Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tuah uyeng-uyeng pada hulu Keris kayu Tayuman

gambar handle keris kayu tayuman
Deder Keris Kayu Tayuman

Hartalangit.com - Pohon Tayuman termasuk tumbuhan perdu yang saat ini sudah sangat langka dan sulit ditemukan di Jawa. Karakter Kayunya keras, berwarna coklat tua dan yang menjadi ciri khasnya adalah kayu ini tenggelam didalam air.

Serat kayu Tayuman lembut dan halus, warna dan teksturnya indah, muai susutnya kecil dan mudah dibentuk. Karena keistimewaannya itulah yang menjadikan kayu Tayuman sangat terkenal dan banyak dicari oleh para penggemar dan kolektor Keris karena kayu ini merupakan jenis kayu terbaik untuk dijadikan deder/ukiran Keris pusaka.


Selain karena kualitas dan keindahannya sebagai kayu terbaik untuk dijadikan ukiran/deder Keris pusaka, kayu Tayuman juga di anggap memiliki khasiat untuk memelihara dan memperkuat tuah pada Keris pusaka.

Kayu Tayuman termasuk salah satu kayu bertuah yang memiliki pancaran energi positif yang bermanfaat untuk memudahkan terwujudnya harapan pemiliknya dan juga untuk keperluan-keperluan lainnya.

Kayu Tayuman yang di anggap bertuah adalah yang terdapat uyeng-uyeng (pusar) pada permukaannya. Uyeng-uyeng yang dimaksud pada kayu Tayuman adalah pusar serat kayu bekas ditumbuhi ranting sehingga membentuk lingkaran-lingkaran kecil berlapis-lapis.

Dalam dunia perkerisan terutama di Jawa, handle Keris dari kayu Tayuman yang terdapat uyeng-uyeng dengan ukuran minimal berdiameter 2 mm dipercaya memiliki tuah atau khasiat tertentu.

Jenis tuah dan nama uyeng-uyeng pada kayu Tayuman tergantung pada letaknya setelah dibuat menjadi handle/gagang Keris.

Berikut ini beberapa nama uyeng-uyeng kayu Tayuman pada hulu/deder Keris:

• Sunggi

Adalah uyeng-uyeng pada kayu Tayuman yang letaknya dibagian atas kepala (ubun-ubun) dari hulu Keris. Tuahnya dipercaya dapat mendatangkan kecerdasan dan ingatan yang tajam bagi pemiliknya.

• Sotya/Pupuk

Adalah uyeng-uyeng pada kayu Tayuman yang letaknya dibagian bathuk/dahi dari hulu Keris. Tuahnya dipercaya dapat membuat pemiliknya memiliki ingatan tajam dan pandai memilih teman.

Pada jaman dulu para pedagang/saudagar sangat menyukai deder kayu Tayuman dengan uyeng-uyeng Sotya/Pupuk karena dianggap dapat menambah potensinya untuk menjadi kaya (kuat sugih/kuat kebandan) dan dapat mempertajam firasat bisnisnya.

• Bopong

Adalah uyeng-uyeng pada kayu Tayuman yang letaknya dibagian dada hulu Keris. Tuahnya dianggap bisa memperkuat pribadi pemiliknya untuk menjadi pelayan masyarakat atau penasehat spiritual.

• Puser/Satriya Sinaroja

Adalah uyeng-uyeng pada kayu Tayuman yang letaknya dibagian waduk/weteng hulu Keris. Tuahnya diyakini dapat mempermudah pemiliknya dalam mencari rezeki dan memberikan kemakmuran sandang pangan.

• Asmarandana

Adalah uyeng-uyeng pada kayu Tayuman yang letaknya dibagian depan bungkul hulu Keris. Tuahnya diyakini dapat membuat pemiliknya mudah bergaul dengan lawan jenis dan perkasa serta aman jika berpoligami.

Pada Jaman dulu para bangsawan dan saudagar yang memiliki banyak istri dan wanita simpanan umumnya memiliki Keris pusaka yang menggunakan hulu/deder dari kayu Tayuman yang memiliki uyeng-uyeng Asmarandana sehingga rumah tangganya aman-aman saja.

• Sumping

Adalah uyeng-uyeng pada kayu Tayuman yang letaknya dibagian pilingan (samping kepala) hulu Keris, bisa disebelah kiri maupun kanan atau pada kedua sisinya. Tuahnya diyakini dapat menumbuhkan rasa setia kawan, adil dan toleran terhadap sesama.

• Kempit

Adalah uyeng-uyeng pada kayu Tayuman yang letaknya dibagian ketiak hulu Keris, bisa disebelah kiri maupun kanan, atau kedua-duanya. Tuahnya diyakini dapat mendatangkan kemampuan untuk berbuat baik terhadap orang-orang disekitar lingkungannya.

• Satriya Sinaraja

Adalah uyeng-uyeng pada kayu Tayuman yang letaknya dibagian pinggang hulu Keris, bisa disebelah kiri, kanan atau kedua-duanya. Tuahnya diyakini akan memudahkan pemiliknya mencari rejeki dan murah sandang pangan.

• Gembol

Adalah uyeng-uyeng pada kayu Tayuman yang letaknya dibagian samping bungkul, baik sebelah kiri, kanan atau kedua sisinya. Tuahnya diyakini akan membuat pemiliknya bisa menyimpan rahasia dan berhemat.

• Pikul

Adalah uyeng-uyeng pada kayu Tayuman yang letaknya dibagian bahu belakang hulu Keris. Tuahnya diyakini akan membuat pemiliknya memiliki kemampuan memikul tugas-tugas berat dan penting yang di amanatkan kepadanya serta dapat dipercaya oleh atasannya.

Pada jaman dulu hulu Keris kayu Tayuman dengan uyeng-uyeng Pikul banyak dicari oleh abdi dalem kraton dan pegawai pemerintahan.

• Gendhong/Satriyo Wibowo

Adalah unyeng-unyeng kayu Tayuman yang letaknya ditengah gigir/punggung hulu Keris. Tuahya diyakini dapat menambah kewibawaan sekaligus mampu mengangkat derajat keluarga pemiliknya.

• Lenggah

Adalah uyeng-uyeng pada kayu Tayuman yang letaknya dibagian belakang bungkul hulu Keris. Tuahnya diyakini dapat meningkatkan karier, pangkat dan kedudukan bagi pemiliknya.

• Satriyo Pinayungan

Adalah 2 buah uyeng-uyeng pada kayu Tayuman yang letaknya di gigir (punggung) tengah hulu Keris yang posisinya atas bawah. Tuahnya diyakini akan menambah kewibawaan pemiliknya, selalu terlindungi dalam setiap peperangan serta disayang atasannya.

Pada jaman dulu hulu Keris kayu Tayuman yang memiliki uyeng-uyeng Satriyo Pinayungan banyak digunakan para prajurit kerajaan/militer.

• Satriyo Kembar

Adalah 2 buah uyeng-uyeng pada kayu Tayuman yang letaknya ditengah gigir (punggung) hulu Keris yang posisinta mendatar/sejajar). Tuahnya diyakini dapat mengangkat derajat dan pangkat pemiliknya.

Pada jaman dulu hulu Keris kayu Tayuman yang memiliki uyeng-uyeng Satriyo Kembar banyak dimiliki para abdi dalem keraton.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang tuah uyeng-uyeng pada hulu Keris kayu Tayuman yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar kayu-kayu bertuah, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tuah uyeng-uyeng pada hulu Keris kayu Tayuman "

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: