Advertisement

Ciri-ciri batu Blue Safir asli dan palsu serta khasiatnya

gambar batu blue safir asli
Batu Blue Safir Srilangka

Hartalangit.com – Batu Blue Safir merupakan salah satu jenis batu mulia berkelas yang bernilai tinggi dan banyak digemari oleh para penggemar batu permata di selurur Dunia, karena selain keindahannya, batu ini juga dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat.

Sejak jaman dahulu batu Blue Sapphire sudah dijadikan sebagai lambang kecantikan dan kemewahan, bahkan para Raja atau Ratu dan para pemimpin serta para bangsawan banyak yang menggunakan batu ini sebagai perhiasan.

Batu Blue Safir merupakan jenis batu yang terbentuk dari mineral korondum yang mengandung kristal tunggal aluminium oksida. Warna birunya yang khas terlihat begitu mempesona sehingga membuat banyak orang ingin memilikinya.

Batu Blue Safir tidak hanya memiliki sisi keindahan dari bentuk dan warnanya saja, batu ini juga dipercaya memiliki beberapa khasiat dan manfaat bagi pemiliknya.


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat batu Blue Safir:

1. Untuk kesehatan

Getaran energi alam yang dipancarkan batu Blue Safir akan membuat peredaran darah menjadi lancar, sehingga akan membuat kondisi fisik pemakainya menjadi lebih sehat, memiliki stamina yang prima dan meningkatkan fungsi organ-organ tubuh.

2. Untuk ketenangan batin

Energi positif yang dipancarkan batu Blue Safir bersifat teduh/dingin, sehingga akan mempengaruhi perasaan orang yang memakainya menjadi lebih tenang, nyaman dan bahagia.

Batu ini dipercaya dapat menjernihkan pikiran, memberikan ketenangan batin, memberikan perasaan bahagia, meningkatkan motivasi dan juga orientasi tujuan hidup ke arah yang lebih baik.

3. Untuk keselamatan

Batu Blue Safir dipercaya memiliki tuah atau khasiat untuk keselamatan bagi pemakainya. Energi positif yang dipancarkan batu ini dapat menangkal energi negatif dan hal-hal buruk yang datang kepada pemiliknya, seperti musibah dan niat jahat orang lain.

4. Untuk kewibawaan dan kharisma

Energi yang dipancarkan batu Blue Safir akan membuat orang yang memakainya memiliki wibawa dan kharisma yang besar sehingga akan disegani dan dihormati oleh banyak orang. Selain itu, orang yang memakai batu ini juga akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

5. Untuk meredam emosi

Auranya yang dingin juga dapat membuat perasaan orang yang memakainya menjadi lebih tenang dan lebih sabar, sehingga tidak mudah marah serta menjadi lebih bijaksana dalam menghadapi segala persoalan.

6. Untuk keberuntungan

Orang yang memakai batu Blue Safir akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan terlihat sangat berwibawa dimata orang lain, sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain, baik dalam pekerjaan, bisnis atau hal-hal lainnya. Bagi seorang pemimpin maka akan lebih disegani dan semua perintahnya akan dipatuhi.

Selain itu, batu Blue Safir juga akan mempermudah datangnya berbagai ide baru yang segar sehingga dapat membuka peluang-peluang baru yang menguntungkan.

Batu Blue Safir juga akan meningkatkan proses berpikir menjadi lebih tajam dalam mengambil keputusan, sehingga hasilnya akan lebih akurat.

Batu ini memiliki kekuatan yang menakjubkan untuk memberikan kejernihan berfikir sehingga mencegah kebingungan dan keraguan pemiliknya dalam mengambil keputusan yang tepat.

Seseorang yang memakai batu Blue Safir akan bisa mengambil keputusan dengan baik meskipun berada dalam situasi yang membingungkan, sehingga akan banyak keberuntungan yang didapatkan karena pengambilan keputusan yang tepat.

Dengan memiliki batu Blue Safir secara tidak langsung juga akan berdampak pada peningkatan kekayaan karena akan mendorong pemasukkan lebih banyak dan bisa diandalkan untuk mencapai stabilitas keuangan dan bisnis.

7. Menetralisir energi negatif

Batu Blue Safir atau Safir Biru juga sangat efektif untuk menetralisir energi negatif dan dapat menghilangkan segala sisi negatif serta rasa takut yang tidak jelas dan tidak diketahui sebabnya, sehingga dapat menghindarkan seseorang dari depresi yang berat.

8. Meningkatkan spiritual

Aura batu Blue Safir dapat meningkatkan kualitas spiritual karena dapat meningkatkan fokus saat bermeditasi.

Batu ini juga dapat melatih intropeksi diri dan juga realisasi diri sehingga sangat baik digunakan untuk mendampingi seseorang dalam perjalanan spiritualnya.


Ciri-ciri batu Blue Safir asli dan palsu:

Batu Blue Safir atau Blue Sapphire merupakan jenis batu permata yang identik dengan warna birunya yang sangat menawan sehingga membuat banyak orang terpesona dan ingin memilikinya.

Tapi karena banyaknya peminat batu Blue Safir menyebabkan batu ini banyak dipalsukan demi meraup keuntungan karena harganya tergolong mahal.

Untuk membedakan batu Blue Safir asli dengan Blue Safir imitasi/sintetis memang cukup sulit karena pabrik maupun laboratorium memproduksi batu Blue Safir sintetis sangat mirip dengan aslinya, mulai dari warna, berat, tingkat kekerasan dan bentuknya sehingga bagi orang yang awam tentang batu permata akan kesulitan untuk membedakannya.

Pada umumnya semua batu alam termasuk batu Blue Safir memiliki inklusi atau serat didalamnya. Tapi inklusi yang ada didalam batu Blue Safir sangatlah kecil, sehingga sulit dilihat dengan mata telanjang.

Demikian juga pada batu Blue Safir palsu (sintetis) yang juga memiliki inklusi atau gelembung gas, jadi akan sangat sulit untuk membedakan keduanya dengan cara melihat seratnya tanpa alat bantu.

Jadi untuk melihat keaslian dari batu Blue Safir, bisa dilakukan dengan menggunakan kaca pembesar yang memiliki tingkat pembesaran 10x sampai 20x dari ukuran semula.

Biasanya guratan putih atau serat pada batu Blue Safir asli akan terlihat dengan menggunakan kaca pembesar ukuran 20x pembesaran. Sedangkan pada batu Blue Safir sintetis akan terlihat dengan menggunakan kaca pembesar ukuran 10x.

Jadi intinya, guratan atau serat pada batu Blue Safir yang asli lebih kecil dibandingkan dengan serat pada batu Blue Safir palsu (sintetis).

Ciri yang paling umum dan mudah untuk mengenali batu Blue Safir asli alam dan Blue Safir sintetis (palsu) terletak pada seratnya.

Pada batu Blue Safir yang asli umumnya akan menunjukkan karakter asli batu itu sendiri dengan adanya serat-serat alami yang terdapat didalam batu tersebut.

Sedangkan pada Blue Safir sintetis (palsu) akan terlihat lebih jernih dan bersih karena hanya terdapat sedikit serat didalamnya.

Berikut ini beberapa cara untuk membedakan batu Blue Safir asli dan batu Blue Safir palsu:

1. Tempelkan batu Blue Safir pada pipi. Usahakan jangan memegang batu secara langsung untuk menghindari penyerapan suhu tubuh, biasanya batu yang asli akan tetap terasa dingin.

Batu Blue Safir yang asli jika terkena suhu panas akan cepat dingin, berbeda dengan batu Blue Safir palsu (sintetis) yang jika terkena suhu panas maka panasnya akan lebih lama.

2. Panaskan batu pada nyala api lilin, lalu bakar batu pada bagian yang cembung. Jika tidak ada perubahan warna seperti gosong dan berubah warna menjadi coklat kehitaman yang menempel berarti batu itu asli.

Batu Blue Safir atau Blue Sapphire asli jika dibakar atau dipanaskan biasanya akan terasa panas, tapi akan cepat dingin dan bekas bakaran tidak menempel.

3. Goreskan batu Blue Safir pada kaca, pada batu yang asli tidak akan meninggalkan bekas goresan karena tingkat kekerasannya tinggi.

4. Cara yang paling akurat adalah dengan melakukan tes/uji batu Blue Safir di laboratorium gemologi.

Jadi sebelum membeli batu Blue Safir sebaiknya kenali dulu ciri-cirinya agar tidak salah beli, atau belilah pada penjual yang terpercaya.

Biasanya penjual yang terpercaya akan menyertakan sertifikat dari laboratorium gemologi sebagai bukti keaslian dari batu Blue Safir yang dijualnya.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri batu Blue Safir asli dan palsu serta khasiat dan manfaatnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar batu permata dan benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Ciri-ciri batu Blue Safir asli dan palsu serta khasiatnya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: