Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mitos Khasiat Ghaib Kembang Kantil dan Cara Menggunakannya

gambar bunga cempaka / kembang kantil putih
Kembang Kantil Putih

Hartalangit.com – Bunga Cempaka atau yang biasa disebut kembang Kantil sering digunakan dalam upacara-upacara adat dan pelengkap sesaji dalam ritual-ritual yang berkaitan dengan dunia supranatural.

Selain itu, kembang Kantil juga sering digunakan sebagai sesaji untuk benda-benda pusaka seperti Keris pusaka dan batu Mustika bersama dengan jenis bunga lainnya seperti mawar, melati atau kenanga.

Aroma wangi kembang Kantil sangat disukai oleh mahluk ghaib, bahkan konon kembang Kantil merupakan salah satu bunga kesukaan Nyi Roro Kidul yang selalu dipakai sebagai hiasan pada rambutnya atau dipakai sebagai kalung yang dipadukan dengan roncean bunga melati..

Selain aroma bunganya yang disukai mahluk ghaib, konon pohon kembang Kantil juga sangat disukai oleh mahluk halus terutama Kuntilanak untuk dijadikan tempat tinggalnya.

Baca juga: 9 Jenis mahluk halus (hantu) yang paling terkenal di Indonesia

Pohon kembang Kantil juga sering menjadi tempat bersemayam benda-benda pusaka seperti Keris dan batu Mustika, maka tidak heran jika kebanyakan pohon kembang Kantil, terutama yang sudah berusia tua pasti akan terkesan angker dan wingit.

Selain dikenal sebagai pohon angker dan merupakan bunga favorit mahluk ghaib, kembang Kantil juga memiliki banyak khasit dan manfaat, terutama yang berkaitan dengan hal-hal supranatural.

Mitos tentang khasiat ghaib kembang Kantil sudah menjadi kepercayaan turun temurun sejak jaman dahulu, bahkan sampai saat ini kembang Kantil masih sering digunakan sebagai salah satu persyaratan untuk melakukan ritual-ritual yang berhubungan dengan dunia ghaib.

Konon khasiat bunga Kantil lebih ampuh jika dibandingkan dengan bunga-bunga jenis lainnya. Harga bunga Kantil juga termasuk cukup mahal, terutama pada malam-malam tertentu seperti malam jumat kliwon, malam selasa kliwon dan pada malam 1 suro karena pada malam-malam tersebut banyak orang yang membutuhkan bunga ini sebagai pelengkap ritual.

Bunga Kantil juga dipercaya memiliki energi positif yang sangat kuat dan dapat menjaga serta menambah kekuatan ghaib dari benda pusaka. Oleh sebab itulah para pemilik benda pusaka sering menggunakan kembang Kantil sebagai sesaji untuk merawat benda-benda pusaka miliknya.

Baca juga: Minyak khusus perawatan pusaka berkhodam

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat kembang Kantil dalam dunia supranatural:

gambar bunga cempaka / kembang kantil kuning
Kembang Kantil Kuning

1. Untuk sarana pemikat / pelet

Salah satu khasiat kembang Kantil yang paling terkenal adalah untuk sarana pengasihan atau pemikat lawan jenis yang ampuh. Kepercayaan tentang tuah ghaib bunga Kantil sebagai sarana pemikat tentu ada kaitannya dengan nama Kantil itu sendiri, yaitu dari kata Kumantil yang artinya menempel atau melekat.

Ada banyak versi ilmu pengasihan / pelet Kejawen yang menggunakan media kembang Kantil, ada yang harus dilakukan dengan puasa dan ada juga yang tanpa puasa.

Ilmu pelet kembang Kantil terkenal sangat ampuh untuk memikat lawan jenis dari jarak jauh karena keampuhannya terletak pada kekuatan sambung ruh dari bunga Kantil sehingga dapat menembus ruang dan waktu memasuki alam bawah sadar seseorang secara ghaib.

Baca juga: Ciri-ciri orang yang kena pelet

Berikut ini salah satu ilmu pelet kembang Kantil yang dapat digunakan untuk memikat lawan jenis tanpa puasa:

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

- Siapkan sepasang kembang Kantil warna kuning dan putih yang belum mekar (masih kuncup).

- Siapkan minyak zhafaron merah dan minyak cempaka.

- Siapkan juga kain mori (kain putih) yang masih baru dan foto target (foto terbaru).

Mantra ilmu pelet kembang Kantil:

“Siro kang tak puji nglangkahi kantil melati, meluo kanti mbuka ati kang dadi sejaku, gelemo tak tresnani ngimbangono ing jero ati, jabang bayine (nama target) bin/binti (orang tuanya) teko welas teko asih marang ingsun saking kersane Alloh”

Baca mantra ilmu pelet kembang Kantil sebanyak 3 kali dengan menahan nafas dan dengan menggenggam sepasang kembang Kantil yang sudah disiapkan ditelapak tangan kanan.

Setelah selesai, kemudian oleskan minyak zhafaron pada kedua kembang Kantil tersebut lalu dibungkus dengan kain putih.

Setelah dibungkus dengan kain putih, selanjutnya letakkan bungkusan kembang Kantil tersebut di atas foto target (oleskan minyak cempaka pada foto target). Setelah itu baca mantra ilmu pelet kembang Kantil sebanyak 11 kali.

Setelah selesai membaca mantra kemudian dilanjutkan dengan membaca “Yaa Rohman Wadudu Ya Rohhim” sebanyak 1111 Kali sebagai penutup.

Setelah selesai biarkan dulu bungkusan kembang Kantil tersebut berada di atas foto target selama 1 malam, dan pada malam jumat wage bungkusan kembang Kantil tersebut ditanam (dikubur) dipekarangan depan rumah target yang sering dilewati oleh target.

Setelah target melangkahi kembang Kantil yang ditanam dipekarangan rumahnya, maka pada malam harinya target akan merasa gelisah tidak menentu dan terus terbayang-bayang wajah orang yang mengirimkan pelet kembang Kantil kepadanya.

Imbangi pelet kembang Kantil ini dengan tindakan nyata, misalnya dengan menemui target atau menghubunginya melalui telepon atau WA agar target tidak bingung dengan perasaan aneh yang tiba-tiba muncul tersebut

Baca juga: Minyak pemikat (pelet) dan penglaris

2. Untuk ritual dan sesaji

gambar bunga cempaka / kembang kantil merah
Kembang Kantil Merah

Sejak jaman dulu kembang Kantil memang sudah dipercaya sebagai salah satu bunga yang disukai oleh mahluk ghaib. Oleh karena itulah kemudian bunga ini sering digunakan sebagai sesaji untuk ritual-ritual ghaib dan sering digunakan sebagai sesaji untuk menambah kekuatan benda-benda pusaka karena bunga ini konon juga sangat disukai oleh khodam benda pusaka.

Baca juga: Jenis-jenis sesaji untuk menambah kekuatan khodam Keris pusaka

Tapi sebetulnya kembang Kantil adalah simbol pepeling (pengingat) bahwa untuk meraih ngelmu iku kalakone kanti laku (Kantil). Lekase kalawan kas, tegese kas iku nyantosani.

Maksudnya, untuk meraih ilmu spiritual serta meraih kesuksesan lahir dan batin tidak cukup hanya dengan meminta atau berdoa saja, karena kesadaran spiritual tidak akan bisa di alami secara lahir dan batin tanpa adanya penghayatan akan nilai-nilai luhur dalam kehidupan sehari-hari.

Bunga Kantil berarti juga adanya tali rasa atau tansah kumantil-kantil yang bermakna pula kasih sayang yang mendalam tiada terputus (melekat), yaitu curahan kasih sayang kepada seluruh makhluk, kepada kedua orang tua dan juga para leluhur karena pada dasarnya hidup ini untuk saling memberi dan menerima kasih sayang dari dan kepada seluruh makhluk.

Oleh karena itulah bunga Kantil sering digunakan dalam upacara-upacara adat yang bersifat sakral. Contohnya dalam upacara pernikahan kembang Kantil sering dijadikan hiasan untuk pengantin sebagai simbol agar cinta dan kasih sayang kedua mempelai selalu kumantil.

Baca juga: Khasiat ampuh jimat Kembang Kantil untuk pengasihan dan penglaris

Jika setiap Manusia memiliki rasa kasih sayang terhadap sesama tanpa memandang suku, ras dan agama maka niscaya dunia ini pasti akan damai, tenteram dan sejahtera.

Makna kembang Kantil dalam falsafah Jawa adalah rasa bakti dan rasa hormat kepada kedua orang tua dan para leluhur yang akan tetap kumantil didalam hati serta merupakan suatu ajaran yang di agungkan.

Orang Jawa yang memahami hakekat hidup didunia tentunya akan mengerti jika kesuksesan lahir dan batin tidak akan bisa diraih jika menjadi generasi penerus yang durhaka kepada orang tua atau tidak menghargai jasa-jasa para leluhur.

Ungkapan rasa bakti kepada leluhur bagi orang Jawa tidak hanya dalam bentuk ucapan, doa atau puji-pujian saja. Tapi lebih dari itu, selalu ada tindakan nyata sebagai bentuk ketulusan sekaligus pesan untuk generasi-generasi berikutnya.

Salah satu wujud konkrit rasa berbakti tersebut adalah berupa sesaji yang dimaksudkan sebagai persembahan atas segala rasa hormat dan rasa terima kasih kepada para leluhur atas semua jasa-jasanya.

Masing-masing uborampe dalam sesaji memiliki maksud dan makna yang tersirat, bukan dimaksudkan untuk memberi makan arwah atau mahluk ghaib.

Tanpa memahami maknanya, persembahan sesaji akan terasa hambar dan mudah menimbulkan prasangka buruk, dianggap sesat, tidak ada tuntunannya dan syirik. Tetapi semua prasangka buruk tersebut tentu datang dari kurangnya pemahaman dan informasi tentang maksud dan makna dari sesaji.

Misalnya saja kebiasaan para orang tua jaman dulu yang suka menaburkan bunga setaman diperempatan jalan setiap jumat kliwon. Hal itu sekarang sudah jarang dilakukan karena orang takut di anggap musrik.

Padahal sesungguhnya menabur bunga diperempatan jalan merupakan simbolisasi doa yang maknanya mencakup keselamatan dan keberkahan untuk semua orang yang welewati jalan tersebut, bukan untuk memberi makan mahluk halus.

Doa yang penuh ketulusan dan kasih sayang akan beresonansi dan bersinergi dengan energi alam semesta yang penuh limpahan berkah, maka alam semesta akan menyambutnya dengan limpahan berkah dan keselamatan lahir batin kepada semua makhluk yang melewati perempatan jalan itu.

Baca juga: Khasiat bunga kamboja kelopak genap dan cara menggunakannya

Demikian sedikit informasi tentang mitos, khasiat dan manfaat kembang Kantil yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar dunia spiritual dan supranatural dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Mitos Khasiat Ghaib Kembang Kantil dan Cara Menggunakannya"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: