Advertisement

Filosofi dan tuah pamor Keris Lar Gangsir

keris pamor lar gangsir
Ilustrasi Pamor Lar Gangsir

Hartalangit.com - Pamor Lar Gangsir tergolong pamor miring yang dihasilkan dari lipatan dan puntiran sehingga menjadikan bentuk alurnya terkesan rumit dan indah mirip dengan motif pada sayap Gangsir.

"Lar" artinya sayap dan "Gangsir" adalah sejenis jangkrik yang ukuran tubuhnya besar dan melengkung/bungkuk serta memiliki kaki belakang yang ukurannya jauh lebih panjang dari jangkrik-jangkrik jenis lainnya.


Filosofi Pamor Lar Gangsir:

Lar Gangsir bisa dimaknai sebagai singkatan dari "Gelar Agemaning Sira" yang memiliki pesan bahwa sesungguhnya apapun gelar atau pangkat yang kita sandang hanyalah gelar keduniawian saja.

Semua mahluk di dunia ini memiliki peran dan tugasnya masing-masing, tidak terkecuali Gangsir yang selalu menghiasi keheningan malam dengan suara nyaring dari gesekan sayapnya.

Apapun gelar atau pangkatnya, semua orang sama di mata TUHAN, yang membedakan hanyalah amal perbuatannya.

Lar Gangsir merupakan pesan "ojo dumeh, ojo gumelar" (jangan mentang-mentang bergelar/berpangkat), karena gelar yang sesungguhnya adalah seberapa jauh kita memahami jati diri kita sebagai Manusia. Sebagaimana filosofi Gangsir, meskipun besar namun tetap menunduk. Hal itu selaras dengan ilmu padi, semakin berisi semakin menunduk.

Tuah Pamor Lar Gangsir:

Tuah utama dari pamor Lar Gangsir adalah untuk kewibawaan dan penundukan, sebagaimana karakter Gangsir yang ditakuti oleh jangkrik-jangkrik lain.

Gangsir merupakan sejenis jangkrik yang ukuran tubuhnya lebih besar dari jangkrik pada umumnya, dan ketika Gansir berbunyi maka jangkrik-jangkrik lain disekitarnya akan terdiam karena frekuensi suara yang dihasilkan dari gesekan sayap Gangsir lebih tinggi dari jangkrik-jangkrik lain.

Jadi, selain motifnya yang mirip dengan motif sayap Gangsir, pamor Lar Gangsir juga memiliki tuah seperti sifat Gangsir yaitu disegani dan ditakuti lawan.

Pemilik Keris dan Tosan Aji lainnya yang berpamor Lar Gangsir akan memiliki kharisma dan kewibawaan yang besar sehingga disegani dan dihormati oleh orang-orang disekitarnya. Semua kata-katanya juga akan didengarkan dan dituruti. Tapi pamor Lar Gansir tergolong pemilih, artinya tidak semua orang bisa cocok memilikinya.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah pamor Keris Lar Gangsir yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Filosofi dan tuah pamor Keris Lar Gangsir"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: