Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mitos Khasiat Ghaib Air Mata Duyung

gambar putri duyung asli
Ilustrasi Putri Duyung (Pixabay.com)
Hartalangit.com – Dugong atau Duyung merupakan satwa langka yang dilindungi karena populasinya semakin langka akibat perburuan liar yang terus dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Maraknya perburuan Dugong / Duyung tidak lepas dari adanya mitos yang beredar di masyarakat tentang khasiat ghaib air mata Duyung yang konon dapat digunakan sebagai sarana pelet / pemikat lawan jenis yang ampuh.

Wilayah perairan Indonesia yang sangat luas merupakan habitat dari berbagai macam satwa laut, salah satunya adalah mamalia laut bernama Dugong.

Diberbagai daerah hewan ini memiliki nama yang berbeda-beda, ada yang menyebutnya Sapi Laut dan sebagian besar masyarakat Indonesia menyebutnya sebagai Ikan Duyung.

Di Indonesia Dugong / Duyung termasuk satwa laut yang dilindungi karena populasinya semakin langka. Jika tidak ada tindakan serius dari pemerintah dan pihak-pihak terkait maka hewan langka ini akan mengalami kepunahan.


Ada beberapa faktor yang membuat populasi Dugong semakin langka. Di antaranya karena waktu reproduksinya cukup lama, yaitu sekitar 14 bulan mengandung dan membutuhkan waktu 10 tahun bagi anak Dugong untuk tumbuh dewasa. Interval perkawinan Dugong juga beragam, mulai dari 2,5 tahun sampai 5 tahun.

Selain faktor perburuan liar dan perkembangbiakannya yang cukup lama, kondisi habitat Dugong (padang lamun) yang semakin berkurang juga menjadi salah satu penyebab semakin langkanya populasi hewan ini diperairan Indonesia.

Dugong / Duyung sering diburu karena hampir seluruh bagian tubuh hewan ini dapat diperjual belikan, dari mulai daging, taring, tulang dan yang di anggap paling berharga adalah air matanya yang konon memiliki daya magis untuk sarana pemikat lawan jenis sehingga banyak yang memburunya.

gambar dugong / duyung
Dugong
Ketika Dugong di angkat keluar dari air maka kelenjar air matanya akan mengeluarkan cairan yang dikenal sebagai air mata Duyung.

Banyak yang mengira bahwa ketika ikan Duyung mengeluarkan air mata itu sedang menagis, padahal sebetulnya hal itu merupakan proses bilogis untuk melindungi mata Dugong.

Lendir (air mata) yang keluar tersebut berfungsi untuk menjaga kelembapan mata Dugong saat muncul ke permukaan air.

Tapi meskipun sebagian orang hanya menganggapnya sebagai mitos, nyatanya banyak yang telah membuktikan khasiat ampuh minyak pelet air mata Duyung sebagai sarana pemikat lawan jenis.

Untuk menggunakannya sebagai sarana pelet / pemikat lawan jenis biasanya air mata Duyung akan dicampur dengan minyak wangi non alkohol dan dibacakan mantra-mantra tertentu untuk membangkitkan daya magisnya.

Tentunya hal itu hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki kemampuan supranatural dan mengetahui cara meraciknya serta cara menggunakannya agar dapat berkhasiat. Jadi sebetulnya air mata Dugong hanya akan berkhasiat jika sudah dirituali.


Karena mitos itulah yang membuat Dugong sering diburu untuk di ambil air matanya sehingga mengancam kelestariannya. Padahal keberadaan Dugong di alam sangatlah penting karena hewan ini memiliki peran sebagai pengendali ekosistem laut yang tidak bisa diikat oleh biota laut lain.

Sebagai pemakan lamun, Dugong bisa memakannya dengan cara mengaduk substrat yang ada di bawah pasir laut. Hal itu akan membantu siklus nutrien di alam dan menyuburkan tanah yang ada di bawah perairan.

Oleh karena itulah sebaiknya hentikan perburuan Dugong agar hewan ini bisa tetap lestari. Jika tujuannya hanya ingin mengambil air matanya atau bagian-bagian tubuhnya untuk dijual atau dijadikan jimat tentunya hal itu tidak sepadan dengan efek negatif yang ditimbulkan.

Masih banyak cara lain untuk mencari uang dan masih banyak benda-benda lain yang bisa dijadikan sebagai jimat pemikat / pengasihan tanpa harus merusak kelestarian alam.


Demikian sedikit informasi tentang mitos, khasiat, manfaat dan kegunaan air mata Duyung yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar dunia spiritual dan supranatural dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mitos Khasiat Ghaib Air Mata Duyung"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: