Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri dan Khasiat Batu Zamrud Asli

gambar cincin batu zamrud colombia asli
Batu Zamrud (Emerald)
Hartalangit.com – Batu Zamrud atau Emerald adalah salah satu jenis batu permata atau batu mulia yang sangat terkenal diseluruh dunia, karena selain memiliki keindahan pada serat dan warnanya, batu ini juga dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi pemiliknya.

Batu Zamrud memiliki ciri khas berwarna hijau sampai hijau tua dengan variasi hijau segar, hijau kekuningan dan hijau kebiruan. Batu ini termasuk mineral silikat beril (mengandung beryllium) dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium.

Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam rona pada warna hijau tersebut. Batu Zamrud (Emerald) memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi, yaitu 7,5 skala Mohs. Mayoritas mineral Zamrud memiliki ciri khas berupa retakan-retakan ataupun serat-serat alami.

Banyak jenis batu permata yang berwarna hijau, tapi hijau Zamrud-lah yang dianggap paling mempesona dan dapat menciptakan suasana sejuk, aman dan nyaman sehingga dapat menjaga kesegaran jasmani dan rohani.

Pada zaman dahulu batu Zamrud (Emerald) hanya dimiliki dan dipakai oleh para Raja, para bangsawan dan para pembesar Kerajaan sebagai simbol keagungan dan kekuasaan.

Batu Zamrud dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat, baik fisik maupun non fisik. Karena kepercayaan itulah batu Zamrud tidak hanya digunakan sebagai perhiasan saja, tapi ada juga yang menggunakannya sebagai jimat untuk tujuan-tujuan tertentu.


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat batu Zamrud asli:
gambar natural zamrud colombia
Batu Zamrud (Emerald)
1. Untuk meningkatkan kewibawaan dan rasa percaya diri

Orang yang memakai batu Zamrud akan terlihat lebih berwibawa dan berkharisma dimata orang lain sehingga akan disegani dan dihormati oleh orang-orang disekitarnya. Selain itu, orang yang memakai batu Zamrud juga akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

2. Untuk perlindungan dan tolak bala

Batu Zamrud juga dipercaya memiliki khasiat untuk perlindungan dan tolak bala. Energi positif yang dipancarkan batu Zamrud dapat menangkal dan menjauhkan hal-hal negatif yang datang kepada pemiliknya, termasuk hal-hal yang sifatnya ghaib seperti serangan ilmu hitam dan gangguan mahluk halus atau roh jahat.

3. Untuk ketenangan batin

Energi yang dipancarkan batu Zamrud bersifat teduh / dingin sehingga akan mempengaruhi pikiran dan perasaan orang yang memakainya menjadi lebih tenang, nyaman dan bahagia.

Auranya yang dingin juga dapat membuat perasaan orang yang memakainya menjadi lebih tenang, sabar dan tidak mudah marah sehingga lebih bijaksana dalam bertindak atau mengambil keputusan.

4. Untuk keberuntungan

Orang yang memakai batu Zamrud akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan terlihat sangat berwibawa sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain, baik dalam pekerjaan, bisnis atau urusan-urusan lainnya. Bagi seorang pemimpin maka semua perintahnya akan dipatuhi oleh bawahannya.


5. Untuk penyembuhan

Batu Zamrud juga memiliki khasiat untuk kesehatan fisik dan emosional, dapat menyembuhkan penyakit saraf dan mental, menguatkan memori serta mempercepat daya pikir dan kreativitas. Orang yang pelupa sangat cocok menggunakan batu Zamrud karena energinya dapat menstimulasi visi dan pemahaman yang jelas.

Warna hijau batu Zamrud merupakan sarana penyembuh untuk penyakit mata dan dapat mencegah keracunan, mencegah serangan epilepsy dan jika diletakkan dimulut dapat menurunkan gejala desentri.

Selain itu, batu Zamrud juga berkhasiat untuk penyembuhan liver, sakit kepala, mengatasi kencing manis dan sebagai penawar sengatan / gigitan binatang berbisa.

Menurut legenda, batu Zamrud dapat mmperkuat daya ingat pemiliknya, meningkatkan kepandaian dan membantu memprediksi masa depan.

Tapi hanya batu Zamrud asli saja yang memiliki khasiat, sedangkan batu Zamrud palsu (sintetis) tidak memiliki khasiat dan manfaat apapun selain hanya sebagai aksesoris.

Batu Zamrud (Emerald) banyak dipalsukan karena peminatnya cukup banyak dan harganya juga tergolong mahal. Oleh karena itulah jika berniat membeli batu Zamrud, baik itu batu Zamrud Colombia, batu Zamrud Zambia atau batu Zamrud jenis lainnya sebaiknya kenali dulu ciri-ciri keasliannya agar tidak salah beli, karena dipasaran banyak sekali beredar batu Zamrud palsu (sintetis).


Ciri-ciri batu Zamrud (Emerald) asli:

Keaslian batu Zamrud sebetulnya cukup mudah dikenali dengan melihat serat inklusi alaminya yang unik, baik yang dapat dilihat oleh mata maupun dengan loop (kaca pembesar). Cara lain untuk mengetahui keaslian batu Zamrud yaitu dengan meletakkan batu ini diantara dua jari tangan.

Batu Zamrud yang asli akan menyala terang secara perlahan karena batu ini termasuk batuan alami yang mudah menyerap energi di sekitarnya dan akan di refleksikan ke dalam kristal batu sehingga membentuk partikel (ion-ion) yang membuat batu Zamrud menyala terang.

Banyak orang yang menganggap jika jenis atau tempat asal batu Zamrud merupakan patokan untuk menilai kualitasnya. Hal itu sebetulnya kurang relevan karena batu Zamrud dari jenis yang sama belum tentu memiliki kulaitas yang sama.


Jadi sebetulnya kualitas batu Zamrud bukan ditentukan dari mana asalnya, tapi ada parameter khusus yang bisa digunakan untuk menilai kualitas batu Zamrud, yaitu:

1. Kualitas warna

Pada dasarnya batu Zamrud berwarna hijau dan selebihnya hanya ada percampuran hijau-biru dan hijau-kuning. Kedua jenis warna tersebut dapat menjadikan sebuah batu Zamrud menjadi indah jika didukung kepekatan dan gradasi yang rapi serta proporsional.

2. Kualitas kristal

Batu Zamrud yang berkualitas bagus adalah yang memiliki kualitas kristal lebih bersih, tidak terdapat kotoran alami, bening dan transparant. Semakin bening berarti semakin halus serat batu Zamrud tersebut.

3. Kualitas serat

Dengan serat yang lebih halus maka kristal lebih bening sehingga cahaya yang terperangkap dan terbias keluar akan lebih maksimal karena tidak terhalang oleh inklusi kotoran yang biasanya berwarna hitam.

Terkadang batu Zamrud memiliki keindahan yang unik dengan serat inklusi alami yang banyak. Serat batu Zamrud yang halus ini disebut serat bulu burung (silk feather) atau sering juga disebut jardin.

4. Kualitas cahaya (luster)

Setelah mendapati warna yang lebih jelas dengan percampuran “hue” yang bagus baik hijau kebiruan maupun hijau kekuningan dan mendapatkan kristal yang lebih bersih dari inklusi serta berserat yang halus dan unik, selanjutnya untuk menilai kualitas sebuah batu Zamrud yang bagus adalah dengan melihat cahaya luster yang tajam dan atraktif sehingga mengeluarkan kerlipan yang indah.

5. Kualitas potongan

Batu Zamrud yang memiliki potongan rapi dinilai lebih tinggi dipasaran karena selain lebih enak dilihat juga lebih mudah dan lebih bagus untuk dipasang di cincin (ring).

6. Ukuran

Ukuran dan berat batu Zamrud juga menjadi tolak ukur suatu penilaian harga, baik itu untuk batu Zamrud yang berkualitas bagus ataupun yang berkualitas rendah.

Seperti halnya batu permata / batu mulia lainnya, batu Zamrud juga perlu dirawat untuk menjaga kualitas dan keindahannya dengan treatment yang tepat.

Cara merawat batu Zamrud:

Untuk perawatan batu Zamrud bisa menggunakan colorless oil atau menggunakan minyak chedar, karena treatment ini tidak merubah unsur-unsur didalam batu Zamrud dan dapat menambah keindahan batu Zamrud yang bersifat hampir permanen.

Semakin lama batu Zamrud disimpan dan dirawat dengan treatment “colorless oil” maka warnanya akan semakin indah dan kualitasnya akan semakin bagus.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, khasiat dan manfaat batu Zamrud asli yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar batu permata dan benda-benda pusaka dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri dan Khasiat Batu Zamrud Asli"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: