Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Khasiat dan Manfaat Batu Meteor

gambar meteor jatuh
Ilustrasi (Foto: Pixabay.com)
Hartalangit.com – Batu Meteor merupakan benda langit yang jatuh ke permukaan bumi. Banyak yang menganggap Batu Meteor sebagai benda bertuah yang memiliki kekuatan ghaib karena melambangkan bersatunya “bapa angkasa” dan “ibu pertiwi”, yaitu Batu Meteor yang berasal dari luar angkasa bersatu dengan pasir besi dari bumi.

Karena kepercayaan itulah kemudian batu ini di anggap memiliki daya magis yang sangat kuat karena merupakan perpaduan dari kekuatan langit dan kekuatan bumi.

Oleh karena itulah batu Meteor sering digunakan sebagai jimat karena dipercaya memiliki khasiat dan manfaat tertentu, terutama yang berkaitan dengan hal-hal supranatural.


Selain dijadikan jimat, pada jaman dulu batu Meteor juga sering digunakan sebagai bahan Pamor Keris dan Tosan Aji lainnya karena adanya kandungan kristal Fe/Ni yang cukup banyak yang disertai unsur lain seperti phospor, senyawa Ti, As, Pb sebagai isotop pengikatnya.

Keris Pusaka yang menggunakan Pamor Meteor dipercaya memiliki tuah ghaib yang lebih ampuh dibanding Keris-Keris yang tidak menggunakan Batu Meteor sebagai bahan Pamornya.

Selain itu, gradasi warna yang ditimbulkan dari Pamor Meteor juga lebih indah karena semua unsur-unsur heterogennya tidak hilang sama sekali sehingga menjadikan alur Pamor Meteor terkesan lebih bernuansa.

Secara visual Pamor Meteor tampak ada yang berwarna abu-abu, kehitaman dan ada juga bagian yang putih cemerlang sehingga jika di amati akan tampak aura sinar warna-warni, terutama jika bilah Keris diminyaki dan dipandang dibawah sinar matahari.


Batu Meteor termasuk barang langka yang sulit ditemukan karena benda ini merupakan benda langit yang tidak diketahui kapan dan dimana jatuhnya. Karena kelangkaan dan keunikannya itulah yang membuat batu Meteor banyak diburu kolektor dan harganya juga sangat mahal.

Di beberapa daerah di Indonesia juga banyak ditemukan serpihan Batu Meteor, salah satunya di Pulau Belitung yang dikenal dengan sebutan Batu Satam.

Batu Satam berwarna hitam legam dan memiliki urat-urat yang khas karena terbentuk dari proses alam atas reaksi tabrakan Meteor dengan lapisan bumi di Pulau Belitung yang memiliki kandungan timah tinggi.

Pada saat jatuh diatas tanah Pulau Belitung, Meteor tersebut bereaksi dengan kandungan timah yang sangat banyak di Pulau Belitung sehingga membentuk batu hitam yang kemudian dinamakan Batu Satam.

Karena proses inilah Batu Satam hanya terdapat di Indonesia dan menjadi batuan langka yang diburu oleh para kolektor batu dari seluruh dunia. Di Pulau Belitung, Batu Satam menjadi ikon dari ibu kota Belitung yaitu Tanjung Pandan.

Batu Satam pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh penambang timah beretnis China dalam penambangan timah dengan kedalaman 50 meter pada tahun 1973 tepatnya di Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit.

Menurut Sejarah, penamaan Baru Satam berasal dari dua suku kata dalam bahasa China suku Khek yang ada di Belitung, yaitu Sa dan Tam. Jika diartikan secara harfiah, Sa berarti pasir dan Tam berarti empedu, jadi Satam bisa di artikan “empedu pasir”.


Pada umumnya Batu Satam ada yang berbentuk bulat, lonjong dan ada juga yang bentuknya tidak beraturan atau dalam bentuk sudah pecah / terbelah yang sering di sebut Suiseki. Ciri khas batu ini yaitu pada permukaannya memiliki motif guratan-guratan yang terukir secara alami.

Batu Satam menjadi kebanggan Pulau Belitung dan menjadi cindera mata khas dari Pulau Belitung. Biasanya batu ini dijadikan perhiasan atau aksesoris seperti mata cincin, liontin kalung, gelang, giwang atau benda-benda lainnya.

Selain digunakan sebagai perhiasan, Batu Satam juga dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat sehingga banyak yang menggunakannya sebagai jimat untuk tujuan-tujuan tertentu.

Berikut ini beberapa khasiat dan kegunaan Batu Meteor Satam:
gambar batu satam asli pulau belitung
Ilustrasi Batu Satam
1. Dapat menangkal racun.

2. Dapat meningkatkan gairah dan stamina pria.

3. Dapat digunakan sebagai sarana tolak bala untuk menangkal serangan ilmu hitam dan gangguan mahluk halus.

4. Dapat meningkatkan aura kewibawaan.


Demikian sedikit informasi tentang mitos, khasiat, manfaat dan kegunaan Mustika Batu Meteor yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan Manfaat Batu Meteor"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: