Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Perbedaan kayu Stigi darat dan kayu Stigi laut serta khasiatnya

gambar pohon stigi asli
Ilustrasi Pohon Stigi

Hartalangit.com - Saat ini cukup sulit untuk mendapatkan kayu Stigi yang asli karena keberadaan pohon Stigi sudah sangat langka dan sulit dijumpai. Kayu ini banyak diburu oleh orang-orang yang percaya pada khasiat ghaibnya untuk dijadikan jimat.

Kayu Stigi dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat, di antaranya untuk keselamatan, untuk kewibawaan, untuk tolak bala dari serangan ilmu hitam, untuk kesaktian dan dapat digunakan untuk mengobati luka gigitan ular atau binatang berbisa lainnya serta masih banyak lagi khasiat lainnya.

Dalam dunia pengobatan herbal maupun dunia supranatural, khasiat kayu Stigi sudah dikenal sejak jaman dulu sebagai salah satu kayu bertuah yang memiliki banyak khasiat dan manfaat sehingga banyak yang menggunakan kayu ini untuk tujuan-tujuan tertentu.

Kayu Stigi memiliki serat khas yang alot dan keras, lebih keras dari kayu biasa pada umumnya. Keunikan kayu Stigi yang paling menonjol sekaligus menjadi ciri khasnya yaitu dapat tenggelam didalam air meskipun hanya serpihan kecil saja.

Bahkan untuk kayu Stigi tua yang sudah berumur ratusan tahun dari pohon yang mati ngurak, serbuk bekas gergajinya juga akan tenggelam di air.

Karakteristik kayu Stigi yang dapat tenggelam didalam air sebetulnya bukan sebuah keajaiban atau sesuatau yang bersifat ghaib. Hal itu bisa terjadi karena kayu ini memiliki daya serap yang tinggi sehingga akan tenggelam ketika dimasukkan ke dalam air.

Salah satu kelebihan dari kayu Stigi yaitu dapat menyerap bisa (racun) pada luka gigitan binatang beracun seperti ular, sengatan kalajengking dan binatang beracun lainnya dengan cara ditempelkan pada luka bekas gititan atau sengatannya.

Pada saat kayu Stigi ditempelkan pada bekas luka gigitan / sengatan hewan berbisa, maka pada bagian yang terluka tersebut akan terasa seperti tersedot sampai bisa / racunnya keluar atau terhisap oleh kayu Stigi.

Cara ini sering dilakukan oleh orang-orang jaman dulu untuk menolong korban patukan ular karena pada saat itu belum ada pengobatan secara medis.

Sedangkan khasiat supranatural yang paling umum dari kayu Stigi adalah untuk sarana keselamatan, kewibawaan, kerejekian, tolak bala dan kesaktian. Maka tidak heran jika kayu ini banyak dicari oleh para pengamal ilmu hikmah untuk meningkatkan daya dari ilmu-ilmu yang dimilikinya.

Ada dua jenis kayu Stigi, yaitu kayu Stigi darat dan kayu Stigi laut. Keduanya dipercaya memiliki kelebihan dan kekurang masing-masing.

Berikut ini ciri-ciri kayu Stigi darat dan kayu Stigi laut beserta kelebihan dan kekurangannya:

1. Kayu Stigi darat

gambar tasbih kayu stigi darat asli
Ilustrasi Tasbih Kayu Stigi Darat

Pohon Stigi yang tumbuh ditanah padat, tandus dan berkapur, baik dipegunungan maupun rawa yang jauh dari kawasan pantai akan menghasilkan batang kayu lebih tua dengan warna merah kecoklatan, coklat tua, atau bahkan berwarna hitam pada batang kayu Stigi mati yang telah tertimbun tanah selama puluhan atau ratusan tahun bahkan ribuan tahun yang disebut sebai fosil Stigi.

Kayu Stigi jenis ini biasa disebut sebagai kayu Stigi darat yang memiliki massa / bobot lebih berat dan tekstur yang lebih keras dibandingkan dengan kayu Stigi yang tumbuh didaerah pantai.

Hal ini juga terjadi pada kayu jenis lain, misalnya saja pada kayu sengon laut dan sengon biasa, kayu kelapa pantai dan kelapa gunung serta masih banyak lagi jenis kayu lainnya.

Tapi sebetulnya semua jenis kayu Stigi jika sudah tertimbun tanah selama puluhan tahun atau ratusan tahun, apalagi jika tertimbun di rawa atau pasir laut maka warnanya juga cenderung akan menjadi lebih hitam.

2. Kayu Stigi laut

gambar tasbih kayu stigi laut asli
Ilustrasi Tasbih Kayu Stigi Laut

Dinamakan kayu Stigi laut karena pohon Stigi jenis ini tumbuh didaerah pesisir pantai. Tekstur kayu Stigi laut cenderung lebih lunak dan bobotnya lebih ringan dari kayu Stigi darat.

Warna kayu Stigi laut cenderung lebih cerah dibanding kayu Stigi darat, yaitu kuning atau coklat muda, tapi ada juga yang berwarna coklat tua walaupun sangat jarang.

Kayu Stigi laut yang berwarna coklat tua sering disebut sebagai galih Stigi laut, dan bahkan ada juga yang berwarna hitam legam yang merupakan fosil kayu Stigi laut tapi sangat jarang ditemui.

Secara umum pohon Stigi lebih banyak ditemukan didaerah pulau-pulau dan pesisir pantai yang tanahnya berpasir seperti Pulau Karimun Jawa.


Dari segi warna ada 4 jenis kayu Stigi, yaitu: kayu Stigi putih, kayu Stigi kuning, kayu Stigi coklat dan kayu Stigi hitam.

Ada lagi kayu Stigi yang biasa disebut sebagai kayu Stigi Barek, yaitu Kayu Stigi yang memiliki batang kayu berkelok atau memutar sehingga menghasilkan motif garis-garis atau biasa disebut Barek / Baret / Mbaret.

Kekerasan dan kilau kayu Stigi jenis ini akan menimbulkan motif mata kucing jika digerak-gerakkan dan terkena cahaya.

Jenis kayu Stigi Barek atau sering disebut Stigi Loreng / Stigi Batik / Stigi warna-warni ini bisa berasal dari jenis pohon Stigi yang hidup didarat, dilaut, dirawa, digunung dan semua jenis pohon Stigi yang hidup distruktur tanah apapun, karena terjadinya proses tersebut lebih dipengaruhi oleh faktor alam dan lingkugan dimana pohon Stigi tersebut tumbuh.

Jadi apapun jenisnya, baik itu kayu Stigi darat maupun kayu Stigi laut, keduanya memiliki khasiat dan manfaat yang hampir sama, hanya saja energi alami kayu Stigi darat memang lebih kuat dibanding kayu Stigi laut.

Tapi bukan berarti khasiat kayu Stigi darat selalu lebih ampuh dibanding kayu Stigi laut karena hal itu akan berbeda jika telah dilakukan pengisian energi supranatural pada kayu Stigi tersebut.

Jika orang yang melakukan pengisian pada kayu Stigi laut memiliki ilmu yang tinggi maka energinya bisa mengalahkan kayu Stigi darat yang di isi oleh orang yang memilili tingkat keilmuan rendah. Jadi, kekuatan ghaib pada kayu Stigi yang sudah di asma' tergantung dari tingkat keilmuan orang yang mengisinya.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan Kayu Stigi darat dan Kayu Stigi laut serta khasiatnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar jimat dan benda-benda pusaka dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perbedaan kayu Stigi darat dan kayu Stigi laut serta khasiatnya"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: