Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tuah Perkutut katuranggan Satrio Pinayungan

gambar perkutut satrio pinayungan
Perkutut Katuranggan Satrio Pinayungan

Hartalangit.com - Perkutut katuranggan memang memiliki daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang percaya adanya tuah atau angsar pada Perkutut yang memiliki katuranggan/ciri mathi tertentu. Salah satunya adalah Perkutut katuranggan Satrio Pinayungan yang dipercaya memiliki tuah untuk perlindungan dan keselamatan bagi pemiliknya.

Satrio Pinayungan secara harfiah dapat diartikan "seorang ksatria yang selalu dipayungi/dinaungi/dilindungi, atau seorang ksatria yang selalu dalam lindungan Tuhan".


Ciri-ciri Perkutut katuranggan Satrio Pinayunagan yaitu terdapat sehelai bulu berwarna putih pada bagian tengah kepalanya dan tidak ada ciri-ciri lainnya. Bulu putih tersebut akan tetap tumbuh lagi jika dicabut atau rontok karena mabung.

Perkutut katuranggan selalu identik dengan Perkutut lokal alam. Jadi jika yang memiliki ciri tersebut adalah Perkutut Bangkok, maka biasanya tidak akan di anggap sebagai sebuah ciri mathi atau tidak di anggap memiliki tuah.

Setiap mahluk didunia ini memang telah ditakdirkan dengan nasibnya masing-masing. Ada beberapa yang dikaruniai keistimewaan khusus oleh Sang Pencipta dengan diberikan tanda atau ciri tertentu sebagai penanda untuk membedakannya dengan yang lain.

Begitu juga dengan Perkutut katuranggan Satrio Pinayungan yang diberikan ciri khusus yaitu adanya sehelai bulu berwarna putih ditengah kepala yang membedakannya dengan burung Perkutut lain pada umumnya yang tidak memiliki tuah.


Adanya ciri tersebut merupakan penanda bahwa burung Perkutut tersebut memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh burung Perkutut pada umumnya.

Tentu saja adanya keistimewaan tersebut telah dipelajari dengan seksama oleh para leluhur kita yang memahami ilmu tanda, yaitu tentang tuah atau manfaatnya bagi Manusia, khususnya orang yang memeliharanya.

Tapi semua itu kembali lagi pada keyakinan masing-masing, karena jika memang benar Perkutut katuranggan Satrio Pinayungan memiliki tuah untuk perlindungan dan keselamatan, maka semua itu hanya sebagai perantara saja, karena semua perlindungan dan keselamatan asalnya hanya dari Allah semata.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu terobsesi pada hal-hal semacam itu karena jika tidak dapat memahami makna dan maksudnya dengan benar justru bisa menjerumuskan kita pada kesesatan, apalagi sampai memuja atau mengagungkan mahluk. Karena sejatinya, semua mahluk tidak memiliki daya dan kekuatan apapun kecuali atas seizin Allah SWT yang menciptakannya.

Perkutut katuranggan Satrio Pinayungan juga merupakan pitutur atau nasehat, terutama untuk para pemimpin agar bisa menjadi Manusia yang berjiwa ksatri, selalu bersikap jujur, adil, selalu membela kebenaran dan lebih mengutamakan kepentingan rakyatnya atau orang-orang yang dipimpinnya.

Dengan memiliki sifat-sifat ksatria tersebut, maka dia akan menjadi ksatria terpilih yang senantiasa mendapat perlindungan dan pengayoman dari TUHAN.


Demikian sedikit informasi tentang tuah Perkutut katuranggan Satrio Pinayungan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube: Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tuah Perkutut katuranggan Satrio Pinayungan"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: