Advertisement

Ciri-ciri batu Marjan asli dan khasiatnya

gambar batu marjan asli
Ilustrasi batu Marjan asli

Hartalangit.com – Batu Marjan saat ini menjadi salah satu jenis batu permata yang cukup populer dan banyak digunakan sebagai perhiasan karena selain keindahannya, batu ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi pemakainya.

Batu Marjan merupakan jenis batu fosil yang berasal dari batuan karang laut dengan ciri khas berwarna merah terang sehingga terlihat sangat menarik jika digunakan sebagai perhiasan.


Bahkan dalam satu riwayat diceritakan bahwa Nabi Musa AS juga pernah memakai cincin batu Marjan. Yang lebih menarik lagi, nama batu ini juga tercantum didalam Al-Qur’an yaitu surat Ar-Rahman ayat 22 dan 58.

Dari kedua ayat tersebut dikatakan jika batu Marjan adalah sebuah batu yang sangat indah yang keindahannya setara dengan keindahan Bidadari di Surga.

Karena keistimewaanya itulah yang membuat batu Marjan menjadi salah satu jenis batu yang banyak diburu oleh para kolektor dan penggemar batu permata.

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat batu Marjan:

1. Membuka aura

Salah satu manfaat dari batu Marjan adalah untuk membuka aura pemakainya sehingga akan terlihat lebih menarik dimata orang lain.

2. Untuk pengasihan

Energi alam yang ada pada batu Marjan akan membuat aura positif pemakainya terpancar lebih kuat sehingga orang yang memakai batu ini akan memiliki daya tarik dan pesona yang tinggi.

3. Untuk kewibawaan

Batu Marjan juga memiliki khasiat untuk menambah kewibawaan sehingga orang yang memakai batu ini akan terlihat lebih berwibawa dan memiliki kharisma yang tinggi sehingga akan dihormati dan disegani oleh banyak orang.

4. Untuk penglaris

Batu Marjan juga cocok dimiliki oleh seorang pedagan atau pengusaha karena energi positif dari batu ini akan membuat orang yang yang memakainya menjadi tampak menarik dan menyenangkan sehingga akan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk atau barang dagangannya.

Karena keindahan dan manfaatnya itulah yang membuat batu Marjan banyak diburu, baik sekedar untuk dijadikan perhiasan atau untuk dijadikan sebagai jimat. Maka tidak heran jika harga batu ini semakin melambung karena peminatnya semakin banyak.

Karena banyaknya peminat batu ini dan harganya yang cukup tinggi itulah yang menyebabkan batu Marjan banyak dipalsukan. Jadi sebelum membeli batu Marjan sebaiknya kenali dulu ciri-ciri batu Marjan yang asli dan yang palsu agar tidak salah beli.

Berikut ini beberapa ciri-ciri perbedaan antara batu Marjan yang asli dan yang palsu:

gambar natural red coral
Ilustrasi Red Coral

1. Meskipun batu Marjan merupakan batuan karang (coral) yang terkenal memiliki banyak pori-pori, tapi setelah dibentuk batu ini tidak memiliki rongga sehingga permukaannya sangat halus dan mengkilap.

Sedangkan batu Marjan sintetis jika diperhatikan secara detail maka pada bagian tengah batu biasanya cenderung memiliki rongga. Selain terdapat rongga, pada batu sintetis biasanya juga terdapat gelembung-gelembung kecil didalamnya.

2. Batu Marjan yang asli memiliki serat khas coral yang tidak beraturan seperti bentuk jaring laba-laba dan ada juga yang memiliki serat menyerupai bentuk awan. Sedangkan batu Marjan sintetis memiliki serat yang lebih teratur.

3. Gunakan segelas susu putih, kemudian masukkan batu Marjan kedalamnya. Jika susu didalam gelas tersebut mengeluarkan warna merah seperti warna batu yang dimasukkan berarti batu Marjan tersebut palsu karena batu Marjan yang asli tidak akan mengeluarkan warna merah meskipun direndam susu.

Susu memang akan lebih mudah menyerap radiasi warna, sehingga jika batu tersebut palsu maka susu akan terkontaminasi warna merah dari batu Marjan sintetis.

4. Agar lebih aman, sebaiknya membeli batu Marjan pada penjual yang terpercaya yang berani memberikan garansi keasliannya. Biasanya penjual yang terpercaya akan menyertakan sertifikat sebagai bukti keaslian dari batu Marjan yang dijualnya.

Tapi perlu diketahui juga, jika sertifikat batu juga banyak dipalsukan untuk mengelabuhi dan meyakinkan pembeli. Oleh karena itu, pastikan dulu jika sertifikat tersebut merupakan sertifikat asli dari hasil uji laboratorium yang mencantumkan spesifikasi dari batunya.

gambar batu marjan palsu
Ilustrasi batu Marjan palsu

Cara merawat batu Marjan:

Seperti jenis batu permata lainnya, batu Marjan juga harus dirawat dengan baik untuk menjaga keindahannya.

Salah satu cara untuk merawat batu Marjan agar tetap indah dan mengkilap adalah dengan menggosok permukaannya dengan minyak zaitun agar warnanya lebih awet dan lebih mengkilap.

Cara perawatan lainnya adalah dengan menyimpannya menggunakan wadah yang kedap udara karena jika batu Marjan terlalu lama disimpan diluar tanpa dipakai, maka bisa menyebabkan kualitasnya menurun secara berangsur-angsur.

Sebaiknya jangan menyimpan batu Marjan bersama dengan batu-batu permata lainnya agar tidak tergores. Karena jika terdapat bayak goresan pada permukaannya akan mengurangi keindahan dari batu ini.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri batu Marjan asli dan khasiatnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar batu akik dan benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Ciri-ciri batu Marjan asli dan khasiatnya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: