Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Khasiat dan Manfaat Kayu Walikukun Asli

gambar gelang kayu walikukun asli
Gelang Kayu Walikukun Asli
Hartalangit.com – Kayu Walikukun merupakan salah satu jenis kayu bertuah yang terkenal memiliki banyak khasiat dan manfaat. Pohon Walikukun sendiri merupakan jenis pohon yang didalam taksonomi memiliki nama latin Schoutenia ovata Korth.

Dibeberapa daerah pohon ini memiliki nama yang berbeda, misalnya saja di Sunda pohon ini di namakan Harikukun, di Jawa pohon ini dinamakan Lanji dan Walikukun sedangkan di Madura pohon ini di namakan Walekokon dan Kokon.

Pohon Walikukun banyak tumbuh dihutan-hutan tropis dipulau Jawa dan dibeberapa daerah di Indonesia bagian timur. Umumnya pohon Walikukun tumbuh bergerombol didataran rendah hingga ketinggian mencapai 900 mdpl.

gambar pohon walikukun
Pohon Walikukun
Diameter pohon Walikukun bisa mencapai 50 cm dan tingginya bisa mencapai 25 meter, tapi dibeberapa daerah tinggi pohon ini hanya sekitar 10 meter saja.

Kayu Walikukun berwarna coklat kemerahan hingga coklat tua dengan tekstur yang keras, padat, halus dan tidak mudah patah serta memiliki bobot yang tergolong berat (mbobot).

Daunnya berbentuk bulat telur (oval) berwarna kehijauan dibagian atasnya dan coklat kemerahan di sisi bawahnya serta berbulu halus. Panjang daun Walikukun sekitar 12 - 17 cm dan lebarnya sekitar 4 - 8 cm.

Bunga Walikukun berwarna putih kekuningan yang tersusun membentuk tandan sedangkan buahnya berbentuk bulat dengan diameter sekitar 6 mm dan berbiji tunggal.

Kayu Walikukun memiliki kualitas yang cukup bagus dan terkenal sangat ulet sehingga banyak dibuat menjadi bantalan rel kereta, roda pedati, tiang, pagar atau benda-benda lainnya.

Selain terkenal dengan kualitasnya yang bagus, kayu Walikukun juga terkenal memiliki khasiat supranatural. Karena kepercayaan itulah sehingga banyak yang sengaja menanam pohon Walikukun dipekarangan rumah sebagai sarana tolak bala, karena pohon ini dipercaya dapat menangkal dan menetralisir energi negatif yang ada disekitarnya seperti gangguan mahluk halus dan serangan ilmu hitam.

Kayu Walikukun juga banyak dijadikan aksesoris seperti gelang, kalung, cincin, tasbih dan tongkat karena selain memiliki serat dan warna yang indah, benda-benda yang terbuat dari kayu Walikukun dipercaya memiliki khasiat supranatural sehingga banyak yang menggunakannya sebagai jimat untuk tujuan-tujuan tertentu.


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat kayu Walikukun asli:
gambar tasbih kayu walikukun asli
Tasbih Kayu Walikukun
1. Untuk kewibawan dan kharisma

Kayu Walikukun dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan aura kewibawaan dan kharisma. Orang yang memakai / memiliki kayu Walikukun asli akan terlihat lebih berwibawa dan berkharisma dimata orang lain sehingga akan disegani dan dihormati oleh banyak orang.

2. Untuk tolak bala

Energi positif yang dipancarkan kayu Walikukun dapat menangkal dan menetralisir energi negatif yang ada disekitarnya sehingga dapat menghindarkan pemiliknya dari marabahaya, terutama yang sifatnya ghaib seperti serangan ilmu hitam dan gangguan mahluk halus yang berniat jahat.

3. Meningkatkan energi spiritual

Kayu Walikukun sangat cocok dijadikan tasbih karena kayu ini memiliki energi alami yang bersifat teduh dan dapat membawa ketenangan batin bagi pemiliknya. Orang yang memakai tasbih Walikukun akan lebih khusus’ dalam berdzikir sehingga energi spiritualnya akan semakin meningkat.

Selain itu, kayu Walikukun juga dapat menyerap dan menyimpan energi supranatural dan jika sering digunakan untuk wirid maka lama-kelamaan akan terisi energi dari amalan-amalan yang dikerjakan sehingga khasiatnya akan menjadi lebih ampuh dan multifungsi.

Kayu Walikukun juga dikenal sebagai “kayu laduni” dan diyakini dapat membantu orang yang memakainya (untuk berdzikir) memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi sehingga dapat memahami dan menguasai berbagai macam keilmuan.

Tapi hanya kayu Walikukun asli saja yang memiliki khasiat, sedangkan kayu Walikukun palsu tidak memiliki khasiat dan manfaat apapun (dari sisi supranatural) selain hanya sebagai aksesoris.

Kayu Walikukun banyak dipalsukan karena termasuk kayu bertuah yang langka dan peminatnya cukup banyak. Selain itu, harga kayu Walikukun juga termasuk cukup mahal jika dibandingkan dengan kayu jenis lainnya.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, khasiat, manfaat dan kegunaan kayu Walikukun asli yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar kayu bertuah dan benda-benda pusaka dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan Manfaat Kayu Walikukun Asli"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: