Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri dan Khasiat Batu Ruby Asli

gambar batu ruby madagaskar asli natural
Batu Ruby
Hartalangit.com – Batu Ruby merupakan salah satu jenis batu permata (batu mulia) yang sangat populer di seluruh dunia dan digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan, baik pria maupun wanita.

Di beberapa peradaban, batu Ruby di anggap sebagai batu permata yang sangat berharga, bahkan di India pada era Hindu Kuno batu ini menduduki kasta tertinggi (Kasta Brahmana).

Mereka meyakini bahwa orang yang mempersembahkan batu Ruby kualitas terbaik kepada Dewa Krishna akan dilahirkan kembali sebagai Raja dikehidupan berikutnya. Konon orang yang memiliki batu Ruby juga akan selalu mendapatkan keselamatan dan perlindungan.

Di Burma batu ini juga memiliki legenda, konon para prajurit yang memiliki batu Ruby tidak akan terkalahkan dalam pertempuran jika mereka menyisipkan batu ini ke dalam kulitnya dan menjadi bagian dari tubuhnya seperti penggunaan susuk.

Di Indonesia batu permata Ruby lebih dikenal sebagai batu Mirah Delima karena memiliki warna merah yang khas seperti buah delima yang sudaqh matang.

Nama Ruby berasal dari bahasa Latin "Ruber" yang berarti merah, dan dalam bahasa Sansekerta Ruby disebut Rajnaraj atau The King Of Gemstone.

Pada umumnya batu Ruby memiliki warna merah yang khas, tapi ada juga batu Ruby yang berwarna oranye, ungu dan merah muda. Warna batu Ruby yang mempesona membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya, baik untuk dijadikan perhiasan atau untuk dikoleksi.

Batu Ruby merupakan batu permata yang terbentuk dari mineral korundum, yaitu sebuah bentuk kristal alumunium oksida yang merupakan salah satu mineral paling tahan lama di bumi.

Pada umumnya batu Ruby berwarna merah khas yang mempesona, tapi ada juga batu Ruby yang berwarna oranye, ungu dan merah muda.

Selain memiliki serat dan warna yang indah, batu Ruby juga dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi pemiliknya. Karena keistimewaannya itulah yang membuat batu Ruby sangat diminati oleh para penggemar dan kolektor batu permata.


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat batu Ruby asli:

1. Untuk kewibawaan dan rasa percaya diri

Batu Ruby dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan kewibawan dan kharisma serta menumbuhkan rasa percaya diri.

Orang yang memakai batu Ruby akan terlihat lebih berwibawa dan berkharisma di mata orang lain sehingga akan disegani dan dihormati oleh orang-orang disekitarnya. Selain itu, orang yang memakai batu Ruby juga akan lebih percaya diri lebih optimis dalam menjalani hidup.

2. Untuk tolak bala

Batu Ruby juga dapat digunakan sebagai sarana tolak bala, karena energi positif yang dipancarkan batu ini dipercaya dapat menangkal dan menetralisir energi negatif yang ada disekitarnya serta dapat menjauhkan hal-hal buruk yang datang kepada pemiliknya.


3. Untuk keberuntungan

Batu Ruby juga dipercaya dapat membawawa keberuntungan (hoki), membantu kestabilan finansial, membantu memudahkan dalam mengembangkan usaha / bisnis dan membantu meningkatkan karier pemiliknya.

Konon orang yang memiliki batu Ruby akan selalu mendapatkan keberuntungan dalam segala hal dan apa yang dikerjakannya akan selalu berhasil.

4. Meningkatkan kualitas spiritual

Batu Ruby sangat cocok dimiliki oleh orang yang mendalami ilmu spiritual, karena energinya dapat membantu meningkatkan perkembangan spiritual pemiliknya.

5. Untuk kesehatan

Selain dipercaya memiliki khasiat supranatural, batu Ruby juga dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan, di antaranya untuk membantu kesuburan wanita, mengatasi masalah kejantanan pria, serta meningkatkan regenerasi sel dan sistem kekebalan tubuh terhadap segala macam penyakit.

Energi positif yang dipancarkan batu Ruby juga dapat mengaktifkan kembali chakra jantung apabila mendapat pukulan emosional. Batu ini juga dapat menjaga fungsi empedu, kelenjar adrenaline serta melancarkan sirkulasi darah.

Tapi hanya batu Ruby asli (natural) saja yang memiliki khasiat, sedangkan batu Ruby palsu (sintetis) tidak memiliki khasiat dan manfaat apapun selain hanya sebagai aksesoris.

Batu Ruby banyak dipalsukan karena peminatnya cukup banyak dan harganya juga tergolong mahal. Oleh karena itu, jika berniat membeli batu Ruby sebaiknya kenali dulu ciri-ciri keaslianya agar tidak salah beli, karena dipasaran banyak sekali beredar batu Ruby palsu (sintetis).

Batu Ruby asli dan palsu dapat dikenali dengan memperhatikan beberapa faktor, dari mulai harga, bentuk, warna, kemilau cahaya dan lainnya. Batu Ruby yang asli memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi, yaitu 9,0 skala Mohs sehingga batu ini tidak mudah tergores atau pecah.


Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara batu Ruby asli dan batu Ruby palsu:

1. Batu Ruby yang asli pasti memiliki serat alami dan tidak sempurna (terdapat retakan) sehingga tampilannya tidak begitu jernih. Sedangkan batu Ruby palsu (sintetis) tidak memiliki serat batu sehingga tampilannya terlihat sangat jernih (cemerlang).

2. Pantulan cahaya dari batu Ruby asli akan membentuk three-ray atau six-point star (membentuk bintang) yang ditimbulkan oleh permukaan batu Ruby yang memiliki serat dalam. Sedangkan pada batu Ruby palsu tidak memiliki ciri tersebut.

3. Karena tingkat kekerasannya sangat tinggi, batu Ruby yang asli tidak mudah tergores walaupun digores menggunakan baja sekalipun, sedangkan batu Ruby palsu mudah sekali tergores.

4. Harga batu Ruby yang asli termasuk mahal, jadi jika ada yang menawarkan batu Ruby dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran sebaiknya jangan mudah tergiur.

5. Cara yang paling akurat adalah dengan melakukan tes / uji batu Ruby di laboratorium gemologi.

Jadi sebelum membeli batu Ruby sebaiknya kenali dulu ciri-cirinya agar tidak salah beli, atau agar lebih aman sebaiknya belilah pada penjual yang terpercaya karena biasanya batu Ruby yang dijual akan disertai sertifikat dari laboratorium gemologi sebagai bukti keasliannya.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, khasiat dan manfaat batu Ruby asli yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar batu permata dan benda-benda pusaka dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri dan Khasiat Batu Ruby Asli"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: