Advertisement

Asal-usul dan fungsi Pedang Lar Bango

gambar pedang lar bango asli
Ilustrasi Pedang Lar Bango

Hartalangit.com - Pedang Lar Bango adalah sejenis Pedang kuno dari era Kerajaan Singasari atau bahkan bisa lebih tua. Panjang bilahnya sekitar 85 - 95 cm dengan ujung yang runcing.

Pedang ini memiliki ciri khas pada bentuk bilahnya yang menekuk dibagian tengah bilah dan memiliki ricikan berupa kruwingan besar seperti pada Keris Jalak Budho.

Di bagian sudut lekukan bilahnya juga terdapat semacam cula yang pangkalnya memiliki tikel alis. Pada bagian pangkal sampai tengah bilah memiliki satu sisi tajam saja, tapi mulai bagian tengah sampai ujung bilah memiliki dua sisi tajam.


"Lar Bango" artinya "sayap burung bangau". Nama Lar Bango sendiri di ambil dari bentuk bilahnya yang sekilas mirip dengan bentuk sayap burung bangau yang terbentang.

Pedang Lar Bango merupakan Pedang asli Nusantara, kerena bentuk Pedang seperti ini hanya terdapat di Nusantara. Pendapat tersebut diperkuat dengan ditemukannya relief pedang Lar Bango di Candi Penataran.

Menurut sumber-sumber arkeologi, Pedang Lar Bango telah ada sejak zaman Sriwijaya dan juga Singasari karena terdapat relief Pedang ini di Candi Panataran, Jawa Timur (diperkirakan pada abad ke 12 M). Hal itu menandakan jika Pedang Lar Bango telah ada sebelum masa itu.

Fungsi Pedang Lar Bango adalah untuk berperang, yaitu untuk menusuk, menangkis dan menebas. Ada kemungkinan bahwa Pedang Suduk merupakan evolusi dari Pedang Lar Bango.

Walaupun tergolong Pedang Suduk tapi Pedang Lar Bango bisa difungsikan sebagai Pedang Sabet. Meskipun termasuk senjata kuno, tapi pedang Lar Bango dirancang untuk kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaannya karena titik berat Pedang ini tidak terlalu mengarah keujung sehingga enak digunakan.

Meskipun fungsinya sebagai senjata untuk berperang, tapi banyak Pedang Lar Bango yang digarap dengan apik dan dihiasi dengan pamor yang indah.

Selain Pedang, ada juga Keris berdhapur Lar Bango yang tergolong dhapur Keris lurus dengan ukuran panjang bilah sedang dan pipih. Ricikannya antara lain: kembang kacang (biasanya kecil), pejetan, tikel alis dan tingil.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang asal-usul dan fungsi Pedang Lar Bango yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Asal-usul dan fungsi Pedang Lar Bango"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: