Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Amalan Wirid Ayat Kursi Untuk Menarik Rezeki dan Kekayaan

gambar kaligrafi ayat kursi 3d
Ayat Kursi
Hartalangit.com – Ayat Kursi disebut juga sebagai “ayat fadhilah”. Fadhilah artinya keutamaan atau anugerah yang paling indah karena ayat Kursi merupakan ayat yang paling istimewa didalam Al-Qur’an dibanding ayat-ayat lainnya.

Menurut riwayat, ayat Kursi diturunkan pada suatu malam selepas Hijrah dengan disertai oleh ribuan Malaikat sebagai pengantarnya, hal itu dikarenakan kebesaran dan kemuliaan dari ayat Kursi.

Turunnya ayat Kursi membuat Syaitan dan Iblis gempar dan ketakutan karena ayat ini akan menjadi penghalang perjuangan mereka dalam menjerumuskan Manusia.

Ayat ini disebut ayat Kursi karena didalamnya terdapat kalimat “kursi” yang artinya tempat duduk yang megah lagi yang mempunyai martabat.


Ayat Kursi merupakan ayat yang paling agung didalam Al-Qur'an karena ayat ini memiliki keutamaan yang sangat besar dan didalamnya menjelaskan tentang keagungan kursi ALLAH SWT yang meliputi langit dan bumi.

Ada banyak sekali khasiat dan manfaat ayat Kursi jika di amalkan secara istiqomah, baik untuk memohon ampunan dan penghapusan dosa-dosa kecil, untuk keselamatan, untuk pengobatan, untuk kekayaan, untuk kecerdasan atau untuk hajat-hajat lainnya.

Abu Abdillah berkata: Rasulullah bersabda “ayat Kursi ini diturunkan oleh ALLAH Yang Maha Agung. ALLAH menjadikan pahala ayat Kursi bagi yang membacanya. Pahala yang diberikan itu dengan segera dan nanti. Adapun pahala yang disegerakan yaitu bahwa ayat Kursi akan menjaga orang yang membacanya dari berbagai macam bencana”

Setidaknya ada 95 hadist yang menyebutkan tentang keutamaan dan manfaat dari mengamalkan ayat Kursi. Berdasarkan dari hadist-hadist itulah kemudian banyak orang yang mengamalkan ayat Kursi untuk berbagai macam hajat.


Bacaan Latin Ayat Kursi:

ALLAHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUMU. LAA TA’KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUM. LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDHI. MAN DZAL LADZII YASFA’U ‘INDAHUU ILLAA BI IDZNIHI. YA’LAMU MAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHALFAHUM. WA LAA YUHITHUUNA BI SYAI-IN MIN ‘ILMIHII ILLAA BI MAASYAA-A. WASI’A KURSIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDHA. WA LAA YA-UDHUU HIFZHUHUMAA WAHUWAL ‘ALIYYUL AZHIIM.

Terjemahan Ayat Kursi:

ALLAH, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang dilangit dan dibumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi ALLAH tanpa izin-Nya. ALLAH mengetahui apa-apa yang dihadapan mereka dan dibelakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu ALLAH melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi ALLAH meliputi langit dan bumi. Dan ALLAH tidak merasa berat memelihara keduanya, dan ALLAH Maha Tinggi lagi Maha Besar.


Manfaat Membaca Ayat Kursi:

Jika melihat dari terjemahannya, para pengamal ilmu hikmah menyatakan ada 7 manfaat atau hikmah dari ayat Kursi. Ke-7 hikmah ayat Kursi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. Memperkuat iman: “ALLAH, tidak ada Tuhan melainkan Dia”

2. Untuk ketenangan batin: “Dia Yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya”

3. Untuk perlindungan: “Tidak mengantuk dan tidak tidur”

4. Mengabulkan segala hajat: “Kepunyaan-Nya apa yang dilangit dan dibumi”

5. Solusi segala permasalahan: “Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi ALLAH tanpa izin-Nya”

6. Mendapat ilmu pengetahuan dan kecerdasaan: “ALLAH mengetahui apa-apa yang dihadapan mereka dan dibelakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu ALLAH melainkan apa yang dikehendaki-Nya”

7. Mendapatkan derajat yang tinggi: “Kursi ALLAH meliputi langit dan bumi. Dan ALLAH tidak merasa berat memelihara keduanya, dan ALLAH Maha Tinggi lagi Maha Besar”

Perlu di ingat bahwa dari tujuh khasiat dan manfaat ayat Kursi tersebut, fungsi utamanya adalah sebagai pengingat agar kita selalu ingat akan kebesaran ALLAH sebagaimana yang dijelaskan didalam setiap maknanya.

Dengan mengamalkan ayat Kursi secara istiqomah dan menghayati makna yang terkandung dalamnya, maka kita akan merasakan manfaat yang sangat besar.


Cara mengamalkan ayat Kursi untuk berbagai macam hajat:

Setiap amalan memiliki bilangan yang unik dan berbeda antara yang satu dengan yang lain, karena setiap bilangan yang ditentukan oleh ALLAH SWT memiliki nilai keberkahan yang luar biasa.

Bilangan-bilangan yang telah ditetapkan oleh ALLAH SWT dan Rasulullah SAW dalam berbagai keterangan sungguh sangat banyak dan semua itu terkait dengan rahasia kebesaran ALLAH SWT.

Demikian juga dengan pengamalan ayat Kursi sebanyak 170 kali yang merupakan jumlah keseluruhan kata yang terdapat didalam ayat Kursi.

Syeikh Al-Bunni mengatakan:

“Barang siapa yang membaca ayat Kursi sebanyak hitungan hurufnya (170) insyaAllah Tuhan akan memberi pertolongan dalam segala hal dan menunaikan segala hajatnya, melapangkan pikirannya, dihilangkan kedukaannya, diluluskan rezekinya dan dikabulkan apa yang menjadi hajatnya”

Orang yang mengamalkan ayat Kursi sebanyak 170 kali ditengah malam setelah melakukan sholat hajat atau sholat tahajud secara istiqomah maka akan terkabul hajatnya, memperoleh hidayah dan petunjuk dari ALLAH SWT, memiliki kecerdasan intelektual dan spiritual, menjadi terang hatinya, terlepas dari segala masalah dan kesulitan serta dimudahkan rezeki dan cita-citanya.

Sebelum mulai membaca ayat Kursi sebaiknya awali dengan tawasul mengirim Al-Fatihah kepada Nabi Muhammad SAW, Syekh Abdul Qadir al Jaelani dan kedua orang tua.

Setelah selesai wirid ayat Kursi sebanyak 170 kali kemudian dilanjutkan dengan berdoa dan di akhiri dengan sholawat 1000 kali.


Syeikh Muhyidin ibn al-Arabi Ra mengatakan:

Barang siapa yang membaca ayat Kursi sebanyak 170 kali maka ia akan mendapatkan banyak sekali manfaat, antara lain:

1. Memiliki derajat yang tinggi di kalangan Manusia.

2. Dicintai, disegani dan dimuliakan oleh penguasa.

3. Dibukakan baginya pintu-pintu keberuntungan.

4. Diberi ilmu dan pikiran bijaksana lahir batin.

5. Manusia, Jin dan Syetan ditaklukkan baginya.

6. Jika dia akan di uji oleh orang alim dengan banyak pertanyaan maka penguji itu seketika lupa dengan pertanyaannya.

Barang siapa yang mempunyai kebutuhan tetapi tidak mempunyai jalan untuk datangnya rezeki, maka hendaklah membaca ayat Kursi sebanyak 170 kali dan membaca: “ya Ghaniy, ya Fattah, ya Razzaq, ya Kafi” sebanyak 3000 kali, maka ALLAH akan menjadikannya kaya dan dibukakan baginya jalan rezeki yang disukainya.

Amalan wirid ayat Kursi 170 kali ini menjadi amalan ayat Kursi yang paling sering di amalkan karena cukup ringan untuk dilakukan dan memiliki fadhilah yang besar.

Selain di amalkan dengan bilangan 170, ayat Kursi juga sering di amalkan dengan bilangan lain, yaitu 3, 7, 9, 11, 41, 70, 99, 100, 313, 333, 777, 1000, 4000 dan 70000.

Setiap bilangan memiliki maksud dan tujuan yang berbeda. Oleh karena itu dalam pengamalan wirid ayat Kursi sebaiknya kita mengetahui maksud dan tujuan dari jumlah bacaannya agar bisa selaras dengan hajat dan kebutuhan kita.


Demikian sedikit informasi tentang fadhilah membaca ayat Kursi 170 kali yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar doa dan amalan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Amalan Wirid Ayat Kursi Untuk Menarik Rezeki dan Kekayaan"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: