Advertisement

4 jenis burung Derkuku yang dipercaya memiliki tuah ghaib

gambar burung derkuku kuk 2, kuk 3, kol buntet dan kalung tepung
Burung Derkuku / Tekukur

Hartalangit.com – Burung Derkuku atau Tekukur merupakan salah satu jenis burung anggungan yang cukup populer dan banyak dipelihara karena burung ini memiliki suara anggungan yang merdu.

Bagi para penggemarnya, mendengarkan suara anggungan burung Derkuku / Tekukur dapat membuat suasana hati menjadi tentram dan damai (adem ayem).

Selain dipelihara untuk dinikmati suara anggungannya, burung Derkuku juga sering dikaitkan dengan hal-hal mistis seperti halnya burung Perkutut.

Ada beberapa jenis burung Derkuku yang dipercaya memiliki tuah ghaib dan dapat di manfaatkan untuk tujuan-tujuan tertentu.


Berikut ini 4 jenis burung Derkuku / Tekukur yang dipercaya memiliki tuah ghaib:

1. Derkuku Kuk 2

Umumnya suara anggungan burung Derkuku / Tekukur memiliki suara ujung kuk 1, jadi jika ada burung Derkuku yang memiliki suara ujung kuk 2, kuk 3 atau tanpa kuk maka burung Derkuku tersebut di anggap memiliki keistimewaan tersendiri.

Derkuku kuk 2 dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Karena mitos itulah yang membuat Derkuku kuk 2 lebih diminati dan harganya juga lebih mahal dari burung Derkuku pada umumnya yang memiliki suara ujung kuk 1.

Tapi untuk mendapatkan burung Derkuku yang memiliki suara ujung kuk 2, kuk 3 atau yang tanpa kuk tidaklah mudah karena termasuk cukup langka, apalagi yang kuk 3 stabil sangat sulit ditemukan.

2. Derkuku Kuk 3

Derkuku kuk 3 dipercaya dapat membawa keberuntungan dan memudahkan pemiliknya dalam mencari rejeki serta dapat membawa kebahagiaan dalam keluarga.

Terlepas dari kepercayaan tentang tuah ghaib Derkuku kuk 2 dan kuk 3, sebetulnya secara logika memang cukup masuk akal, karena dengan mendengarkan suara anggungan Derkuku Tumpang Sari yang lebih merdu dari burung Derkuku pada umumnya, tentu dapat membuat suasana hati menjadi tentram, damai dan bahagia.

Jika suasana hati bahagia, maka pikiran juga akan menjadi lebih jernih dan terang sehingga dapat menemukan ide-ide cemerlang yang dapat menjadi jalan rejeki.

Suara anggungan Derkuku kuk 3 yang merdu juga akan membuat suasana rumah terasa asri dan adem ayem, sehingga suasana hati penghuni rumah juga akan terpengaruh menjadi lebih positif dan keluarga menjadi lebih harmonis.


3. Derkuku Kol Buntet

Burung  Derkuku yang suara anggungannya tanpa kuk atau yang biasa disebut Derkuku Kol Buntet cenderung kurang diminati oleh para penggemar burung Derkuku.

Tapi orang-orang tua jaman dulu justru lebih suka memelihara Derkuku Kol Buntet karena dipercaya memiliki tuah untuk tolak bala.

Konon Derkuku Kol Buntet dapat menangkal keberadaan mahluk halus pengganggu, menangkal serangan ilmu hitam dan menangkal hama atau wabah penyakit.

Pada jaman dahulu, para petani sering memelihara Derkuku Kol Buntet sebagai sarana untuk menangkal hama yang menyerang lahan pertanian dan wabah penyakit yang menyerang hewan ternak.

Derkuku Kol Buntet juga sering dipelihara oleh dukun atau paranormal sebagai sarana tolak bala dari serangan ghaib lawan-lawannya.

Jadi secara umum, Derkuku Kol Buntet memiliki tuah untuk menyingkirkan hal-hal negatif dan menjadikan pemiliknya "Kalis Ing Sambikolo". Tuah Derkuku Kol Buntet hampir sama dengan Perkutut Cemani Kol Buntet dan Jimat Kol Buntet.

Tapi semua kembali pada selera dan keyakinan masing-masing, bagi penggemar burung Derkuku yang mementingkan suara tentunya kualitas suara yang menjadi prioritas utama, dan yang dicari tentunya burung Derkuku yang memiliki suara besar dengan irama yang merdu.

Sedangkan bagi yang percaya pada tuah atau angsar pada burung Derkuku tentunya tidak mementingkan kualitas suara anggungannya, karena yang terpenting burung Derkuku yang dipelihara diyakini memiliki tuah tertentu dan dapat memberikan manfaat bagi pemiliknya.


4. Derkuku Kalung Tepung

Derkuku / Tekukur Kalung Tepung yang asli sangat sulit dijumpai karena termasuk sangat langka dan hanya orang-orang beruntung saja yang dapat memilikinya.

Derkuku Kalung Tepung memiliki ciri khusus pada bagian lingkar leher atau kalungnya yang nyambung atau melingkar penuh tidak terputus. Berbeda dengan burung Derkuku pada umumnya yang kalungnya terputus dibagian depan lehernya.

Derkuku Kalung Tepung dipercaya memiliki tuah untuk kemakmuran seperti halnya Perkutut Pedaringan Kebak, karena biasanya sesuatu yang bentuk atau wujudnya tidak normal seperti pada umumnya sering di anggap memiliki kelebihan.

Derkuku Kalung Tepung dipercaya memiliki tuah untuk membantu memudahkan pemiliknya dalam mencari rejeki. Betuk kalungnya yang nyambung (tepung)  menyimbolkan rejeki yang terus nyambung tidak ada putusnya.

Mitos tentang tuah ghaib Derkuku Kalung Tepung itulah yang membuat banyak orang berminat untuk memeliharanya sebagai sarana untuk kelancaran rejeki meskipun harganya terbilang mahal.

Tapi sayangnya sangat sulit untuk mendapatkan Derkuku Kalung Tepung / Kalung Tempuk yang asli karena kebanyakan Derkuku Kalung Tepung yang ada dipasaran merupakan Derkuku Kalung Tepung palsu yang dijahit bagian kulit lehernya sehingga kalungnya terlihat menyatu.


Demikian sedikit informasi tentang mitos 4 jenis burung Derkuku / Tekukur bertuah yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar hewan bertuah dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "4 jenis burung Derkuku yang dipercaya memiliki tuah ghaib"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: