Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mitos tuah ghaib burung Derkuku Kalung Tepung

mitos derkuku kalung tepung - harta langit
Ilustrasi Burung Derkuku/Tekukur Kalung Tepung

Hartalangit.com – Burung Derkuku merupakan salah satu jenis burung anggungan yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Jawa sejak jaman dulu. Suara anggungan burung Derkuku/Tekukur yang merdu mendayu-dayu memang bisa membuat suasana hati menjadi tentram, damai dan adem ayem.

Selain memiliki suara anggungan yang merdu, burung Derkuku/Tekukur juga di anggap memiliki tuah ghaib yang dapat membawa pengaruh positif pada kehidupan pemiliknya. Burung Derkuku/Tekukur yang di anggap memiliki tuah dan banyak dicari adalah burung Derkuku kuk 2, kuk 3 dan Derkuku Kalung Tepung.


Burung Derkuku yang memiliki suara ujung kuk 2 dan kuk 3 masih cukup mudah didapatkan karena di alam bebas masih sering dijumpai burung Derkuku manggung dengan suara ujung kuk 2 atau kuk 3, tapi untuk burung Derkuku Kalung Tepung yang asli sangat sulit dijumpai karena termasuk burung yang sangat langka dan hanya orang-orang yang beruntung saja yang dapat memilikinya.

Burung Derkuku/Tekukur Kalung Tepung memiliki ciri khusus pada bagian lingkar leher atau kalungnya yang nyambung atau melingkar penuh tidak terputus. Berbeda dengan burung Derkuku pada umumnya yang kalungnya terputus dibagian depan lehernya.

Burung Derkuku/Tekukur Kalung Tepung dipercaya memiliki tuah untuk kerejekian dan kekayaan karena biasanya sesuatu yang bentuk atau wujudnya tidak normal seperti pada umumnya selalu di anggap memiliki keistimewaan tersendiri seperti halnya Pring Pethuk dan Penjalin Pethuk yang di anggap memiliki tuah tertentu karena bentuk ruasnya saling bertemu.

Tuah burung Derkuku Kalung Tepung dipercaya dapat membantu melancarkan rejeki pemiliknya seperti filosofi Kalungnya yang nyambung atau bertemu (tepung) menyimbolkan rejeki yang terus berkesinambungan tidak ada putusnya.

Mitos tentang tuah ghaib burung Derkuku Kalung Tepung itulah yang membuat banyak orang berminat untuk memelihara burung ini sebagai sarana untuk kelancaran rejeki meskipun harganya terbilang mahal.

Banyaknya peminat burung Derkuku Kalung Tepung kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan dengan memalsukan burung Derkuku biasa yang disulap menjadi Derkuku Kalung Tepung dengan cara menyatukan dua ujung kalungnya dengan menjahit kulitnya. Praktek pemalsuan seperti ini banyak dilakukan karena peminat burung Derkuku Kalung Tepung cukup banyak dan harganya juga cukup mahal.

Jadi sebaiknya lebih berhati-hati jika ingin membeli burung Derkuku Kalung Tepung. Teliti dulu dengan seksama dan jangan mudah percaya jika burung tersebut dikatakan asli tangkapan hutan atau dipelihara dari kecil, apalagi jika harganya mahal. Jangan sampai sudah mengeluarkan banyak uang tapi yang didapatkan hanya burung Derkuku Kalung Tepung palsu.

mitos derkuku kalung tepung - harta langit
Ilustrasi Burung Derkuku Kalung Tepung Palsu

Jika diperhatikan dengan seksama, sebetulnya ada beberapa kejanggalan pada bentuk lingkar leher burung Derkuku Kalung Tepung palsu yang banyak beredar dipasaran, antara lain:

1. Lingkar leher tepatnya pada bagian kalungnya terlihat lebih kecil dibanding burung Derkuku pada umumnya.

2. Kulit pada bagian kalungnya cenderung lebih kencang dan kaku karena kulit dibagian tersebut sudah ditarik dan dijahit untuk menyatukan kalungnya agar bertemu (tepung).

3. Suara burung Derkuku/Tekukur Kalung Tepung palsu rata-rata lebih kecil dibanding burung Derkuku normal karena volume kantung udara dilehernya menjadi berkurang akibat tertekan oleh kulit lehernya yang kencang karena dijahit.

4. Terdapat bekas sayatan atau jahitan dibagian tengah leher tepatnya pada bulu kalungnya yang tepung (bertemu). Selain itu bentuk pola tumbuh bulu pada bagian kalungnya yang bertemu pasti ada yang arah tumbuhnya tidak normal atau tidak rapi.

Jadi sebaiknya jangan mudah percaya jika ada orang yang menawarkan burung Derkuku Kalung Tepung karena burung jenis ini sangat langka dan hanya orang-orang yang beruntung saja yang dapat memilikinya. Jangan terlalu terobsesi untuk memilikinya karena semua kembali pada “jodoh” yang tidak dapat dipaksakan.

Lebih baik kita memelihara burung Derkuku yang suara anggungannya merdu dan cocok dihati sehingga burung tersebut dapat menghibur kita dan membawa suasana tentram. Jika hati kita merasa tentram dan bahagia ketika mendengar suara anggungan burung Derkuku peliharaan kita, itu artinya burung tersebut dapat membawa energi positif dalam kehidupan kita.

Ketika kita merasa bahagia saat mendengarkan suara anggungan burung Derkuku peliharaan kita, maka secara tidak langsung hati kita akan selalu mengucap syukur setiap kali mendengar suara anggungannya, dan jika kita selalu bersyukur maka TUHAN akan menambahkan nikmat-NYA kepada kita. Itulah sebetulnya yang dimaksud dengan “dapat membawa keberuntungan”.


Demikian sedikit informasi tentang mitos tuah ghaib burung Derkuku Kalung Tepung yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Dunia Spiritual dan Supranatural, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mitos tuah ghaib burung Derkuku Kalung Tepung"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: