Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Khasiat dan Manfaat Batu Bacan Asli

gambar batu bacan doko asli
Batu Bacan Doko
Hartalangit.com – Batu Bacan pernah sangat populer beberapa tahun yang lalu hingga membuat banyak orang memburu batu ini meskipun saat itu harganya terbilang cukup mahal.

Batu ini berasal dari daerah Maluku dan sudah dikenal sejak jaman Kesultanan Maluku, bahkan konon mahkota Sultan-Sultan Maluku juga dihiasai dengan batu jenis ini.

Nama batu Bacan sendiri di ambil dari nama sebuah pulau yang berada disebelah timur pulau Kasiruta, yaitu pulau Bacan. Di pulau inilah batu Bacan pertama kali diperjual belikan sehingga orang-orang mengenalnya sebagai batu Bacan.

Batu Bacan termasuk jenis batu yang istimewa karena batu ini akan terus berubah seiring waktu sehingga sering dikatakan bisa hidup karena semakin lama akan terjadi perubahan warna menjadi semakin bening walaupun sudah dibentuk menjadi perhiasan.

Rata-rata batu Bacan yang ditemukan memang tidak sempurna, tapi batu ini akan terus berubah menjadi lebih sempurna secara perlahan-lahan.

Hal itu disebabkan oleh kandungan mineral Calsedoni dan Berrylium pada batu Bacan yang menyebabkan perubahan tersebut terus terjadi. Mineral Calsedoni inilah yang membuat batu Bacan menjadi lebih bening (kristal).


Menurut penelitian kandungan Berrylium di bumi hanya sedikit, yaitu sekitar 2 ppm. Berrylium dapat ditemukan dengan ikatan batuan lain seperti batu Bacan ini.

Kandungan mineral Calsedoni dan Berrylium yang tinggi inilah yang menyebabkan batu mengkristal menjadi daging batu dan menjadi cerah seiring waktu walaupun sudah diolah.

Ikatan Berrylium dengan mineral Calsedoni ini hanya ditemukan pada batu Bacan, maka tidak heran jika harga batu Bacan terbilang cukup mahal dibanding batu akik jenis lainnya.

Batu Bacan memiliki banyak varian warna seperti hijau, biru, kuning, hijau cincau, hijau muda, putih bening, putih susu, merah, merah kecoklatan, keunguan, warna teh, dan warna kembang sehingga batu ini semakin diminati.

Ada dua jenis batu Bacan yang sering dijumpai, yaitu batu Bacan Doko dan batu Bacan Palamea. Batu Bacan Doko berasal dari desa Doko di pulau Kasiruta dengan ciri khas batunya berwarna hijau tua.

Sedangkan batu Bacan Palamea berasal dari desa Palamea yang juga berada di pulau Kasiruta dengan ciri khas batunya berwarna hijau kebiruan. Di pulau Kasiruta juga ada desa Imbu-imbu dan Basori yang juga merupakan penghasil batu Bacan.
gambar batu bacan palamea asli
Batu Bacan Palamea
Selain karena keindahan warnanya dan keistimewaannya yang dapat berubah mengkristal seiring waktu, batu Bacan juga dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi pemiliknya, baik khasiat fisik maupun non fisik.


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat batu Bacan asli:

1. Untuk keselamatan

Batu Bacan dipercaya memiliki tuah atau khasiat untuk keselamatan bagi pemiliknya. Energi positif yang dipancarkan batu ini dipercaya dapat menangkal dan menjauhkan hal-hal negatif yang ada disekitarnya.

2. Untuk ketenangan batin

Energi yang dipancarkan batu Bacan bersifat teduh / sejuk sehingga akan mempengaruhi pikiran dan perasaan orang yang memakainya menjadi lebih tenang, nyaman dan bahagia.

3. Meredam emosi

Aura batu Bacan yang teduh akan membuat perasaan orang yang memakainya menjadi lebih tenang dan lebih sabar sehingga tidak mudah tersulut emosinya.

4. Untuk keberuntungan

Orang yang memakai batu Bacan akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan terlihat menyenangkan di amata orang lain, sehingga akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain, baik dalam pekerjaan, bisnis atau hal-hal lainnya.


5. Untuk kewibawaan dan kharisma

Batu Bacan juga dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan kewibawaan dan kharisma. Orang yang memakai batu Bacan akan terlihat lebih berwibawa sehingga akan disegani dan dihormati oleh orang-orang disekitarnya, baik kawan maupun lawan.

6. Untuk pengasihan

Orang yang memakai batu Bacan juga akan terlihat lebih menyenangkan sehingga akan disukai oleh orang-orang disekitarnya, termasuk oleh lawan jenis.

7. Untuk stamina pria

Batu Bacan sering disebut sebagai batu jahanam dari Maluku karena diyakin memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Salah satu khasiat batu Bacan yang paling terkenal yaitu untuk meningkatkan stamina pria dewasa, karena getaran energi positif dari batu ini akan membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga kondisi tubuh orang yang memakainya akan selalu bugar dan memiliki stamina yang prima.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, khasiat, manfaat dan kegunaan batu Bacan asli yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar batu akik dan benda-benda pusaka dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan Manfaat Batu Bacan Asli"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: