Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri dan Khasiat Batu Blue Safir Asli

gambar batu blue safir / blue sapphire asli natural
Batu Blue Safir
Hartalangit.com – Batu Blue Safir (Blue Sapphire) merupakan salah satu jenis batu mulia bernilai tinggi yang digemari oleh para penggemar dan kolektor batu permata di seluruh dunia, karena selain memiliki keindahan pada serat dan warnanya, batu ini juga dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat.

Sejak jaman dulu batu Blue Sapphire sudah dijadikan sebagai lambang kecantikan dan kemewahan, bahkan para Raja dan Ratu serta para bangsawan banyak yang menggunakan batu ini sebagai perhiasan.

Batu Blue Safir terbentuk dari mineral korondum yang mengandung kristal tunggal aluminium oksida. Warna birunya yang khas terlihat begitu mempesona sehingga membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya.

Batu Blue Safir tidak hanya memiliki sisi keindahan dari tampilan fisiknya saja, batu ini juga dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi orang yang memakainya.


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat batu Blue Safir asli:

1. Untuk kesehatan

Getaran energi alam yang dipancarkan batu Blue Safir akan membuat peredaran darah menjadi lancar dan dapat meningkatkan fungsi organ-organ tubuh sehingga akan membuat kondisi fisik orang yang memakainya menjadi lebih sehat dan bugar serta memiliki stamina yang prima.

2. Untuk ketenangan batin

Energi positif yang dipancarkan batu Blue Safir bersifat teduh sehingga akan mempengaruhi perasaan orang yang memakainya menjadi lebih tenang, nyaman dan bahagia.

Batu ini dipercaya dapat menjernihkan pikiran, memberikan ketenangan batin, memberikan perasaan bahagia, meningkatkan motivasi dan juga orientasi tujuan hidup ke arah yang lebih baik.

3. Untuk keselamatan

Batu Blue Safir dipercaya memiliki tuah atau khasiat untuk keselamatan bagi pemiliknya. Energi positif yang dipancarkan batu ini dapat menangkal energi negatif dan hal-hal buruk yang datang kepada pemiliknya, seperti musibah dan niat jahat orang lain.


4. Untuk kewibawaan dan kharisma

Batu Blue Safir juga dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan kewibawaan dan kharisma. Orang yang memakai batu ini akan terlihat lebih berwibawa dan berkharisma dimata orang lain sehingga akan disegani dan dihormati oleh orang-orang disekitarnya.

Selain itu, orang yang memakai batu Blue Safir juga akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan lebih optimis dalam menjalani hidup.

5. Untuk meredam emosi

Energi batu Blue Safir yang bersifat dingin dapat mempengaruhi perasaan orang yang memakainya menjadi lebih tenang dan lebih sabar sehingga tidak mudah marah serta menjadi lebih bijaksana dalam menghadapi segala persoalan.

6. Untuk keberuntungan

Orang yang memakai batu Blue Safir akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan terlihat sangat berwibawa dimata orang lain sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain, baik dalam pekerjaan, bisnis atau hal-hal lainnya. Dan bagi seorang pemimpin maka akan lebih disegani dan semua perintahnya akan dipatuhi oleh bawahannya.

Selain itu, batu Blue Safir juga akan mempermudah datangnya berbagai ide baru yang segar sehingga dapat membuka peluang-peluang baru yang menguntungkan.

Batu Blue Safir juga dapat meningkatkan proses berpikir menjadi lebih tajam dan cepat dalam mengambil keputusan sehingga hasilnya akan lebih akurat. Batu ini memiliki kekuatan yang menakjubkan untuk memberikan kejernihan berfikir sehingga mencegah kebingungan dan keraguan pemiliknya dalam mengambil keputusan yang tepat.

Orang yang memakai batu Blue Safir mampu mengambil keputusan dengan baik meskipun berada dalam situasi yang membingungkan sehingga akan mendapatkan lebih banyak keberuntungan karena pengambilan keputusan yang tepat.

Dengan memiliki batu Blue Safir secara tidak langsung juga akan berdampak pada peningkatan kekayaan karena akan mendorong pemasukkan lebih banyak dan bisa di andalkan untuk mencapai stabilitas keuangan dan bisnis.


7. Menetralisir energi negatif

Batu Blue Safir atau Safir Biru sangat efektif untuk menetralisir segala bentuk energi negatif. Pengaruh positif batu ini dapat menghilangkan segala sisi negatif dan rasa takut yang tidak jelas serta tidak diketahui sebabnya, sehingga dapat menghindarkan seseorang dari depresi yang berat.

8. Meningkatkan kualitas spiritual

Aura batu Blue Safir (Blue Sapphire) dapat meningkatkan kualitas spiritual seseorang karena dapat meningkatkan konsentrasi dan ketenangan saat bermeditasi.

Batu ini juga dapat melatih intropeksi diri serta realisasi diri sehingga sangat baik digunakan untuk mendampingi seseorang dalam perjalanan spiritualnya.

Tapi hanya batu Blue Safir asli saja yang memiliki khasiat, sedangkan batu Blue Safir palsu (sintetis) tidak memiliki khasiat dan manfaat apapun selain hanya sebagai aksesoris.

Batu Blue Safir (Blue Sapphire) merupakan jenis batu permata yang identik dengan warna birunya yang sangat menawan sehingga membuat banyak orang terpesona dan ingin memilikinya.

Batu ini banyak dipalsukan karena peminatnya cukup banyak dan harganya juga tergolong mahal. Dipasaran banyak sekali beredar batu Blue Safir palsu (sintetis) yang terkadang oleh penjualnya dikatakan sebagai batu asli (natural).

Oleh karena itu jika berniat membeli batu Blue Safir sebaiknya kenali dulu ciri-ciri keasliannya agar tidak salah beli.

Untuk membedakan batu Blue Safir asli dengan batu Blue Safir imitasi / sintetis memang cukup sulit karena pabrik maupun laboratorium memproduksi batu Blue Safir sintetis sangat mirip dengan aslinya, mulai dari warna, berat, tingkat kekerasan dan bentuknya atau yang sering disebut King Safir, sehingga bagi orang yang awam tentang batu permata akan kesulitan untuk membedakannya.


Ciri-ciri batu Blue Safir asli dan batu Blue Safir palsu:

Pada umumnya semua batu alam termasuk batu Blue Safir memiliki inklusi atau serat didalamnya. Tapi inklusi yang ada didalam batu Blue Safir sangat kecil sehingga sulit dilihat dengan mata telanjang.

Demikian juga pada batu Blue Safir palsu (sintetis) yang juga memiliki inklusi atau gelembung gas, jadi akan sangat sulit untuk membedakan keduanya dengan cara melihat seratnya tanpa alat bantu.

Jadi untuk mengetahui keaslian dari batu Blue Safir bisa dilakukan dengan menggunakan kaca pembesar yang memiliki tingkat pembesaran 10x sampai 20x dari ukuran semula.

Biasanya guratan putih atau serat pada batu Blue Safir asli akan terlihat dengan menggunakan kaca pembesar ukuran 20x pembesaran. Sedangkan pada batu Blue Safir sintetis akan terlihat dengan menggunakan kaca pembesar ukuran 10x.

Jadi intinya, guratan atau serat pada batu Blue Safir yang asli lebih kecil dibandingkan dengan serat pada batu Blue Safir palsu (sintetis).

Ciri yang paling umum dan mudah untuk mengenali batu Blue Safir asli alam dan Blue Safir sintetis (palsu) terletak pada seratnya.

Pada batu Blue Safir yang asli umumnya akan menunjukkan karakter asli batu itu sendiri dengan adanya serat-serat alami yang terdapat didalam batu tersebut.

Sedangkan pada batu Blue Safir sintetis (palsu) akan terlihat lebih jernih dan bersih karena hanya terdapat sedikit serat didalamnya.


Berikut ini beberapa cara untuk membedakan batu Blue Safir asli dengan batu Blue Safir palsu:

1. Tempelkan batu Blue Safir pada pipi. Usahakan jangan memegang batu secara langsung untuk menghindari penyerapan suhu tubuh, biasanya batu yang asli akan tetap terasa dingin.

Batu Blue Safir yang asli jika terkena suhu panas akan cepat dingin, berbeda dengan batu Blue Safir palsu (sintetis) yang jika terkena suhu panas maka panasnya akan lebih lama.

2. Panaskan batu pada nyala api lilin, lalu bakar batu pada bagian yang cembung. Jika tidak ada perubahan warna seperti gosong dan berubah warna menjadi coklat kehitaman yang menempel berarti batu itu asli.

Batu Blue Safir atau Blue Sapphire asli jika dibakar atau dipanaskan biasanya akan terasa panas, tapi akan cepat dingin dan bekas bakaran tidak menempel.

3. Goreskan batu Blue Safir pada kaca, pada batu yang asli tidak akan meninggalkan bekas goresan karena tingkat kekerasannya tinggi.

4. Cara yang paling akurat adalah dengan melakukan tes / uji batu Blue Safir di laboratorium gemologi.

Jadi sebelum membeli batu Blue Safir sebaiknya kenali dulu ciri-cirinya agar tidak salah beli atau belilah pada penjual yang terpercaya.

Biasanya penjual yang terpercaya akan menyertakan sertifikat dari laboratorium gemologi sebagai bukti keaslian dari batu Blue Safir yang dijualnya.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, khasiat, manfaat dan kegunaan batu Blue Safir asli yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar batu permata dan benda-benda pusaka dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri dan Khasiat Batu Blue Safir Asli"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: