Advertisement

Khasiat batu Giok untuk kesehatan dan keberuntungan

gambar batu giok asli
Batu Giok

Hartalangit.com – Batu Giok (Jade) merupakan salah satu jenis batu yang sudah dikenal dan digunakan sebagai perhiasan sejak ribuan tahun yang lalu.

Selain karena keindahan warna dan bentuknya, batu Giok juga dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi orang yang memakainya.


Sejak ribuan tahun yang lalu, batu yang identik dengan warna hijau ini sudah digunakan oleh Kaisar-Kaisar China pada masa lampau dan di anggap sebagai benda berharga bernilai tinggi yang memiliki banyak khasiat.

Hal itu dibuktikan dengan ditemukannya reruntuhan bangunan sisa-sisa peninggalan dari Dinasti Shang (4.700 - 2.200 Sebelum Masehi) dimana batu Giok sudah dijadikan sebagai hiasan dimakam-makam para Raja Shang.

Pada zaman dahulu, batu Giok bernilai sangat tinggi dan bahkan melebihi nilai emas dan berlian didunia barat. Batu Giok juga menjadi material favorit bagi para pengrajin di China untuk membuat berbagai macam perhiasan dan karya seni.

Batu Giok juga sering digunakan untuk menghiasi benda-benda terbaik dan patung tokoh-tokoh penting dan yang dikultuskan.

Tidak hanya itu saja, batu Giok juga sering digunakan untuk menghiasi perabot pemakaman bagi keluarga Kaisar atau para pembesar Kerajaan di China.

Batu Giok di anggap sangat berharga dan bernilai tinggi karena selain memiliki keindahan, batu ini juga dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat.

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat batu Giok:

1. Untuk kesehatan

Getaran energi alam yang dipancarkan batu Giok dapat melancarkan sirkulasi darah dan membuang racun yang ada didalam tubuh, sehingga akan membuat kondisi fisik pemakainya menjadi lebih sehat dan bugar.

Batu Giok juga memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti penyakit pinggang dan ginjal. Bahkan ada kepercayaan bahwa orang yang memakai batu Giok akan berumur panjang.

2. Untuk keberuntungan

Energi positif yang terpancar dari batu Giok dapat membangkitkan kepercayaan diri, semangat dan motivasi hidup pemiliknya sehingga akan banyak keberuntungan yang akan didapatkan dengan memakai batu ini, termasuk dalam hal rejeki.

3. Untuk keselamatan

Energi positif batu Giok mampu menetralkan dan menangkal energi negatif serta hal-hal buruk yang datang kepada pemiliknya, baik yang bersifat fisik maupun non fisik.

4. Untuk kewibawaan dan kharisma

Orang yang memakai batu Giok akan terlihat lebih berwibawa dan berkharisma sehingga akan disegani dan dihormati oleh banyak orang.

5. Untuk ketenangan batin

Energi alam yang terdapat pada batu Giok bersifat dingin/sejuk sehingga akan mempengaruhi pikiran dan perasaan pemiliknya menjadi lebih tenang, nyaman, damai dan bahagia.

6. Dapat meredam emosi

Aura batu Giok yang dingin akan membuat pemiliknya menjadi pribadi yang tenang, sabar, bijaksana dan tidak mudah tersulut emosinya.

Mengenai sifatnya yang dingin, batu Giok memang lebih dingin dari batu jenis lain seperti obsidian, serpentin, atau prehnit karena batu Giok memiliki thermal inertia atau kelembaman panas lebih tinggi.

Tapi jika dibandingkan dengan mineral kelompok kwarsa, ternyata kelembaman panasnya seimbang sehingga rasa dinginnya juga dapat dipastikan sama.


Batu Giok yang dinyatakan asli hanya ada dua jenis batuan, yaitu Nefrit (Nephrite) dan Jadeit (Jadeite). 
Berbeda dengan Nefrite yang dikenal luas dalam kebudayaan China sejak zaman Neolitikum (6000 tahun sebelum Masehi), Jadeit baru dikenal pada pertengahan abad ke-18, yaitu pada masa Dinasti Ching (1644-1912).

Jadeit memiliki sifat-sifat yang berbeda dari Nefrit, baik secara mineralogi ataupun gemologi. Mineral penyusun Jadeit adalah piroksen, sedangkan mineral penyusun Nefrit adalah amfibol.

Berat jenisnya juga lebih besar, transparansinya lebih tinggi dan warnanya lebih hidup dan lebih beragam. Dipasaran, Jadeit dihargai jauh lebih tinggi dari Nefrit.

Di antara sifat-sifat yang disyaratkan oleh para penggemar batu Giok di Indonesia seperti tahan gores, tahan panas dan terasa dingin, ternyata hanya sifat tahan goreslah yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

Hal ini dikarenakan kekerasan batu Giok yang  cukup tinggi yaitu sekitar 6,5 untuk Nefrit dan 7,0 untuk Jadeit dalam skala Mohs.

Sifat tahan gores ini merupakan metode pertama yang sering digunakan untuk  membedakan batu Giok asli dengan batu Giok palsu.


Demikian sedikit informasi tentang beberapa khasiat dan manfaat batu Giok yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar batu permata dan benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Khasiat batu Giok untuk kesehatan dan keberuntungan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: