Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri batu Zamrud asli dan khasiatnya

gambar batu zamrud colombia asli
Batu Zamrud/Emerald

Hartalangit.com – Batu Zamrud atau Emerald adalah salah satu jenis batu permata atau batu mulia yang sangat terkenal diseluruh Dunia, karena selain keindahannya, batu ini juga dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi pemiliknya.

Batu Zamrud berwarna hijau sampai hijau tua. Batu ini termasuk mineral silikat beril (mengandung beryllium) dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium.

Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam rona pada warna hijau tersebut. Kekerasan batu Zamrud/Emerald termasuk tinggi, yaitu 7,5 skala Mohs.


Pada jaman dahulu, batu Zamrud hanya dimiliki dan dipakai oleh para Raja, para bangsawan dan para pembesar Negara sebagai simbol keagungan dan kekuasaan.

Batu Zamrud adalah batu permata yang bernilai tinggi dengan warna hijau sampai hijau tua dengan variasi warna hijau segar, hijau kekuningan dan hijau kebiruan. Mayoritas mineral Zamrud membawa ciri khas alami berupa retakan-retakan ataupun serat-serat.

Banyak jenis batu permata yang berwarna hijau, tapi hijau Zamrud-lah yang dianggap paling mempesona dengan dapat menciptakan suasana sejuk, aman dan nyaman serta menjaga kesegaran jasmani dan rohani.

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat batu Zamrud:

1. Meningkatkan kepercayaan diri dan kewibawaan

Energi yang dipancarkan batu Zamrud akan membuat orang yang memakainya memiliki wibawa dan kharisma yang besar sehingga akan disegani dan dihormati oleh banyak orang. Selain itu, orang yang memakai batu Zamrud juga akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

2. Untuk perlindungan

Batu Zamrud dipercaya memiliki tuah atau khasiat untuk keselamatan bagi pemakainya. Energi positif yang dipancarkan dari batu ini dapat menjauhkan atau menangkal hal-hal negatif yang datang kepada pemiliknya, termasuk gangguan mahluk halus atau roh jahat.

3. Untuk ketenangan batin

Energi yang dipancarkan batu Zamrud bersifat teduh/dingin, sehingga akan mempengaruhi perasaan orang yang memakainya menjadi lebih tenang, nyaman dan bahagia.

Auranya yang dingin juga dapat membuat perasaan orang yang memakainya menjadi lebih tenang dan lebih sabar sehingga tidak mudah marah.

4. Untuk keberuntungan

Orang yang memakai batu Zamrud akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan terlihat sangat berwibawa di amata orang lain sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain, baik dalam pekerjaan, bisnis atau hal-hal lainnya. Bagi seorang pemimpin maka semua perintahnya akan dipatuhi.

5. Untuk penyembuhan

Batu Zamrud juga memiliki khasiat untuk penyembuhan fisik dan emosional serta penyakit saraf dan mental, menguatkan memori dan mempercepat daya pikir serta kreativitas.

Orang yang pelupa sangat cocok menggunakan batu Zamrud karena energinya dapat menstimulasi visi dan pemahaman yang jelas.

Warna hijau batu Zamrud merupakan sarana penyembuh untuk penyakit mata dan dapat mencegah keracunan, mencegah serangan epilepsy dan jika diletakkan dimulut dapat menurunkan gejala desentri.

Selain itu, batu Zamrud juga berkhasiat untuk penyembuhan liver, sakit kepala, mengatasi kencing manis dan sebagai penawar sengatan/gigitan binatang berbisa.

Menurut legenda, batu Zamrud dapat mmperkuat daya ingat pemiliknya, meningkatkan kepandaian dan membantu memprediksi masa depan.

Ciri-ciri batu Zamrud/Emerald yang asli:

Keaslian batu Zamrud cukup mudah dikenali, dengan serat inklusi alami yang unik baik yang dapat dilihat oleh mata maupun dengan loop (kaca pembesar).

Cara lainnya untuk mengetahui keaslian batu Zamrud adalah dengan meletakkan batu ini diantara dua jari tangan.

Batu Zamrud yang asli akan menyala terang secara perlahan karena batu ini termasuk batu alami yang mudah menyerap energi di sekitarnya dan akan di refleksikan didalam kristal batu sehingga membentuk partikel (ion-ion) yang membuat batu Zamrud menyala terang.

Banyak orang yang menganggap jika jenis atau tempat asal batu Zamrud merupakan patokan untuk menilai kualitasnya. Hal ini sebetulnya kurang relevan karena batu Zamrud dari jenis yang sama belum tentu memiliki kulaitas yang sama.

Jadi, kualitas batu Zamrud bukan hanya di ukur dari mana asalnya, tapi ada parameter khusus yang bisa digunakan untuk menilai kualitas batu Zamrud, yaitu:

- Kualitas warna

Pada dasarnya batu Zamrud berwarna hijau dan selebihnya hanya ada percampuran hijau-biru dan hijau-kuning. Kedua jenis warna tersebut dapat menjadikan sebuah batu Zamrud menjadi indah jika didukung kepekatan dan gradasi yang rapi dan proporsional.

- Kualitas kristal

Batu Zamrud yang berkualitas bagus adalah yang memiliki kualitas kristal lebih bersih, tidak terdapat kotoran alami, bening dan transparant. Semakin bening berarti semakin halus serat batu Zamrud tersebut.

- Kualitas serat

Dengan serat yang lebih halus maka kristal lebih bening sehingga cahaya yang terperangkap dan terbias keluar akan lebih maksimal karena tidak terhalang oleh inklusi kotoran yang biasanya berwarna hitam.

Terkadang, batu Zamrud memiliki keindahan yang unik dengan serat inklusi alami yang banyak. Serat batu Zamrud yang halus ini disebut serat bulu burung atau silk feather atau juga disebut jardin.

- Kualitas cahaya (luster)

Setelah mendapati warna yang lebih jelas dengan percampuran “hue” yang bagus baik hijau kebiruan maupun hijau kekuningan, dan mendapatkan kristal yang lebih bersih dari inklusi serta berserat yang halus dan unik, selanjutnya untuk menilai kualitas sebuah batu Zamrud yang bagus adalah dengan melihat cahaya luster yang tajam dan atraktif sehingga mengeluarkan kerlipan yang indah.

- Kualitas potongan

Batu Zamrud yang memiliki potongan rapi dinilai lebih tinggi dipasaran karena selain lebih enak dilihat juga lebih mudah dan lebih bagus untuk dipasang di cincin/ring.

- Ukuran

Ukuran dan berat batu Zamrud juga menjadi tolak ukur suatu penilaian harga, baik itu untuk batu Zamrud yang berkualitas bagus ataupun yang berkualitas rendah.

Cara merawat batu Zamrud:

Seperti halnya batu permata/batu mulia lainnya, batu Zamrud juga perlu dirawat untuk menjaga kualitas dan keindahannya.

Untuk perawatan batu Zamrud bisa menggunakan colorless oil atau menggunakan minyak chedar, karena treatment ini tidak merubah unsur-unsur didalam batu Zamrud dan dapat menambah keindahan batu Zamrud yang bersifat hampir permanen.

Semakin lama batu Zamrud disimpan dan dirawat dengan treatment “colorless oil” maka akan semakin indah dan semakin bagus kualitasnya.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri batu Zamrud asli dan manfaatnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar batu permata dan benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri batu Zamrud asli dan khasiatnya"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: