Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mitos Tuah Ghaib Kayu Timoho

gambar pohon timoho / timaha
Ilustrasi Pohon Timoho
Hartalangit.com – Pohon Timoho adalah jenis tumbuhan hutan yang tingginya bisa mencapai 20 - 25 meter dengan diameter  batangnya bisa mencapai 1 meter. Pohon ini banyak tumbuh di wilayah Asia yang beriklim tropis dengan beragam nama lokal untuk penyebutannya.

Di Indonesia, khususnya di Jawa kayu Timoho di anggap sebagai kayu bertuah yang memiliki banyak khasiat dan manfaat. Tapi menurut orang-orang tuah dulu konon hanya kayu Timoho yang memiliki pelet saja yang bertuah.

Pelet adalah corak (poleng) berwarna hitam yang terdapat pada kayu Timoho dengan berbagai macam bentuk. Pelet inilah yang menjadikan kayu Timoho di anggap istimewa, karena selain menjadikan tampilan kayu lebih artistik, pelet pada kayu Timoho juga di anggap sebagai gambaran dari tuahnya.

Selama ini kayu Timoho banyak dibuat menjadi warangka dan ukiran Keris, karena selain memiliki corak yang indah, warangka kayu Timoho juga dipercaya dapat menambah daya ghaib Keris pusaka yang menempatinya.

Karena keistimewaannya itulah kayu Timoho sangat digemari oleh para penggemar dan kolektor Keris untuk dijadikan warangka dan handle Keris, maka tidak heran jika harga warangka dan deder Keris yang terbuat dari kayu Timoho terbilang cukup mahal, terutama yang memiliki corak pelet tertentu.

Ada cukup banyak corak pelet pada kayu Timoho yang masing-masing dipercaya memiliki tuah berbeda-beda. Penyebutan atau penamaan untuk pelet kayu Timoho juga berbeda-beda tergantung dari bentuk gambarannya.


Berikut ini beberapa jenis pelet kayu Timoho beserta tuah atau manfaatnya:
gambar warangka keris kayu timoho
Warangka Keris Kayu Timoho
1. Pelet Kendhit

Bentuknya berupa corak melingkar seperti sabuk dengan warna lebih gelap dari kayu asalnya dan kelihatan mengkilap seperti bara api.

Pelet jenis ini dipercaya dapat mendatangkan kebahagiaan, kemudahan, kekayaan serta dapat melindungi pemiliknya dari marabahaya dan wabah penyakit.

2. Pelet Tulak

Bentuknya berupa garis tebal dari atas kebawah dengan warna hitam menkilap atau coklat tua dan pada bagian tengahnya terlihat lebih menyala dari bagian yang lainnya. Pelet Tulak dipercaya memiliki tuah untuk melindungi pemiliknya dari serangan benda tajam.

3. Pelet Pudhak Sinumpet

Bentuknya menyerupai pelet Tulak tapi tidak terdapat gambaran hitam. Pelet Timoho jenis ini tuahnya hampir sama seperti pelet Tulak.

4. Pelet Pulas Kembang

Corak pelet Pulas Kembang menyerupai awan yang ber-arak. Pelet Timoho jenis ini dipercaya memiliki tuah untuk menangkal bahaya saat berada dilaut dan dapat menangkal serangan binatang buas yang sering berada didisungai seperti buaya, ular atau yang lainnya.


5. Pelet Dhoreng

Coraknya mirip seperti loreng harimau. Daya magis pelet Doreng konon dapat menjadikan pemiliknya lebih berwibawa sehingga akan disegani dan dihormati oleh orang-orang disekitarnya, baik kawan maupun lawan. Harga kayu Timoho pelet Doreng termasuk cukup tinggi.

6. Pelet Ngamal

Bentuknya berupa bintik-bintik besar (ceplok) dengan jarak yang agak berjauhan antara yang satu dengan lainnya. Pelet kayu Timoho jenis ini konon dapat memberikan kepuasan hidup dan membuat pemiliknya selalu bahagia. Tapi pelet Ngamal termasuk pemilih dan hanya cocok dimiliki oleh para pejabat.

7. Pelet Pulas Groboh

Bentuknya berupa bintik-bintik besar dan kecil berwarna hitam. Khasiatnya hampir sama dengan pelet Ngamal tapi tidak pemilih, sehingga cocok dimiliki oleh siapa saja.

8. Pelet Beras Wutah

Bentuknya berupa bintik-bintik kecil berwarna hitam yang terdapat hampir diseluruh permukaan kayu Timoho. Pelet Beras Wutah / Wos Wutah dipercaya memiliki tuah untuk kemakmuran dan untuk pengasihan.


9. Pelet Ngirim (Ngingrim) Kembang

Coraknya berbentuk besar dan panjang. Pelet kayu Timoho jenis ini dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan kharisma dan untuk pengasihan.

Orang yang memiliki pelet Ngirim konon akan dihormati oleh banyak orang dan dicintai oleh lawan jenis. Pelet ini lebih cocok dimiliki oleh orang yang belum berkeluarga.

10. Pelet Gandrung

Coraknya berbentu bulatan-bulatan hitam tidak teratur yang terdapat pada permukaan kayu Timoho. Konon orang yang memiliki pelet Gandrung hidupnya akan lebih hemat dan cermat.

11. Pelet Ceplok Kelor

Coraknya berbentuk bulat telur dan besar seperti daun kelor. Pelet kayu Timoho jenis ini dipercaya memiliki tuah untuk keselamatan, baik yang sifatnya fisik maupun non fisik.

12. Pelet Ceplok Banteng

Coraknya hampir menutup seluruh permukaan kayu Timoho tapi masih terlihat sedikit warna kayu aslinya. Kono orang yang memiliki pelet ini akan selalu dalam keadaan sehat wal-afiat.

13. Pelet Segoro Winotan

Coraknya terdiri dari 1 - 3 bintik-bintik hitam yang letaknya teratur. Pelet Segoro Winotan dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan, konon orang yang memiliki pelet ini akan dihormati oleh banyak orang. Tapi pelet ini sifatnya pemilih dan hanya cocok dimiliki oleh para pejabat tinggi.

14. Pelet Gono

Coraknya meyerupai batu arca, khasiatnya untuk kesejahteraan dan dapat menghimpun semua kebaikan serta kebahagiaan. Pada zaman dulu pelet Timoho jenis ini hanya dimiliki oleh Raja dan para pejabat tinggi Kerajaan.


15. Pelet Sembur

Coraknya berupa titik-titik kecil yang tersebar hampir diseluruh permukaan kayu Timoho. Pelet Sembur dipercaya memiliki tuah untuk penundukan, baik untuk menundukan Manusia maupun binatang. Selain itu, daya magis pelet ini juga dapat meredam kemarahan orang lain.

16. Pelet Nyerat

Coraknya berupa garis-garis tipis seperti gambar pada marmer, terkadang ada juga yang berbentuk seperti huruf / tulisan. Konon orang yang memiliki pelet ini dapat hidup mandiri, lebih percaya diri, selalu beruntung dan apapun yang dikerjakan selalu berhasil.

17. Pelet Dewadaru

Bentuknya mirip seperti pelet Nyerat tapi corak garisnya lebih tebal dan tajam. Oleh karena itulah terkadang agak sulit untuk membedakan pelet Dewandaru dengan pelet Nyerat.

Pelet Dewandaru dipercaya memiliki tuah untuk perlindungan dari segala bentuk marabahaya, baik yang sifatnya fisik maupun non fisik. Biasanya pusaka yang menggunakan pelet ini akan diletakkan ditempat penyimpanan harta.


Demikian sedikit informasi tentang mitos, tuah, khasiat dan manfaat kayu Timoho yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar katu bertuah dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mitos Tuah Ghaib Kayu Timoho"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: