Advertisement

Fadhilah dan keutamaan Surat Al-Ikhlas serta cara mengamalkannya

gambar kaligrafi surat al-ikhlas
Surat Al-Ikhlas
Hartalangit.com – Surat Al-Ikhlas merupakan surat ke-112 dalam Al-Qur'an yang terdiri dari empat ayat. Surat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyah yang turun sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke kota Madinah.

Surat Al-Ikhlas merupakan salah satu surat pendek yang paling sering dibaca oleh umat muslim, baik dalam sholat maupun dalam keseharian karena surat ini memiliki banyak keutamaan jika di amalkan secara istiqomah.

Meskipun termasuk dalam surat yang pendek, akan tetapi surat Al-Ikhlas memiliki kedudukan yang tinggi dibandingkan dengan surat-surat lainnya, bahkan kedudukan surat Al-Ikhlas disetarakan dengan sepertiga dari isi Al-Qur'an.

Seperti halnya surat-surat lainnya, surat Al-Ikhlas juga memiliki fadhilah dan keutamaan bagi orang yang senantiasa mengamalkannya.


Berikut ini beberapa fadhilah dan keutamaan surat Al-Ikhlas:

1. Memudahkan terkabulnya hajat dan menjauhkan marabahaya

Surat Al-Ikhlas bisa menjadi wasilah terkabulnya doa dan dapat menjauhkan marabahaya. Barang siapa yang memaca surat Al-Ikhlas sebanyak 1000 kali di waktu antara sholat magrib dan sholat isya kemudian berdoa dengan penuh keyakinan maka Allah SWT akan mengabulkan semua hajatnya dan dijauhkan dari segala marabahaya.

2. Sebagai penyembuh rasa sakit

Seperti yang diriwayatkan dari Aisyah RA: ia berkata, “apabila Rasulullah SAW mengadu karena merasa sakit pada bagian badannya, baginda Rasulullah SAW selalu membacakan surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas pada telapak tangan kanannya kemudian mengusapkannya pada bagian badan yang terasa sakit”.


3. Terhindar dari kejahatan manusia dan godaan setan

Barang siapa yang membaca “Yaa Shomad” sebanyak 134 kali secara istiqomah maka Allah SWT akan menyelamatkannya dari orang-orang yang bermaksud jahat.

Dan barangsiapa yang membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 11 kali setiap selesai sholat subuh, maka ia akan dijauhkan dari godaan setan untuk melakukan maksiat.

4. Membuka pintu rezeki

Barang siapa yang mengamalkan surat Al-Ikhlas secara istiqomah setiap hari dengan ikhlas dan penuh keyakinan, maka Allah SWT akan melapangkan rezeki orang tersebut.

5. Sebagai wasilah pelunas hutang

Barang siapa yang membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 100 kali setiap harinya, maka Allah SWT akan melunaskan hutang-hutangnya sebelum ia mati.


6. Mencegah fitnah dan siksa kubur

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa membaca surat Al-Ikhlas pada saat sakit dan membawanya kepada kematian, niscaya mayatnya tidak akan busuk dalam kuburnya”.

Dalam Tadzkirotul Qurthuby disebutkan bahwa orang yang mengamalkan surat Al-Ikhlas secara istiqomah niscaya ia akan terhindar dari fitnah kubur, kesempitan kubur dan dengan bantuan malaikat ia akan melalui titian siratul mustaqim hingga sampai di surga kelak.

7. Di ampuni segala dosanya

Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA: Barang siapa yang membaca “Qul huwallahu ahad” sebanyak 50 kali niscaya akan di ampuni dosanya selama 50 tahun.

8. Mendapatkan keberkahan dan pahala dalam hidup

Barang siapa yang mengamalkan surat Al-Ikhlas dengan istiqomah setiap hari maka hidupnya akan diberkahi dan mendapatkan pahala yang besar.


9. Di tinggikan derajatnya

Barang siapa yang mengamalkan surat Al-Ikhlas dengan istiqomah setiap hari, baik sedang berdiri, duduk, ruku atau berjalan maka dia akan mendapatkan kedudukan dan derajat yang tinggi disisi Allah SWT.

10. Mendapatkan istana di surga

Rasulullah bersabda: Barang siapa membaca “Qul huwallahu ahad” sebanyak 10 kali maka akan dibangunkan oleh Allah SWT untuknya satu istana di surga. Dan barang siapa membacanya sebanyak 20 kali maka akan dibangunkan 2 istana di surga. Dan barang siapa membacanya sebanyak 30 kali maka akan dibangunkan 3 istana di surga. (Dari Anas bin Malik RA)

Umar bin Khattab bertanya kepada Rasulullah: “Ya Rasulullah kalau begitu akan banyak istana kami di surga”, maka Rasulullah bersabda: “Allah lebih lapang, Allah lebih luas daripada itu”.

Selain yang telah disebutkan di atas, sebetulnya masih banyak fadhilah dan keutamaan surat Al-Ikhlas jika di amalkan dengan istiqomah, di antaranya dapat menghindarkan dari musibah dan kesialan, selamat dari orang yang tamak dan rakus, terhindar dari rasa lapar dan dahaga saat ditempat terpencil, mendapatkan kebaikan serta keselamatan di dunia dan di akhirat, menjaga sewaktu berada ditempat tidur, menyembuhkan rasa sakit / penyakit dan masih banyak lagi fadhilah dari surat Al-Ikhlas.


Berikut ini 9 waktu paling mustajab untuk mengamalkan surat Al-Ikhlas:

1. Pada waktu pagi dan sore hari.

2. Sebelum tidur.

3. Ketika hendak meruqyah atau menyembuhkan rasa sakit / penyakit.

4. Setelah selesai sholat fardhu untuk wirid harian.

5. Saat mengerjakan sholat sunnah fajar.

6. Saat mengerjakan sholat sunnah ba’diyah maghrib.

7. Saat mengerjakan sholat witir tiga raka’at.

8. Saat mengerjakan sholat maghrib pada malam jumat.

9. Saat mengerjakan sholat dua raka’at dibelakang maqom Ibrahim setelah thowaf.


Demikian sedikit informasi tentang fadhilah dan keutamaan surat Al-Ikhlas yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar doa dan amalan dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Fadhilah dan keutamaan Surat Al-Ikhlas serta cara mengamalkannya"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: