Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Khasiat dan Manfaat Batu Pirus Asli

gambar batu pirus persia asli natural
Batu Pirus
Hartalangit.com – Batu Pirus adalah salah satu jenis batu permata yang cukup populer dikalangan para penggemar dan kolektor batu akik. Ciri khas batu Pirus didominasi warna biru muda (biru langit) dan kehijauan dengan kombinasi warna lainnya, oleh karena itulah batu ini disebut sebagai permata Turquoise.

Sejak zaman Mesir kuno, batu Pirus sudah digunakan sebagai perhiasan oleh Raja dan para Bangsawan. Pada masa itu batu Pirus juga sering digunakan sebagai perhiasan untuk orang meninggal sebelum dikuburkan.

Terdapat banyak kepercayaan yang meyakini bahwa batu Pirus memiliki kekuatan ghaib yang dapat digunakan sebagai sarana untuk penyembuhan, untuk perlindungan dan untuk keberuntungan.

Kepopuleran batu Pirus membuat banyak orang ingin memilikinya. baik untuk dijadikan perhiasan, untuk dikoleksi atau untuk dijadikan jimat.

Hal itu kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan dengan cara memalsukannya, karena selain peminatnya cukup banyak, harga batu Pirus dipasaran juga cukup mahal.

Oleh karena itu jika berniat membeli batu Pirus sebaiknya kenali dulu ciri-ciri keasliannya agar tidak salah beli karena dipasaran banyak sekali beredar batu Pirus palsu. Batu Pirus yang asli mudah dibedakan dengan batu Pirus tiruan / palsu berdasarkan tingkat kekerasannya yang mirip dengan batu Bacan.


Batu Pirus banyak dijadikan perhiasan seperti mata cincin, liontin kalung, gelang dan giwang karena memiliki corak dan warna yang indah. Maka tidak heran jika batu ini disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan, baik pria maupun wanita.

Meskipun permukaan batu Pirus tidak terlalu berkilau seperti batu permata lainnya tapi batu ini terlihat seperti memiliki lapisan lilin yang khas.

Warna kehijauan pada batu Pirus menandakan bahwa batu ini mengandung unsur besi. Sangat jarang ditemukan batu Pirus yang berwarna murni biru langit. Warna kehijauan ini memberikan daya tarik tersendiri karena bisa membentuk pola atau corak tertentu yang sangat indah.

Sama seperti jenis batu permata lainnya, batu Pirus juga memerlukan perawatan untuk mempertahankan kualitasnya agar tetap bagus.

Perawatan batu Pirus termasuk agak rumit karena permukaannya berpori dan sebaiknya tidak membiarkan batu Pirus terpapar sinar matahari langsung dalam waktu lama karena dapat mengurangi keindahannya.

Selain itu, jika sering terkena bahan kimia seperti parfum, deterjen atau minyak juga bisa merusak permukaan batu Pirus. Jika mengalami kerusakan, batu ini akan berubah warna menjadi hijau dan kusam.

Cara terbaik untuk merawat batu Pirus adalah dengan membersihkannya menggunakan kain yang halus dan memisahkannya dengan batu-batu permata lainnya ketika disimpan agar tidak tergores karena saling bergesekan.

Selain karena keindahan corak dan warnanya, batu Pirus menjadi salah satu jenis batu permata yang sangat digemari karena dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi orang yang memakainya.


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat batu Pirus asli:

1. Untuk perlindungan

Batu Pirus dipercaya memiliki tuah atau khasiat ghaib sebagai sarana perlindungan dari segala macam marabahaya, baik yang sifatnya fisik maupun non fisik. Oleh karena itulah batu ini sering digunakan sebagai jimat saat melakukan perjalanan jauh.

2. Untuk keberuntungan

Sejak jaman dulu batu Pirus dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat sehingga batu ini sering digunakan sebagai jimat keberuntungan dan panjang umur.

Energi positif yang dipancarkan batu Pirus juga dapat meningkatkan kewibawaan dan kepercayaan diri pemiliknya. Orang yang memakai batu Pirus akan terlihat lebih berwibawa dan berkharisma dimata orang lain sehingga akan disegani dan dihormati oleh orang-orang disekitarnya.

3. Untuk kesehatan

Batu Pirus juga dipercaya dapat mencegah dan meringankan beberapa jenis penyakit seperti migrain, sakit tenggorokan, paru-paru, jantung, mata, telinga dan penyakit-penyakit lainnya.

Selain itu batu Pirus juga dapat mengatasi kelelahan fisik, karena getaran energi yang dipancarkan batu ini dapat melancarkan peredaran darah sehingga akan membuat kondisi tubuh pemakainya selalu sehat dan bugar serta memiliki stamina yang prima.

Tapi hanya batu Pirus asli saja yang memiliki khasiat, sedangkan batu Pirus palsu (sintetis) tidak memiliki khasiat dan manfaat apapun selain hanya sebagai aksesoris. Jadi jika berniat membeli batu Pirus sebaiknya kenali dulu ciri-ciri keasliannya agar tidak salah beli.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, khasiat, manfaat dan kegunaan batu Pirus asli yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar batu permata dan benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan Manfaat Batu Pirus Asli"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: