Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Khasiat dan Cara Mengamalkan Hizib Nawawi

gambar orang berdoa hizib nawawi
Ilustrasi

Hartalangit.com – Hizib Nawawi merupakan salah satu Hizib (kumpulan dzikir) yang cukup populer karena memiliki banyak khasiat dan manfaat jika di amalkan secara istiqomah. Hizib Nawawi disusun oleh seorang Wali Quthb bernama Syekh Abi Zakaria Yahya bin Syarafuddin an-Nawawi atau yang lebih dikenal dengan nama Imam an-Nawawi.

Imam an-Nawawi lahir pada bulan Muharram 631 H di kampung Nawa yang terletak di sebelah selatan kota Damsyik - Syiria dan wafat pada tahun 676 H. Beliau sangat rajin dalam menuntut ilmu dan berhasil menghafal kitab al-Tanbih dalam waktu 4 setengah bulan.

Imam an-Nawawi adalah seorang ulama fiqih mazhab Syafi’i yang memiliki banyak karya dalam bidang fiqih seperti kitab Minhaj ath-Thalibin, Raudhah ath-thalibin dan al-Majmu’ ala Syarh al-Muhadzab.

Beliau juga terkenal sebagai ulama yang ahli dalam bidang hadits. Dua karyan beliau dalam bidang hadits yaitu kitab al-Arba’in an-Nawawiyah dan Riyadh as-Shalihin banyak di ajarkan diberbagai lembaga pendidikan yang tersebar diberbagai Negara, termasuk di Indonesia.

Sedangkan untuk dzikir dan wirid ada kitab al-Adzkar an-Nawawiyah yang berisi berbagai macam dzikir sekaligus sumber dalil pengambilannya.


Hizib Nawawi merupakan bacaan istiqomah dari berbagai tarekat, salah satunya adalah tarekat al-Qadiriyah al-‘Aliyah. Hizib ini dikenal memiliki khasiat dan manfaat untuk menjaga dan membentengi seorang salik (orang yang meniti jalan Allah) dari keburukan nafsu, setan dan tipu daya keduanya.

Hizib Nawawi termasuk Hizib yang memiliki khasiat ampuh untuk menangkal sihir dan segala bentuk kejahatan yang sifatnya ghaib.

Jika di amalkan dengan istiqomah, Hizib ini juga dapat menghilangkan kesusahan, menolak tipu daya orang-orang zalim dan segala bentuk kejahatan karena orang yang mengamalkan Hizib Nawawi secara istiqomah akan selalau dalam perlindungan Allah SWT.

Selain itu, orang yang mengamalkan Hizib Nawawi juga akan dikaruniai kemuliaan dan cahaya keagungan sehingga akan disegani, dipatuhi dan dihormati oleh banyak orang serta mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Hizib Nawawi sejatinya merupakan himpunan dzikir-dzikir yang di amalkan oleh Imam an-Nawawi setiap harinya. Kemudian kumpulan dzikir tersebut dirangkum menjadi satu yang kemudian dikenal dengan nama Hizib Nawawi.


Faedah mengamalkan Hizib Nawawi disebutkan dalam kitab al-Kunuz an-Nuraniyah:

“Hizib ini termasuk Hizib yang mujarab untuk menjaga dari sihir, tipuan mata (bagian dari sihir), dan keburukan setan dan jin. Hizib ini juga berfaedah untuk menghilangkan kesusahan, menolak tipu daya orang-orang yang zalim, menolak aniaya para penganiaya dan kedengkian para pendengki serta agar ternaungi dalam naungan dan perlindungan Allah. Sebagian fadhilah (keutamaan) yang lain, Hizib ini akan menghiasi pembacanya dengan kemuliaan, cahaya, keagungan, dan keindahan” (Sayyid Mukhlif Yahya al-‘Ali al-Hudzaifi al-Husaini, al-Kunuz an-Nuraniyah, hal. 179-180).

Bacaan Hizib Nawawi:

Bismillahirrohmaanirrohiim
Bismillaahi Allahu Akbar aquulu 'alaa nafsii wa 'alaa diinii wa'alaa ahlii, wa'alaa aulaadii, wa'alaa maalii, wa'alaa ash-haabii, wa'alaa adyaanihim, wa'alaa amwalihim, alfa laa haula walaa quwwata illaa billahil 'aliyyil 'azhiim.

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar. Aku berkata atas diriku, agamaku, keluargaku, anak-anakku, hartaku, dan sahabat-sahabatku beserta agama mereka dan harta benda mereka, seribu laa haula walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyilazhiim (Tiada daya dan tiada kekuatan melainkan dengan bantuan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung).

Bismillaahi Allahu akbar, Allahu akbar, aquulu 'alaa nafsii wa'alaa diinii wa'alaa ahlii, wa'alaa aulaadii, wa'alaa maalii, wa'alaa ash-haabii, wa'alaa adyaanihim, wa'alaa amwaalihim alfa alfi laa haula walaa quwwata illaa billahil 'aliyyil 'azhiim.

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Aku berkata atas diriku, agamaku, keluargaku, anak-anakku, hartaku, dan sahabat-sahabatku beserta agama mereka dan harta benda mereka, sejuta laa haula walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyilazhiim (Tiada daya dan tiada kekuatan melainkan dengan bantuan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung).

Bismillaahi, waminalloohi, wa ilallaahi, wa'alallaahi, wafillaahi, wa laa haula walaa quwwata illaa billahil 'aliyyil 'azhiim.

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah, dengan Allah, dari Allah, kepada Allah, di atas Allah, dan didalam Allah, serta tiada daya dan tiada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.


Cara mengamalkan Hizib Nawawi juga termasuk cukup mudah karena tidak harus melakukan tirakat atau puasa. Yang terpenting harus di amalkan secara istiqomah sebagai wirid harian.

Berikut ini cara mengamalkan Hizib Nawawi:

1. Dibaca dua kali sehari, yaitu pada pagi hari setelah sholat subuh sampai waktu dhuha dan pada malam hari setelah waktu maghrib sampai masuk waktu isya’.

2. Dibaca tiga kali sehari, yaitu seperti dua waktu di atas ditambah lagi pada saat masuk waktu sahur.

3. Dibaca lima kali sehari, yaitu setiap selesai melaksanakan sholat wajib lima waktu.

4. Dibaca tujuh kali sehari, yaitu lima kali setiap selesai melaksanakan sholat fardhu ditambah lagi setelah melaksanakan sholat dhuha dan menjelang tidur.

5. Dibaca 14 kali sehari, yaitu tujuh kali pada pagi dan sore dan tujuh kali pada malam hari.

Dari kelima cara tersebut silahkan pilih salah satunya yang sekiranya bisa dilakukan secara istiqomah. Tapi cara pengamalan Hizib Nawawi yang paling baik adalah cara ketiga, yaitu setiap selesai sholat 5 waktu.

Menurut Syeikh Al-Qutb Jamal Al-Din Sayyidi Yusuf bin Abdullah, orang yang membaca Hizib di waktu setelah subuh maupun maghrib atau sesudah subuh dan isya' maka akan terhindar dari tenungan ahli mukasyafah dan merdeka dari peperangan maupun ahli sihir.


Khasiat dan manfaat Hizib Nawawi:

1. Untuk perlindungan dan keselamatan

Orang yang mengamalkan Hizib Nawawi secara istiqomah akan terhindar dari sihir, tipu daya orang-orang dzalim serta dijauhkan dari keburukan jin dan setan. Selain itu juga akan mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani, terlindungi dari serangan ilmu hitam seperti santet, teluh, guna-guna dan sejenisnya serta niat jahat orang lain.

2. Mendatangkan kemuliaan

Orang yang mengamalkan Hizib Nawawi secara istiqomah akan mendapatkan kemuliaan dan keagungan dari Allah SWT serta mendapatkan perlindungan dan pertolongan-NYA.

3. Memberikan kewibawaan

Orang yang mengamalkan Hizib Nawawi secara istiqomah akan memancarkan aura kewibawaan sehingga akan disegani dan dihormati oleh orang lain, baik kawan maupun lawan. Dan jika ada orang yang berbuat jahat kepadanya maka Allah SWT akan membalas perbuatan orang tersebut berlipat ganda.


Demikian sedikit informasi tentang khasiat, manfaat dan cara mengamalkan Hizib Nawawi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar ilmu hikmah dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan Cara Mengamalkan Hizib Nawawi"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: