Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Sholawat dan sedekah adalah kunci hidup bahagia dan banyak rejeki

manfaat sholawat dan sedekah

Hartalangit.com - Bersholawat kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW merupakan suatu amalan yang bernilai ibadah dalam Islam. Bahkan anjuran untuk bersholawat juga tertulis didalam Al-Qur'an surat Al-Azab ayat 56, Allah berfirman:

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya"

Kanjeng Nabi Muhammad SAW juga menegaskan agar kita senantiasa bersholawat kepada beeliau dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dari Ibnu Mas’ud RA. Rasululloh bersabda:

"Manusia yang paling patut berkumpul denganku adalah yang paling banyak bersholawat kepadaku"


Berikut ini beberapa khasiat Sholawat:

• Barang siapa membaca Sholawat hanya di lisan saja tanpa konsentrasi, maka Allah akan memberikan pahala sebesar gunung, dan para Malaikat selalu mendo'akan serta memintakan ampunan baginya. Dan apabila membaca Sholawat dengan hadirnya hati (konsentrasi) maka hanya Allah sendiri yang mengetahui pahalanya.

• Barang siapa berholawat atas Nabi Muhammad SAW sebanyak 1 kali, maka Allah akan memberikan rahmat baginya 10 kali lipat.

• Barang siapa bersholawat atas Nabi Muhammad SAW sebanyak 1000 kali, maka dia akan diberikan kebahagiaan dapat melihat surga sebelum mati, dan tidak akan mati kecuali sudah mengetahui tempatnya di surga.

• Barang siapa membaca Sholawat 1000 kali, maka dia akan dijauhkan dari panasnya api neraka jahanam.

• Barang siapa membaca Sholawat 100 kali, maka Allah akan menjauhkannya dari sifat munafiq serta menyelamatkannya dari siksa api neraka dan besok pada hari kiamat dia akan dikumpulkan dengan golongan para syuhada.

• Barang siapa membaca Sholawat sebanyak 100 kali, maka Allah akan memenuhi 100 hajatnya, yang 70 hajat dipenuhi di akhirat dan yang 30 hajat dipenuhi di dunia.

• Barang siapa membaca Sholawat 1 kali, maka para Malaikat akan membacakan Sholawat padanya sebanyak 70.000 kali.

• Barang siapa yang istiqomah membaca Sholawat atas Nabi Muhammad SAW, maka dia akan di hormati oleh semua mahluk yang ada di langit dan di bumi.

• Barang siapa membaca Sholawat atas Nabi Muhammad SAW dengan suara yang keras, maka akan di ampuni oleh Allah semua dosa-dosanya.

• Di antara do'a dan Allah itu ada hijabnya, pada waktu di bacakan Sholawat atas Nabi Muhammad SAW maka hijab itu akan terbuka dan do'a akan di kabulkan oleh Allah SWT.

• Orang yang paling dekat dengan Nabi Muhammad SAW besok di hari kiamat adalah orang yang banyak membaca Sholawat atas Nabi Muhammad SAW.

• Barang siapa membaca Sholawat Nabi atau Sholawat Jibril sebanyak 40 kali pada hari Jum'at, maka Allah akan melebur semua dosa-dosanya selama 80 tahun.

Sholawat Nabi:

"Allohumma Sholli 'Ala Sayyidina Muhammad Wa'ala Ali Sayyidina Muhammad"

Sholawat Jibril:

"Shollallohu 'ala Muhammad"


Dari semua uraian di atas, sangat jelas bahwa Sholawat memiliki keutamaan yang sangat besar dan merupakan kunci dari Dunia dan Akhirat.

Oleh karena itu, jika kita menginginkan terkabulnya hajat kita, baik untuk tujuan Dunia maupun untuk tujuan Akhirat, maka bersholawat kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW adalah kunci/mahar untuk menebusnya.

Bahkan Manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT, yaitu Nabi Adam AS juga membaca Sholawat sebagai mahar untuk menikahi Siti Hawa dan untuk memohon ampunan dari Allah SWT ketika diturunkan ke Dunia karena melanggar larangan.

Dari kisah tersebut dapat kita petik pelajaran bahwa Sholawat merupakan amalan yang paling tua dari amalan-amalan lainnya dan sudah ada sejak Manusia pertama kali diciptakan. Padahal ketika itu Kanjeng Nabi Muhammad SAW belum dilahirkan, tapi Sholawat atas beliau telah ada. Itu membuktikan betapa besarnya kecintaan Allah SWT kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW junjungan kita.

Jadi, sebagai umat Islam dan sebagai umatnya Kanjeng Nabi Muhammad SAW, kita harus bersholawat kepada beliau, selain untuk mendapatkan keutamaan dan pahalanya, juga sebagai bukti cinta kita kepada beliau.

Bacalah Sholawat sebanyak-banyaknya setiap saat, setiap waktu, kapanpun dan dimanapun kecuali pada saat di toilet. Ketika sedang melakukan aktivitas apapun, ingatlah untuk selalu bersholawat sebanyak-banyaknya kalau bisa tanpa putus walaupun hanya di ucapkan dalam hati karena Allah maha mengetahui.

Jika kita istiqomah dalam mengamalkannya, maka yakinlah bahwa apapun yang kita inginkan, apapun hajat kita pasti akan dikabulkan.

Jika kita ingin hidup bahagia penuh keberkahan dan banyak rejeki, maka amalkan Sholawat dengan ikhlas dan stiqomah.

Dengan membaca Sholawat maka semua pintu-pintu yang tertutup akan mulai terbuka, rejeki akan datang dari segala arah, hati dan pikiran akan menjadi terang penuh dengan ide dan kreatifitas, selalu dilindungi dari segala mara bahaya, di tinggikan derajadnya dan di muliakan kedudukannya.

Dengan bersholawat kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW yang merupakan kekasih Allah SWT, maka cinta dan kasih sayang Allah juga akan selalu menaungi langkah kita. Oleh karena itu bacalah Sholawat mulai sekarang juga sebanyak-banyaknya tidak perlu dihitung, biar Allah yang menghitungnya.

Selain bersholawat, kombinasikan juga dengan bersedekah terutama kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkan, karena energi kebahagian dan kelegaan dari orang tersebut ketika menerima sedekah dari kita akan dikembalikan oleh Allah kepada kita berkali-kali lipat.

Itulah mengapa kita dianjurkan untuk bersedekah, karena sedekah bukan hanya membersihkan diri kita dari dosa, tetapi keutamaan sedekah juga dapat mendatangkan rezeki yang berlipat ganda dari yang sudah kita keluarkan. Dan ini nyata karena Allah tidak akan pernah mengingkari janjinya.

Jadi, mulailah bersedekah sekarang juga. Sisihkan rejeki kita untuk orang lain yang benar-benar membutuhkan karena efek baliknya sangat luar biasa. Sedekah yang kita keluarkan akan dikembalikan oleh Allah berlipat ganda, minimal 10 kali lipat.

Allah berfirman:

"Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrah-Nya) lagi Maha Mengetahui" (Qs. Al-Baqoroh: 261)

Sedekah juga dapat memanjangkan umur, seperti sabda Rasululloh:

"Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri" (HR. Thabrani).

Makna panjang umur menurut beberapa ulama ada yang bermakna denotasi (makna sebenarnya). Artinya umurnya benar-benar dipanjangkan oleh Allah SWT. Tapi sebagian yang lain menafsirkan secara konotasi bahwa yang dimaksud dengan dipanjangkan umurnya adalah keberkahan dari usianya selama hidup. Bahkan setelah kematiannya pun segala amal sedekahnya akan selalu dikenang dan disebut-sebut banyak orang sehingga menjadi contoh untuk melakukan hal serupa itu.

Jadi, jika ingin hidup bahagia penuh keberkahan dan banyak rejeki, jadikan Sholawat dan sedekah sebagai kebiasaan karena dengan bersholawat dan bersedekah, maka pintu-pintu rejeki langit dan bumi akan terbuka.


Demikian sedikit informasi tentang Sholawat dan sedekah adalah kunci hidup bahagia dan banyak rejeki yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Dunia Spiritual dan Supranatural, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Sholawat dan sedekah adalah kunci hidup bahagia dan banyak rejeki"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: