Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Misteri dan Mitos Kukang Sebagai Media Sihir

gambar kukang api
Kukang
Hartalangit.com – Kukang merupakan satwa langka yang statusnya dilindungi. Hewan primata ini sering beraktivitas di antara ranting-ranting pohon didalam hutan dengan gerakan yang lambat dan terlihat seperti malu-malu.

Saat ini keberadaan Kukang sudah semakin langka karena sering diburu dan diperjual belikan dipasar gelap secara ilegal untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan atau untuk dikonsumsi dagingnya karena dipercaya berkhasiat sebagai obat kuat.

Meskipun memiliki penampilan yang lucu dan menggemaskan ternyata Kukang merupakan hewan yang penuh mitos dan di anggap memiliki kekuatan ghaib.

Bahkan ada jenis Kukang yang konon tahan terhadap api atau yang biasa disebut Kukang Api. Kukang jenis ini memiliki bulu-bulu berwarna kemerahan dan matanya menyala merah jika disorot cahaya.

Selain anti api, konon Kukang Api juga bisa menghilang dari kurungan besi sekalipun jika ada petir yang menyambar dengan keras.

Keanehan-keanehan itulah yang membuat Kukang Api di anggap sebagai hewan mistis yang memiliki kekuatan ghaib sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk berbagai macam keperluan, terutama yang berhubungan dengan dunia supranatural.

Keberadaan Kukang sering dihubungkan dengan hal-hal berbau klenik, mulai dari sebagai media santet, pelet atau ilmu hitam lainnya. Selain di anggap memiliki kekuatan ghaib, dibeberapa daerah Kukang juga juga di anggap sebagai hewan pembawa sial.


Di Jawa Barat, Kukang di anggap hewan pembawa sial. Konon Kukang dapat menjauhkan rezeki dan menyebabkan kecelakaan atau nasib buruk lainnya bagi orang yang memeliharanya.

Keberadaan Kukang juga dipercaya dapat menyebabkan malapetaka jika darahnya sampai jatuh ke tanah. Bahkan konon dapat menyebabkan keretakan dalam rumah tangga dan perceraian.

Tapi didaerah Sumatera, Kukang justru dipercaya dapat membawa keberuntungan dan dapat melanggengkan rumah tangga orang yang memeliharanya. Kukang juga dapat dijadikan tumbal (sesaji) untuk pembangunan jalan atau jembatan.

Bagian-bagian tubuh kukang sering digunakan sebagai media sihir. Contohnya tulang tangan Kukang yang dipercaya dapat digunakan sebagai sarana untuk menghancurkan bisnis / usaha orang lain.

Konon jika tulang tangan Kukang digoreskan ke tanah maka orang yang dituju akan merasakan hawa panas dan lama-kelamaan bisnisnya akan hancur. Mitos lainnya, kulit Kukang bisa digunakan untuk membuat suasana rumah menjadi panas dan tidak betah ditinggali.


Di Jawa, Kukang juga di anggap sebagai salah satu hewan bertuah yang memiliki banyak khasiat, sehingga pada jaman dulu bagian-bagian tubuh hewan ini sering digunakan sebagai jimat dan untuk melakukan ritual-ritual yang berkaitan dengan hal-hal supranatural..

Dalam Serat Centhini bagian 8 disebutkan tentang khasiat dan manfaat Kukang, antara lain:

- Bagian kepala Kukang jika diletakkan di ubun-ubun dapat memberikan keselamatan dan tidak ada senjata musuh yang bisa mengenai.

- Otak Kukang jika dicampur dengan minyak kemudian dioleskan ditubuh dapat menjadikan seseorang lebih tegas dan kebal senjata.

- Bagian bibir dan lidah Kukang dapat dijadikan jimat agar terhindar dari sambaran petir.

- Bagian taring dan kuku Kukang jika digunakan untuk menggaruk orang yang sedang tidur dapat menyebabkan orang tersebut meninggal. Tapi jika taring dan kuku tersebut hanya digosokkan saja maka orang yang sedang tidur tersebut akan menjadi kaku.

- Darah Kukang jika dijadikan palis mata maka siapapun yang melihat akan menjadi sayang. Dan jika darahnya dicampur dengan air susu kemudian di oleskan pada periuk konon apapun yang dimasak tidak akan matang.

- Bulu Kukang jika disebar didalam rumah maka pencuri tidak akan bisa melihat apa-apa didalam rumah tersebut.

- Bagian pusar Kukang dapat digunakan sebagai obat untuk orang yang sedang menderita sakit busung (perut kembung).

- Bagian mata kanan Kukang jika dicampur dengan getah serut dan air mata kemudian digunakan sebagai palis mata maka orang lain tidak akan bisa melihatnya. Jika di oleskan pada tiang rumah sebelum bepergian maka rumah tersebut tidak akan kecurian.

- Bagian mata kiri Kukang jika dicampur dengan minyak kasturi dan kapur barus dapat menjadikan seseorang dikasihi oleh orang lain, baik laki-laki maupun perempuan.


Menurut kepercayaan orang-orang tua dulu, Kukang tidak baik dijadikan hewan peliharaan karena hewan mungil ini merupakan inang (tempat tinggal dan tumbuh) mahluk ghaib.

Sampai saat ini khasiat mistis Kukang masih dipercaya oleh banyak orang, terutama minyak Kukang yang sering digunakan sebagai media pelet / pemikat lawan jenis. Minyak pelet Kukang sangat melegenda di Kalimantan dan konon berasal dari Suku Dayak.
gambar minyak kukang berampit asli dayak
Ilustrasi Minyak Kukang Berampit
Konon proses pembuatan minyak pelet Kukang di awali dengan menyembelih Kukang pada malam bulan purnama, kemudian lemak yang ada pada bagian tubuh dan mukanya di ambil lalu dijemur dibawah terik matahari secara langsung dengan cara digantung agar minyaknya menetes.

Minyak Kukang yang telah terkumpul kemudian dimasukkan kedalam cupu. Agar minyak tersebut berkhasiat maka harus di rituali dulu dan dibacakan mantra-mantra tertentu agar bisa berfungsi sebagai minyak pelet yang ampuh.


Setiap satu minggu atau satu bulan sekali minyak pelet Kukang tersebut harus di asapi kemenyan sebagai sesaji agar khasiatnya tetap terjaga.

Cara menggunakan minyak pelet Kukang juga sangat mudah, minyak ini cukup dibawa saja karena meskipun hanya dibawa khasiatnya sudah cukup ampuh untuk menarik perhatian lawan jenis.

Apalagi jika minyak pelet Kukang bersentuhan dengan kulit orang yang menjadi target, maka orang tersebut akan tergila-gila dan rela melakukan apa saja agar tidak berpisah dengan orang yang memikatnya menggunakan minyak pelet Kukang.

Kukang merupakan hewan eksotis yang penuh mitos dan dipercaya memiliki daya magis yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan tertantu.

Ironisnya, mitos-mitos tersebut menjadi salah satu faktor penyebab maraknya perburuan dan perdagangan Kukang sehingga menyebabkan populasinya di alam bebas menjadi semakin langka. Padahal Kukang merupakan satwa dilindungi yang seharusnya dilestarikan.


Demikian sedikit informasi tentang misteri dan mitos Kukang sebagai media sihir yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar dunia spiritual dan supranatural, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Misteri dan Mitos Kukang Sebagai Media Sihir"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: