Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Khasiat dan Cara Mengamalkan Doa Nurbuat

gambar orang berdoa - hartalangit.com
Ilustrasi

Hartalangit.com – Sebagian umat Muslim pasti sudah tahu tentang doa Nurbuat atau Nubuwwah yang memiliki banyak keutamaan jika di amalkan dengan benar dan istiqomah.

Nurbuat berasal dari kata “Nurun Nubuwwah” yang artinya “Cahaya Nabi”. Doa Nurbuat merupakan rangkaian doa dan harapan umat Muslim yang dipanjatkan kepada ALLAH SWT.

Doa Nurbuat memiliki banyak khasiat dan manfaat jika di amalkan dengan istiqomah, di antaranya untuk mendatangkan rejeki dan kekayaan, untuk perlindungan dan keselamatan, untuk menyembuhkan penyakit, untuk kewibawaan, untuk pengasihan dan masih banyak lagi manfaat lain dari doa Nurbuat.


Berikut ini khasiat dan manfaat doa Nurbuat selengkapnya:

1. Jika doa Nurbuat dibaca sebanyak 100 kali sebelum tidur InsyaAllah dapat berjumpa dengan Nabi Muhammad SAW.

2. Doa Nurbuat juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Caranya dengan menggunakan minyak kelapa yang dibacakan doa Nurbuat kemudian di oleskan pada bagian yang sakit. Doa ini juga dapat menyembuhkan sakit mata jika dibaca lalu ditiupkan pada mata yang sakit.

3. Doa Nurbuat dapat mempercepat terkabulnya hajat jika di amalkan secara istiqomah setiap hari.

4. Mendapatkan perlindungan ALLAH SWT dari segala bentuk marabahaya, baik yang nyata maupun yang ghaib.

5. Dapat menangkal serangan hama tanaman jika ditulis dan diletakkan di ladang atau sawah.

6. Dapat mensejahterakan dunia dan akhirat jika di amalkan setiap hari.

7. Dapat melunakkan hati musuh sehingga tidak akan membenci  dan dendam lagi, bahkan akan menjadi kawan.

8. Dapat melindungi rumah dan tempat usaha dari gangguan mahluk halus dan serangan ilmu hitam / sihir.

9. Dapat memudahkan proses persalinan. Oleh sebab itulah bagi para wanita yang sedang hamil di anjurkan banyak membaca doa Nurbuat sebelum memasuki proses persalinan.

10. Dapat menyembuhkan hewan yang sakit atau cacat jika dibacakan doa Nurbuat. Selain itu, doa ini juga dapat menjinakkan hewan buas yang akan menyerang.

11. Jika doa Nurbuat dibaca setiap hari ketika matahari terbenam maka dosa-dosa orang yang membacanya akan di ampuni.

12. Dapat mendamaikan orang yang sedang bertengkar karena didalam doa Nurbuat terdapat permohonan agar diberikan kedamaian bagi keturunan Nabi Adam.

13. Orang yang istiqomah mengamalkan Doa Nurbuat akan mendapatkan kemuliaan dalam hidupnya.

14. Orang yang mengamalkan doa Nurbuat secara istiqomah akan dipanjangkan umurnya dan bermanfaat dalam kehidupannya.

15. Orang yang mengamalkan doa Nurbuat secara istiqomah akan memiliki wajah yang cerah dan bercahaya sehingga akan terlihat sangat berkharisma di mata orang lain.

16. Orang yang istiqomah mengamalkan doa Nurbuat selama hidupnya akan diberikan petunjuk tentang kebenaran dan dijauhkan dari segala sesuatu yang bersifat bathil.

17. Orang yang mengamalkan doa Nurbuat akan dijauhkan dari sifat kufur.

19. Jika doa Nurbuat dibaca setiap tengah malam maka para Malaikat akan turun dari langit mengitari orang yang membacanya untuk memohonkan ampunan kepada ALLAH SWT.

20. Jika doa Nurbuat dibaca setiap hari senin maka ALLAH akan memberikan keselamatan setiap saat.

21. Jika doa Nurbuat dibaca setiap hari selasa maka ALLAH akan memberikan kekuatan fisik.

22. Jika doa Nurbuat dibaca setiap hari ahad maka ALLAH akan memberikan kesehatan jasmani dan rohani serta awet muda.

23. Jika doa Nurbuat dibaca setiap hari sabtu sebanyak 100 kali maka segala hajat akan terkabul.

24. Jika doa Nurbuat dibaca setiap hari secara istiqomah maka akan dihindarkan dari godaan setan dan akan ALLAH selamatkan dari siksa neraka.

25. Barangsiapa membaca doa Nurbuat sebanyak 100 kali dalam keadaan suci pada malam jumat ditempat yang sunyi maka InsyaAllah dapat bertemu dengan ratu jin.


Berikut ini bacaan latin doa Nurbuat:

Allahumma dzis-sulthaanil ‘azhim wa dzil-mannil qadimi wa dzil-wajhil-kariim wa waliyyil-kalimati taammati wadda’awaatil mustajaabaati ‘aaqilil hasani wal-husaini min anfusil hakki ‘ainil qudrati wan-nazrina wa ‘ainil jinni wal insi wasy-syayaathin. Wa iy yakaadul ladziina kafaruu layuzliquunaka bi abshaarihim lamma samii’udz-dzikra wa aqualuna innahu lamajnun wa maa huwa illa dzikrul lil-‘aalamiin, wa mustajabil-qur’anil-‘adzim, wa waritsa sulaiman daawuda ‘alaihis salaam, al-waduudu dzul ‘arsyil-majiid. Thawwil ‘umrii wa shahhih jasadii waqdhi haajatii wa aktsir amwali wa aulaadii wa habbibnii linnas ajma ‘iina wataba ‘adil ‘ada wata kullahaa mim banii aadama ‘alaihis salamu man kaana hayya wa yahiqqal-qaulu ‘alal kaafiriina innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir. Subhaana rabbika rabbil-‘izzati ‘ammaa yasifun wa salamun ‘alal-mursaliina wal-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin.

Artinya:

Ya ALLAH yang Maha Kuat, yang memiliki anugerah, yang merupakan Dzat yang Maha Mulia, yang menguasai banyak kalimat sempurna dan doa yang mustajab, penjamin Al Hasan dan Al Husain dari jiwa yang hak, pandangan yang penuh kuasa, serta orang-orang yang melihat dari pandangan para jin, manusia dan juga setan. Sesungguhnya orang yang kafir itu adalah orang yang menjerumuskan kamu dengan pandangan dari mereka, ketika mendengar Al-Qur’an dan mereka pun berkata, “Sesungguhnya Muhammad adalah orang yang gila”. Al-Qur’an hanyalah peringatan untuk setiap umat. Wahai yang Dia yang memperkenankan melalui Al-Qur’an yang sangat agung. Sulaiman dan juga Daud dan Dia yang Maha Pengasih, sebagai Pemilik Arasy yang mulia. Maka panjangkanlah umurku, sehatkanlah tubuhku, tunaikanlah segala yang kuperlukan, dan perbanyaklah harta dan anakku, jadikanlah aku orang yang terhindar dari segala permusuhan dari anak-anak Adam yang masih hidup. Pastikan ketetapan atau azab untuk orang-orang yang kafir. Karena sesungguhnya Engkau adalah yang Maha Kuasa akan segala sesuatu. Maha Suci Tuhanmu, yaitu Maha yang memiliki kebesaran dari apapun yang mereka (orang-orang kafir) gambarkan, dan limpahkanlah kesejahteraan pada para Rasul, dan segala puji bagi ALLAH Tuhan semesta alam.


Cara mengamalkan doa Nurbuat:

1. Awali dengan tawasul:

- Ila hadhrotin nabiyyil musthofa sholallahu ‘alaihi wassalam: Al-Fatihah 1 kali.

- Tsumma ila hadroti ikhwaanihi minal ambiya’i wal mursalin wal auliyai wasy syuhada wash sholihin wa shahaabti wattaabi’ina wal ulamaa’i ‘amiliina wal mushannifiinal mukhlishiina wa jami’il malaikatil muqorrobiina: Al-Fatihah 1 kali.

- Khususon Syekh Abdul Qadir Jailani, Syekh Qori, Syekh Madi, Syekh Samandari, Syekh Ahmad Al-Falatil: Al-Fatihah 1 kali.

- Khususon Syekh Majdudin Al-Karmani (Khodam doa Nurbuat): Al-Fatihah 1 kali.

2. Baca Surat Al-Ikhlas 3 kali.

3. Baca Surat Al-Falaq 3 kali.

4. Baca Surat An-Nas 3 kali.

5. Baca Sholawat Nabi 12 kali.

6. Baca Doa Nurbuat.

Doa Nurbuat memiliki banyak keutamaan didalamnya dan jika di amalkan secara istiqomah dalam kehidupan sehari-hari maka InsyaAllah akan banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh orang yang mengamalkannya.

Keutamaan doa Nurbuat bisa berupa terkabulnya hajat, di ampuni dosa-dosanya, mendapatkan perlindungan ALLAH, panjang umur, sembuh dari penyakit hingga dapat bertemu dengan Nabi Muhammad SAW.


Dalil membaca doa Nurbuat:

Imam Ibnu Katsir dalam kitabnya meriwayatkan hadist sebagai berikut:
Al-Hafiz ibnu Asakir telah meriwayatkan melalui jalur Khaisamah ibnu Sulaiman Al-Hafiz, yang telah menceritakan kepada kami Ubaid ibnu Muhammad Al-Kisywari, telah menceritakan kepada kami Abdullah ibnu Abdullah ibnu Abdu Rabbihi (anak hamba Tuhannya) Al-Basri, dari Abu Raja, dari Syu'bah, dari Abu Ishaq, dari Al-Haris, dari Ali ra bahwa Malaikat Jibril datang kepada Nabi SAW yang sedang bersedih. Lalu Malaikat Jibril bertanya, “Hai Muhammad, apakah yang kamu risaukan sehingga aku melihat kesedihan itu pada roman mukamu?”

Rasulullah SAW menjawab, “Al-Hasan dan Al-Husain terkena penyakit 'ain”. Jibril menjawab, “Percayalah dengan penyakit 'ain itu”. Jibril melanjutkan, “Karena memang penyakit 'ain itu benar-benar berpengaruh. Maukah Anda bila saya menjampinya dengan doa berikut?”

Nabi SAW bertanya, “Hai Jibril, bagaimanakah doanya?” Jibril berkata: Katakanlah, “Ya Allah, yang memiliki Kekuasaan yang besar, anugerah yang kekal, yang memiliki Dzat yang Maha Mulia, pemilik kalimat-kalimat yang sempurna dan doa-doa yang mustajab, sembuhkanlah Al-Hasan dan Al-Husain dari tiupan jin dan pandangan jahat manusia.” Maka Nabi SAW membaca doa-doa tersebut lalu dengan serta merta Al-Hasan dan Al-Husain bangkit dan bermain-main dihadapan Nabi SAW.

Kemudian Nabi SAW berkata: "Bacakanlah doa penangkal ini kepada diri kalian, wanita-wanita kalian dan anak-anak kalian, karena sesungguhnya doa penangkal ini tiada tandingannya."


Demikian sedikit informasi tentang fadhilah doa Nurbuat dan cara mengamalkannya untuk segala hajat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar doa-doa dan amalan dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan Cara Mengamalkan Doa Nurbuat"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: