Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Khasiat dan Manfaat Tulang Ikan Duyung

gambar putri duyung
Ilustrasi (Foto: Pixabay.com)
Hartalangit.com – Menurut cerita legenda, ikan Duyung adalah makhluk air yang memiliki kepala dan tubuh seperti Manusia tapi memiliki ekor seperti ikan.

Dalam mitologi Yunani, ikan Duyung diceritakan sering menggoda para pelaut yang lalai dan jika sampai tergoda maka pelaut tersebut akan meninggal dunia.

Masyarakat Babilonia menganggap ikan Duyung sebagai dewa laut yang dikenal sebagai Ea atau Oannes yang digambarkan sebagai ikan Duyung jantan.

Tapi ikan Duyung yang nyata dan sering dijumpai adalah mamalia laut yang sering disebut Dugong. Tentu saja wujud Dugong sangat berbeda dengan ikan Duyung yang digambarkan dalam cerita-cerita legenda.

gambar dugong
Dugong
Dugong atau Duyung merupakan salah satu jenis hewan laut yang dilindungi karena saat ini populasinya semakin langka akibat perburuan liar yang terus dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Maraknya perburuan Dugong / Duyung tidak lepas dari adanya mitos yang berkembang di masyarakat tentang khasiat air mata dan tulang Duyung yang konon dapat digunakan untuk keperluan-keperluan yang berkaitan dengan dunia supranatural.

Oleh karena itu, jika tidak ada tindakan serius dari pemerintah dan pihak-pihak terkait maka hewan langka ini berpotensi akan mengalami kepunahan.

Ada beberapa faktor yang membuat populasi Dugong semakin langka. Di antaranya karena waktu reproduksinya cukup lama, yaitu sekitar 14 bulan mengandung dan membutuhkan waktu 10 tahun bagi anak Dugong untuk tumbuh dewasa. Interval perkawinan Dugong juga beragam, mulai dari 2,5 tahun sampai 5 tahun.

Selain faktor perburuan liar dan perkembangbiakannya yang cukup lama, kondisi habitat Dugong (padang lamun) yang semakin berkurang juga menjadi salah satu penyebab semakin langkanya populasi hewan ini diperairan Indonesia.

Dugong / Duyung sering diburu karena hampir seluruh bagian tubuh hewan ini dapat diperjual belikan, dari mulai daging, taring, tulang dan yang di anggap paling berharga adalah air matanya yang konon memiliki daya magis untuk sarana pemikat lawan jenis sehingga banyak yang memburunya seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya.


Pada artikel kali ini akan membahas tentang khasiat dan manfaat tulang ikan Duyung yang konon dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti penyakit usus dan paru-paru serta dapat menyerap racung didalam tubuh.
gambar pipa rokok tulang ikan duyung
Ilustrasi Tulang Ikan Duyung
Tulang ikan Duyung yang berwarna putih kekuningan akan berubah warna menjadi kehitaman jika digunakan untuk mengobati penyakit atau untuk menyedot bisa (racun) dan setelah beberapa saat warnanya akan kembali seperti semula.

Selain memiliki khasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, tulang ikan Duyung juga dapat digunakan sebagai sarana tolak bala dari serangan ilmu hitam seperti santet, teluh, guna-guna dan sejenisnya.

Biasanya tulang ikan Duyung dibuat menjadi berbagai macam aksesoris seperti cincin, liontin kalung, pipa rokok dan benda-benda lainnya.

Ada juga yang menggunakan tulang ikan Duyung sebagai komponen tambahan pada benda-benda pusaka. Contohnya di Banten tulang ikan Duyung sering digunakan sebagai komponen pada sarangka Golok karena dipercaya dapat menangkal sihir dan dapat menambah daya isoteri pada Golok yang menempatinya.


Demikian sedikit informasi tentang khasiat, manfaat dan kegunaan tulang ikan Duyung / Dugong yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar jimat dan benda-benda pusaka dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan Manfaat Tulang Ikan Duyung"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: