Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Khasiat dan Manfaat Batu Lapis Lazuli

gambar batu lapis lazuli asli
Batu Lapis Lazuli
Hartalangit.com – Batu Lapis Lazuli memiliki ciri khas berwarna biru tua dan terkadang terdapat bintik-bintik putih (kalsit) atau kilau emas (pirit) pada permukaannya dengan tingkat kekerasan sekitar 5 - 6 skala Mohs. Batu ini sudah dikenal dan digunakan lebih dari 6500 tahun yang lalu.

Batu Lapis Lazuli sangat disukai oleh orang Mesir, Babilonia, Cina, Yunani dan Romawi dan telah digunakan dalam karya seni terbaik sepanjang masa. Salah satunya yang paling terkenal adalah penggunaan batu ini pada topeng kematian Raja Tutankhamun.

Ratu Cleopatra konon juga menggunakan Lapis Lazuli sebagai eye shadow. Bahkan Marco Polo pernah menulis tentang penambangan Lapis Lazuli pada tahun 1271.

Pada Abad Pertengahan para pelukis menggunakan Lapis Lazuli untuk membuat cat biru tua yang dikenal sebagai "ultramarin", yaitu warna biru yang digunakan untuk melukis gaun Maria dari Nazaret di dinding dan langit-langit gereja, termasuk Kapel Sistina.

Di Amerika Selatan, budaya pra-Columbus, termasuk suku Inca juga mengukir, memperdagangkan dan memperebutkan batu Lapis Lazuli dari tambang Argentina dan Chili.


Sejak zaman dulu batu Lapis Lazuli sering dikaitkan dengan kekuatan dan keberanian, royalti dan kebijaksanaan serta kecerdasan dan kebenaran.

Di zaman Mesir kuno, batu Lapis Lazuli dijadikan bubuk dan dipakai disekitar mata untuk meningkatkan penglihatan. Hal ini dianggap dapat menyeimbangkan chakra alis (yang mempengaruhi penglihatan dan pendengaran).

Ketidak seimbangan chakra frontal (biru) di anggap dapat menyebabkan sakit kepala, kecemasan dan gangguan kulit. Batu Lapis Lazuli dapat digunakan pada chakra mata ketiga dan dahi karena dipercaya dapat mengumpulkan sifat intelektual dan intuisi.

Batu Lapis Lazuli juga merupakan simbol keceriaan dan keharmonisan sehingga batu ini di anggap sebagai batu cinta dan persahabatan yang dapat menciptakan aura kelembutan serta simpati bagi pemiliknya.

Nama Lapis Lazuli berasal dari dua budaya yang berbeda, “Lapis” adalah bahasa Latin yang artinya “batu”, sedangkan “Lazuli” berasal dari bahasa Persia “Lazhuward” yang artinya “biru”.

Setiap unsur yang ada di alam semesta ini, baik yang berupa batu, kayu, maupun logam pada dasarnya memiliki energi alami yang diserap dari alam selama proses pembentukannya, termasuk batu Lapis Lazuli yang dipercaya memiliki energi alami yang dapat di manfaatkan untuk tujuan-tujuan tertentu.

Selain memiliki tampilan fisik yang indah, batu Lapis Lazuli juga dipercaya memiliki khasiat dan manfaat yang berkaitan dengan kesejahteraan, spiritual dan kesehatan.


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat batu Lapis Lazuli asli:

1. Untuk keberuntungan

Batu Lapis Lazuli dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi orang yang memakainya sehingga sering disebut sebagai batu pembawa hoki.

2. Meningkatkan kecerdasan

Batu Lapis memiliki aura teduh yang menenangkan dan dapat meningkatkan konsentrasi serta kecerdasan.

3. Untuk kewibawaan dan kharisma

Batu Lapis Lazuli juga memiliki khasiat untuk meningkatkan kewibawaan dan kharisma. Orang yang memakai batu ini akan terlihat lebih berwibawa dan berkharisma sehingga akan disegani dan dihormati oleh orang-orang disekitarnya.

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Keindahan batu Lapis Lazuli dapat meningkatkan rasa percaya diri pemakainya. Orang yang memakai batu ini akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, supel dan menyenangkan sehingga akan disukai oleh orang-orang disekitarnya dan lebih mudah untuk meyakinkan orang lain.

5. Untuk pengasihan

Energi positif yang dipancarkan batu Lapis Lazuli dapat meningkatkan daya tarik yang akan membuat pemakainya terlihat lebih menarik dan menyenangkan di mata orang lain, terutama lawan jenis. Batu ini juga dipercaya dapat menumbuhkan kesetiaan, rasa kebersamaan dan persahabatan.


6. Untuk kesehatan

Selain memiliki khasiat supranatural, batu Lapis Lazuli juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

- Untuk meningkatkan stamina / gairah.

- Untuk menyembuhkan penyakit cacar (biasanya dijadikan kalung).

- Untuk menyembuhkan sakit kepala.

- Untuk menyembuhkan penyakit sinus dan masalah kemampuan berbicara.

- Membantu mengatasi nyeri saraf.

- Menyembuhkan sakit tenggorokan.


Demikian sedikit informasi tentang sejarah, khasiat dan manfaat batu Lapis Lazuli asli yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar batu permata dan benda-benda pusaka dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan Manfaat Batu Lapis Lazuli"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: