohnya seperti meminta ayam kemanggang atau ayam babon ternyata yang dimaksud adalah anggota keluarganya, bisa anak, istri atau orang tua.


Ada banyak kejadian dimana tukang pikat yang menangkap burung Perkutut ditempat angker tanpa meminta izin terlebih dulu akhirnya mengalami kejadian-kejadian aneh, bahkan ada yang sampai mengalami nasib naas.

Hal itu biasanya sering di alami oleh tukang pikat yang belum berpengalaman yang tidak mengetahui seluk-beluk dunia ghaib dan tata krama ketika mengambil sesuatu dari tempat-tempat angker. Karena mereka hanya menganggap jika Perkutut tersebut hanya burung biasa seperti burung-burung lain pada umumnya yang bisa ditangkap oleh siapa saja.

Itulah fenomena alam ghaib, terkadang apa yang terlihat tidak sama dengan kenyataan, terkadang apa yang menurut kita benar ternyata tidak berkenan bagi mahluk ghaib dan membuat mereka marah.

Para tukang pikat burung Perkutut jaman dulu rata-rata bukan orang biasa, mereka adalah orang-orang yang memiliki kemampuan / ilmu khusus untuk menghadapi hal-hal ganjil tentang Perkutut katuranggan yang tidak diketahui oleh orang awam.

Para tukang pikat Perkutut jaman dulu sering disebut sebagai Empu Perkutut. Mereka adalah orang-orang yang ahli tirakat dan bisa melihat dimensi lain.

Para Empu Perkutut juga mengetahui tata cara untuk menangkap Perkutut yang beryoni dan tahu mana burung Perkutut yang baik dipelihara dan yang tidak baik untuk dipelihara.


Oleh karena itu, ketika mendapatkan pesanan Perkutut katuranggan dari seseorang, biasanya seorang tukang pikat yang berpengalaman akan menanyakan hari kelahiran, profesi dan tujuan dari pemesannya untuk dicocokkan dengan jenis Perkutut yang akan dipelihara.

Bahkan terkadang, seorang tukang pikat akan melakukan tirakat terlebih dulu untuk meminta petunjuk tentang burung Perkutut apa yang baik untuk dipelihara dan dimana tempat keberadaannya.

Jadi tidak asal tangkap atau asal katuranggan saja, karena semua harus disesuaikan agar bisa selaras dan bisa membawa manfaat bagi pemiliknya. Seperti halnya Keris pusaka yang dipesan pada seorang Empu pasti akan disesuaikan dengan hari kelahiran, watak dan profesi pemesannya agar nantinya Keris yang dibuat bisa selaras dan membawa pengaruh positif bagi pemiliknya.

Oleh karena itulah, jangan sampai hanya karena ambisi ingin memiliki Perkutut yang beryoni justru akan mengorbankan sesuatu yang lebih berharga dan akan menjadi penyesalan seumur hidup.

Dari pada mengorbankan waktu, tenaga dan biaya hanya untuk memburu Perkutut beryoni, lebih baik memelihara burung Perkutut biasa yang suara anggungannya merdu dan bisa membuat hati nyaman dan bahagia ketika mendengarnya.

Jika kita merasa nyaman dan bahagia dengan Perkutut yang kita pelihara maka lama-kelamaan energi positif akan menaungi hidup kita sehingga kehidupan kita akan penuh keberuntungan, kesehatan, keselamatan, rejeki yang melimpah dan kebahagiaan tanpa perlu mengorbankan banyak hal.

Jika kita merasa bahagia dan sering bersyukur dengan apa yang kita miliki, maka TUHAN akan memberikan lebih banyak kenikmatan dan kebahagiaan tanpa kita memintanya.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, mitos dan tuah ghaib Perkutut Cemani Majapahit - Kol Buntet yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mitos Tuah Ghaib Perkutut Cemani Majapahit-Kol Buntet"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: