Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Asal-Usul dan Khasiat Mistis Minyak Bintang Suku Dayak

gambar minyak bintang asli suku dayak
Ilustrasi

Hartalangit.com – Minyak Bintang adalah ramuan sakti khas Suku Dayak yang terkenal ampuh untuk mengobati luka atau cidera parah seperti patah tulang atau luka akibat perang dalam waktu yang relatif cepat. Namun dibalik khasiat ampuhnya, ada cerita-cerita mistis dibalik proses pembuatannya yang konon menggunakan bahan-bahan yang tidak lazim.

Ada beragam versi tentang asal-usul dan proses pembuatan Minyak Bintang Suku Dayak, ada yang mengatakan bahwa Minyak Bintang terbuat dari ot4k Manusia yang mati terbunuh (musuh), ada yang mengatakan terbuat dari otak ular piton, ada juga yang mengatakan terbuat dari burung tertentu yang kakinya dipatahkan berulang kali secara bertahap saat masih berada disarang dan ramuan-ramuan rahasia lainnya.

Selain terbuat dari bahan-bahan yang tidak biasa dan sulit didapatkan, proses pembuatan Minyak Bintang asli Suku Dayak konon juga melalui serangkaian ritual khusus yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja.

Setelah Minyak Bintang selesai dibuat maka akan dilakukan ritual khusus pada malam hari ketika bintang-bintang dilangit bersinar untuk memanggil roh leluhur guna meminta kekuatan dari cahaya bintang.


Minyak Bintang konon juga tidak bisa dibuat oleh sembarang orang karena haya keturunan atau orang yang memiliki sanad dari pembuat Minyak Bintang saja yang bisa membuatnya.

Ajaibnya, Minyak Bintang yang biasanya dikemas dalam botol seukuran jari kelingking ini konon tidak akan habis meskipun dipakai berkali-kali selama cara pemakaiannya benar, yaitu dengan cara mencelupkan sebatang lidi khusus ke dalam botol / wadahnya lalu mengoleskannya pada luka / cidera yang ingin disembuhkan.

Cara menggunakan Minyak Bintang bisa berbeda-beda antara satu orang dengan orang yang lainnya tergantung dari tujuan menggunakan minyak tersebut atau tingkat keperahan dari luka yang diderita.

Untuk luka ringan cukup di olesi Minyak Bintang pada bagian yang terluka, sedangkan untuk menyembuhkan patah tulang maka Minyak Bintang harus diminum agar tulang yang patah dan bergeser bisa kembali lagi seperti semula.

Reaksi Minyak Bintang akan dirasakan pada malam hari seakan tulang-tulang yang patah bergerak sendiri dan kembali menyatu seperti sediakala.


Bahkan yang lebih mencengangkan lagi, konon Minyak Bintang bisa digunakan untuk menghidupkan orang yang mati karena terbunuh, oleh karena itulah minyak ini juga disebut minyak sambung nyawa.

Cara menggunakan Minyak Bintang untuk menghidupkan orang mati yaitu dengan meneteskannya ke mulut orang meninggal yang ingin dihidupkan.

Setelah ditetesi Minyak Bintang maka pada malam harinya ketika bintang-bintang dilangit bersinar terang, orang yang sudah meninggal tersebut akan bangkit dari kematian dan semua luka-luka yang ada ditubuhnya juga akan sembuh total tanpa bekas sama sekali.

Tapi orang yang dihidupkan menggunakan Minyak Bintang akan memiliki dendam kesumat kepada pelaku yang telah membunuhnya dan akan membalaskan dendamnya. Pikirannya tidak akan pernah tenang karena setiap saat selalu terbayang-bayang wajah orang yang telah berbuat jahat kepadanya. Hal itu akan berlangsung selamanya sampai dia berhasil membalaskan dendamnya.

Meskipun terkenal sangat ampuh tapi konon ada efek negatif dari Minyak Bintang yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya.


Berikut ini beberapa dampak negatif Minyak Bintang:

gambar minyak bintang asli kalimantan
Ilustrasi

1. Orang yang memiliki Minyak Bintang konon akan sering menhgalami luka, dari mulai luka kecil sampai luka-luka yang parah. Tapi luka-luka tersebut dapat disembuhkan dengan mudah menggunakan Minyak Bintang.

Hal itu di karenakan Minyak Bintang memiliki daya magis yang sangat kuat dan ingin selalu digunakan. Orang yang memiliki Minyak Bintang asli bisa menjadi Balian Mambu (tabib sakti).

2. Orang yang semasa hidupnya pernah meminum Minyak Bintang konon akan memiliki kesaktian yang luar biasa dan sulit untuk dibunuh, tapi ketika ajalnya sudah tiba orang tersebut akan sulit meninggal. Meskipun nafasnya sudah tidak ada tapi beberapa anggota tubuhnya masih ada yang berfungsi.

Untuk menghindari hal itu biasanya orang yang telah melakukan pengobatan menggunakan Minyak Bintang akan memakan pisang emas dan labu putih untuk mengeluarkan Minyak Bintang dari dalam tubuh.

3. Selain akan membuat orang yang meminumnya susah meninggal, konon jika Minyak Bintang disimpan didalam rumah dapat mendatangkan kesialan, seperti membuat usaha / bisnis bangkrut dan membuat penghuni rumah sering mengalami sakit.

Minyak Bintang juga akan kehilangan khasiatnya jika dirumah yang menjadi tempat penyimpanannya ada orang yang meninggal dunia. Oleh karena itu, biasanya Minyak Bintang akan disempan ditempat khusus di luar rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Saat menyimpan Minyak Bintang, posisi botol / wadahnya tidak boleh terbalik.

Dan jika hendak dibawa ke luar Pulau Kalimantan atau menyeberang laut, Minyak Bintang harus dibalut dengan tanah liat asli dari tempat asalnya agar khasiatnya tidak hilang.


Demikian sedikit informasi tentang asal-usul, mitos dan khasiat ghaib Minyak Bintang Suku Dayak Kalimantan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar dunia spiritual dan supranatural dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Asal-Usul dan Khasiat Mistis Minyak Bintang Suku Dayak"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: