Advertisement

Ciri-ciri perbedaan batu Ruby asli dan palsu serta khasiatnya

gambar batu ruby madagaskar asli
Ilustrasi Batu Ruby Madagaskar

Hartalangit.com – Di Indonesia batu permata Ruby lebih dikenal sebagai batu Mirah Delima karena memiliki warna merah yang khas. Batu ini termasuk salah satu jenis batu mulia berkelas yang bernilai tinggi.

Batu Ruby merupakan batu permata yang terbentuk dari mineral korundum, yaitu sebuah bentuk kristal alumunium oksida yang merupakan salah satu mineral paling tahan lama di Bumi.

Pada umumnya batu Ruby berwarna merah khas yang mempesona, tapi ada juga batu Ruby yang berwarna oranye, ungu dan merah muda.

Batu ini banyak diminati para penggemar dan kolektor batu permata karena selain keindahannya, batu ini juga dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi pemiliknya.


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat batu Ruby:

gambar batu ruby birma asli
Ilustrasi Batu Ruby Birma

1. Batu Ruby memiliki energi alam yang mampu memancarkan kewibawan, kharisma, menumbuhkan rasa percaya diri dan menjadikan pemiliknya lebih optimis dalam menjalani hidup.

2. Energi positif yang dipancarkan batu Ruby juga dapat menangkal energi negatif dan hal-hal buruk yang datang kepada pemiliknya.

3. Batu Ruby juga dipercaya dapat membawawa keberuntungan, membantu kestabilan finansial, membantu dalam mengembangkan usaha/bisnis dan membantu meningkatkan karier pemiliknya.

4. Bagi orang-orang yang mendalami ilmu spiritual, aura batu Ruby dapat membantu meningkatkan perkembangan spiritual pemiliknya.

5. Energi alam yang terpancar batu Ruby juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti untuk membantu kesuburan wanita dan mengatasi masalah kejantanan pria, meningkatkan regenerasi sel dan sistem kekebalan tubuh terhadap segala macam penyakit, dan dapat mengaktifkan kembali chakra jantung apabila mendapat pukulan emosional, bagus untuk fungsi empedu, kelenjar adrenaline serta sirkulasi darah.

Tapi karena banyaknya peminat batu Ruby dan harganya yang tergolong mahal membuat batu ini banyak dipalsukan. Oleh karena itu, jika berniat untuk membeli batu Ruby sebaiknya kenali dulu ciri-cirinya agar tidak salah beli batu Ruby palsu.

Ciri-ciri batu Ruby palsu dapat dikenali dengan memperhatikan beberapa faktor, seperti: harga, bentuk, warna, kemilau cahaya dan lainnya.

Batu Ruby yang asli memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi, yaitu 9,0 skala Mohs sehingga batu ini tidak mudah tergores.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara batu Ruby asli dan batu Ruby palsu:

1. Batu Ruby yang asli pasti memiliki serat alami dan tidak sempurna (terdapat retakan) sehingga tampilan batu tidak begitu jernih. Sedangkan batu Ruby palsu (sintetis) tidak memiliki serat batu sehingga tampilannya terlihat jernih (cemerlang).

2. Pantulan cahaya dari batu Ruby asli akan membentuk three-ray atau six-point star (membentuk bintang) yang ditimbulkan oleh permukaan batu Ruby yang memiliki serat dalam. Sedangkan pada batu Ruby palsu tidak memiliki ciri tersebut.

3. Karena tingkat kekerasannya yang tinggi, batu Ruby yang asli tidak mudah tergores walaupung digores menggunakan baja sekalipun, sedangkan batu Ruby palsu mudah tergores.

4. Harga batu Ruby yang asli termasuk mahal, jadi jika ada yang menawarkan batu Ruby dengan harga yang murah jauh dari harga pasaran sebaiknya jangan mudah tergiur.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan batu Ruby asli dan palsu serta khasiatnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar batu permata dan benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Ciri-ciri perbedaan batu Ruby asli dan palsu serta khasiatnya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: