Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Khasiat dan manfaat batu Bacan asli

gambar batu bacan doko
Ilustrasi batu Bacan Doko

Hartalangit.com – Batu Bacan pernah sangat populer beberapa tahun lalu hingga membuat banyak orang memburu batu ini meskipun harganya terbilang cukup mahal.

Batu ini berasal dari daerah Maluku dan sudah dikenal sejak jaman Kesultanan Maluku, bahkan konon mahkota-mahkota Sultan Maluku juga dihiasai dengan batu jenis ini.


Nama batu Bacan sendiri diambil dari nama sebuah pulau yang berada disebelah timur pulau Kasiruta, yaitu pulau Bacan. Di pulau inilah batu Bacan pertama kali diperjual belikan sehingga orang-orang mengenalnya sebagai batu Bacan.

Batu Bacan termasuk jenis batu yang istimewa karena batu ini akan terus berubah seiring waktu sehingga sering dikatakan bisa hidup karena semakin lama akan terjadi perubahan warna menjadi semakin bening walaupun sudah dibentuk menjadi perhiasan.

Rata-rata batu Bacan yang ditemukan memang tidak sempurna, tapi batu ini akan terus berubah menjadi lebih sempurna secara perlahan-lahan.

Hal ini disebabkan oleh kandungan mineral Calsedoni dan Berrylium pada batu Bacan yang menyebabkan perubahan tersebut terus terjadi. Mineral Calsedoni ini yang membuat batu Bacan menjadi lebih bening (kristal).

Kandungan Berrylium di Bumi hanya sedikit, yaitu sekitar 2 ppm. Berrylium dapat ditemukan dengan ikatan batuan lain seperti batu Bacan ini.

Kandungan mineral Calsedoni dan Berrylium yang tinggi inilah yang menyebabkan batu mengkristal menjadi daging batu dan menjadi cerah seiring waktu walaupun sudah diolah.

Ikatan Berrylium dengan mineral Calsedoni ini hanya ditemukan pada batu Bacan, maka tidak heran jika harga batu Bacan terbilang cukup mahal dibanding batu akik jenis lainnya.

Batu Bacan memiliki banyak varian warna seperti hijau, biru, kuning, hijau cincau, hijau muda, putih bening, putih susu, merah, merah kecoklatan, keunguan, warna teh, dan warna kembang sehingga batu ini semakin diminati.

Ada dua jenis batu Bacan yang sering dijumpai, yaitu batu Bacan Doko dan batu Bacan Palamea. Batu Bacan Doko berasal dari desa Doko di pulau Kasiruta dengan ciri khas batunya berwarna hijau tua.

Sedangkan bati Bacan Palamea berasal dari desa Palamea yang juga berada di pulau Kasiruta dengan ciri khas batunya berwarna hijau kebiruan. Di pulau Kasiruta juga ada desa Imbu-imbu dan Basori yang juga merupakan sumber batu Bacan.

gambar batu bacan palamea
Ilustrasi batu Bacan Palamea


Selain karena keindahan warnanya dan keistimewaannya yang dapat berubah mengkristal seiring waktu, batu Bacan juga dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi pemakainya, baik khasiat fisik maupun non fisik.

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat batu Bacan:

1. Untuk keselamatan

Batu Bacan dipercaya memiliki tuah atau khasiat untuk keselamatan bagi pemakainya. Energi positif yang dipancarkan dari batu ini dapat menjauhkan atau menangkal hal-hal negatif yang datang kepada pemiliknya.

2. Untuk ketenangan batin

Energi yang dipancarkan batu Bacan bersifat teduh/sejuk, sehingga akan mempengaruhi perasaan orang yang memakainya menjadi lebih tenang, nyaman dan bahagia.

3. Meredam emosi

Aura batu Bacan yang teduh akan membuat perasaan orang yang memakainya menjadi lebih tenang dan lebih sabar sehingga tidak mudah tersulut emosinya.

4. Untuk keberuntungan

Orang yang memakai batu Bacan akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan terlihat menyenangkan di amata orang lain, sehingga akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain, baik dalam pekerjaan, bisnis atau hal-hal lainnya.

5. Untuk kewibawaan dan kharisma

Energi yang dipancarkan batu Bacan akan membuat orang yang memakainya memiliki wibawa dan kharisma yang besar sehingga akan disegani dan dihormati oleh banyak orang.

6. Untuk pengasihan

Orang yang memakai batu Bacan akan terlihat menyenangkan sehingga akan disukai oleh banyak orang termasuk oleh lawan jenis.

7. Untuk stamina pria

Batu Bacan sering disebut sebagai batu jahanam dari Maluku karena diyakin memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Salah satu khasiat batu Bacan yaitu untuk menambah stamina pria dewasa, karena getaran energi positif dari batu ini akan membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga kondisi tubuh pemakainya akan selalu bugar dan prima.


Demikian sedikit informasi tentang khasiat dan manfaat batu Bacan asli yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar jimat dan benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan manfaat batu Bacan asli"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: