Advertisement

9 Perkutut Katuranggan Yang Namanya Sama Dengan Pamor Keris

gambar perkutut pedaringan kebak dan keris pamor pedaringan kebak
Perkutut & Keris (Pedaringan Kebak)
Hartalangit.com – Perkutut katuranggan dan Keris pusaka diyakini memiliki tuah atau daya magis yang bisa di manfaatkan untuk tujuan-tujuan tertentu.

Masyarakat Jawa menyebut Keris dengan istilah Tosan Aji yang artinya besi yang berharga, sedangkan Perkutut disebut Peksi Aji yang artinya burung yang berharga.

Antara Perkutut katuranggan dan Keris pusaka memiliki beberapa kesamaan, dari mulai nama, tangguh dan juga tuahnya.

Pada artikel kali ini akan membahas tentang 9 Perkutut Perkutut katuranggan yang namanya sama dengan pamor Keris pusaka.


Berikut ini 9 Perkutut katuranggan yang namanya sama dengan Pamor Keris:

1. Perkutut Katuranggan Banyu Mili

Perkutut Banyu Mili memiliki ciri khusus terdapat belahan pada bulu-bulu dibagian leher yang nyambung sampai ke bagian perut. Belahan tersebut terlihat sangat jelas dan tidak terputus.

Perkutut katuranggan Banyu Mili dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kelancaran rejeki dan untuk ketentraman keluarga.

Banyu Mili juga merupakan nama salah satu pamor Keris  yang cukup  terkenal dan banyak di cari oleh para penggemar Tosan Aji.

Bentuk motif pamor Banyu Mili berupa garis-garis membujur dari pangkal sampai ujung bilah Keris menyerupai aliran air, sehingga di sebut Bayu Mili yang artinya air mengalir.

Seperti halnya Perkutut Banyu Mili, Keris berpamor Banyu Mili (Ilining Warih) juga dipercaya memiliki tuah untuk kerejekian dan ketentraman keluarga.


2. Perkutut Katuranggan Pedaringan Kebak

Perkutut Pedaringan Kebak memiliki ciri khusus pada luriknya atau corak garis-garis pada bagian leher dan dadanya yang nyambung (tepung) sehingga Perkutut ini  juga sering disebut Perkutut Kalung Tepung / Kalung Tempuk.

Perkutut katuranggan Pedaringan Kebak (Kalung Tepung) dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kemakmuran.

Pedaringan Kebak juga merupakan nama salah satu pamor Keris yang cukup populer dan banyak dijumpai. Gambaran pamornya hampir memenuhi seluruh permukaan bilah Keris.

Pamor Pedaringan Kebak dipercaya memiliki tuah untuk membantu memudahkan pemilikinya dalam mencari rejeki sesuai dengan filosofi namanya.

"Pedaringan" adalah tempat untuk menyimpan beras yang biasa digunakan oleh orang Jawa jaman dulu, sedangkan "Kebak" artinya penuh. Jadi, Pedaringan Kebak bisa di artikan "tempat / wadah beras yang selalu penuh" untuk melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran.


3. Perkutut Katuranggan Pancuran Mas

Perkutut Pancuran Mas memiliki ciri khusus terdapat belahan pada bagian leher atau dadanya. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk memudahkan dalam mencari rejeki dan mengumpulkan kekayaan.

Pancuran Mas juga merupakan nama salah satu pamor Keris yang cukup langka dan dipercaya memiliki tuah ampuh untuk memudahkan pemiliknya dalam mencari rejeki dan mengumpulkan kekayaan.

Bentuk motif pamor Pancuran Mas berupa garis lurus ditengah-tengah bilah Keris seperti bentuk pamor Sodo Lanang, tapi pada bagian sor-soran berbentuk cabang seperti lidah ular dan tembus kebagian gonjo.

Keris dengan Pamor Pancuran Mas tergolong tidak pemilih, artinya siapa saja bisa cocok memilikinya. Tapi meskipun bisa dimiliki oleh siapa saja, Keris berpamor Pancuran Mas dinilai lebih cocok jika dimiliki oleh para pedagang dan pengusaha.


4. Perkutut Katuranggan Udan Mas

Perkutut Udan Mas lokal alam memiliki ciri khusus pada bulu-bulunya yang berwarna coklat kekuningan dan lurik yang melingkar pada bagian lehernya berwarna kekuningan seperti warna emas.

Perkutut katuranggan Udan Mas dipercaya memiliki tuah paling ampuh untuk memudahkan datangnya rejeki dan kekayaan.

"Udan Mas" artinya "Hujan Emas", sesuai dengan namanya, Perkutut katuranggan Udan Mas dipercaya dapat mendatangkan rejeki yang melimpah bagi pemiliknya yang di ibaratkan seperti hujan emas.

Udan Mas juga merupakan nama salah satu pamor Keris pusaka yang sangat terkenal dan banyak di cari oleh para pengusaha karena dipercaya memiliki tuah ampuh untuk mendatangkan kekayaan dan meraih kejayaan.

Bentuk pamor Udan Mas berupa bulatan-bulatan bersusun yang tersebar dihampir seluruh permukaan bilah Keris, mulai dari pangkal sampai ujung bilah Keris.

Bulatan-bulatan pada pamor Udan Mas tiban terselip di antara pamor Wos Wutah dan terkadang juga ada sebagian yang terpisah dari pamor lainnya.

Sedangkan pada pamor Udan Mas rekan, susunan bulatan-bulatannya lebih rapi membentuk pola 2-1-2 yang tersusun disepanjang bilah Keris dari pangkal sampai ujung bilah.


5. Perkutut Katuranggan Satrio Pinayungan

Perkutut Satrio Pinayungan memiliki ciri khusus terdapat sehelai bulu berwarna putih di atas kepalanya dengan posisi tepat ditengah kepala. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk perlindungan dan kepemimpinan.

Satrio Pinayungan juga merupakan nama Pamor Keris yang bentuk motifnya hampir serupa dengan pamor Kudung tapi dibawahnya terdapat pamor lain. Keris berpamor Satrio pinayungan juga dipercaya memiliki tuah untuk perlindungan dan untuk wibawa kepemimpinan.


6. Perkutut Katuranggan Junjung Drajat

Perkutut Junjung Drajat memiliki ciri khusus terdapat bulu putih pada pangkal paha bagian bawah. Bulu putih tersebut akan tetap tumbuh lagi setelah proses mabung atau tercabut. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk meningkatkan derajat pemiliknya.

Junjung Drajat juga merupakan nama pamor Keris pusaka yang sangat terkenal dan banyak di cari oleh para pejabat karena dipercaya memiliki tuah ampuh untuk meningkatkan derajat pemiliknya.

"Junjung Drajat" artinya mengangkat derajat. Karena kepercayaan itulah yang membuat banyak orang ingin memiliki Keris berpamor Junjung Drajat.

Pamor Junjung Drajat pada Keris berbentuk garis-garis segitiga seperti anak panah atau bentuk gunung dengan ujung yang lancip.


7. Perkutut Katuranggan Buntel Mayit

Perkutut Buntel Mayit memiliki ciri khusus terdapat sehelai bulu besar berwarna putih pada salah satu sayapnya. Bulu putih tersebut akan tetep tumbuh lagi dengan warna yang sama setelah tercabut atau rontok karena mabung.

Banyak yang beranggapan bahwa Perkutut Buntel Mayit tidak baik untuk di pelihara, padahal jika di pahami makna filosofinya, Perkutut Buntel Mayit termasuk salah satu Perkutut katuranggan yang sangat baik untuk di pelihara.

Buntel Mayit atau Buntel Mayat juga merupakan nama salah satu pamor Keris yang cukup terkenal dikalangan pecinta Tosan Aji.

Bentuk pamor ini menyerupai lilitan kain dari pangkal sampai ujung bilah Keris. Banyak yang beranggapan jika pamor ini kurang baik untuk dimiliki, padahal sebetulnya Pamor Buntel Mayat memiliki tuah ampuh untuk mencapai kejayaan. Tapi pamor ini tergolong pemilih, jika tidak cocok tuahnya tidak akan berfungsi.


8. Perkutut Katuranggan Puser Bumi

Perkutut Puser Bumi memiliki ciri khusus terdapat cekungan pada bagian temboloknya seperti pusar. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk Pagar Ghaib.

Perkutut katuranggan Puser Bumi konon mampu menyerap dan menetralkan energi negatif yang ada disekitarnya, termasuk serangan ilmu hitam seperti santet, teluh, guna-guna dan sejenisnya tidak akan bisa tembus jika targetnya memiliki Perkutut Puser Bumi.

Energi ghaib Perkutut Puser Bumi bersifat dingin dan netral sehingga bisa meredam atau menetralkan energi negatif dari serangan ilmu hitam.

Puser Bumi juga merupakan nama salah pamor Keris yang cukup langka dan banyak dicari oleh para kolektor dan pecinta Tosan Aji.

Biasanya pamor ini terletak dibagian sor-soran Keris dan bentuknya berupa bulatan-bulatan melingkar berlapis-lapis yang ukurannya cukup besar.

Pamor Puser Bumi dipercaya memiliki tuah untuk perlindungan diri dan untuk menjaga rumah tapi sifatnya pemilih, jadi tidak semua orang bisa cocok memilikinya.


9. Perkutut Cemani Kul Buntet

Perkutut Cemani Kol Buntet memiliki ciri khusus pada bulu-bulunya yang berwarna hitam dan lurik pada bagian leher, dada sampai bagian perutnya nyambung atau tepung. Perkutut Cemani Kol Buntet lokal alam dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan dan tolak bala.

Kol Buntet juga merupakann nama salah satu pamor Keris pusaka yang bentuknya berupa garis melingkar menyerupai obat nyamuk dan biasanya terletak dibagian sor-soran.

Seperti halnya Perkutut Cemani Kol Buntet, Keris berpamor Kol Buntet juga tergolong pemilih dan dipercaya memiliki tuah ampuh untuk perlindungan dan tolak bala.


Demikian sedikit informasi tentang 9 Perkutut katuranggan yang namanya sama dengan pamor Keris yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan dan Keris pusaka dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "9 Perkutut Katuranggan Yang Namanya Sama Dengan Pamor Keris"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: