Advertisement

Makna kinatah Gajah Singo pada Keris

kinatah gajah singo
Ilustrasi Kinatah Gajah Singo

Hartalangit.com - Gajah Singo adalah nama salah satu jenis hiasan kinatah yang ditempatkan dibagian bawah gonjo Keris dan pada permukaan yang tidak tertutup hiasan Gajah Singo biasanya dihiasi dengan ornamen hiasan lain.


Kinatah Gajah Singo adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan karena pemilik Keris tersebut di anggap telah berjasa pada Kerajaan Mataram pada masa pemerintahan Sultan Agung Hanyokrokusumo ketika terjadi pemberontakan didaerah Pati - Jawa Tengah bagian utara yang dipimpin oleh Adipati Pragola.

Setelah pemberontakan Adipati Pragola berhasil dipadamkan, maka Sultan Agung memberikan tanda kehormatan berupa Kinatah Gajah Singo yang di ukir pada Keris-Keris milik para prajurit yang ikut berjasa dalam menumpas pemberontakan tersebut.

Semua Keris milik para prajurit sampai tingkat perwira dikumpulkan dan didata kemudian diberi hiasan Kinatah Gajah Singo sebagai tanda jasa kemudian dikembalikan lagi kepada pemiliknya masing-masing.

Kinatah Gajah Singo juga sebagai peringatan ketika Kerajaan Mataram berhasil memadamkan pemberontakan Pati karena Gajah Singo merupakan lambang angka tahun sesuai dengan Condro Sengkolo, yaitu: Gajah melambangkan angka 8, Singo melambangkan angka 5, Curigo (Keris) melambangkan angka 5 dan Tunggal melambangkan angka 1.

Karena Condro Sengkolo (lambang angka tahun) selalu dibaca dari belakang, maka yang dimaksud adalah 1558 dalam kalender Jawa, yaitu tahun ketika Kerajaan Mataram berhasil menumpas pemberontakan Adipati Pragola dari Pati - Jawa Tengah.

Walaupun penghargaan kinatah Gajah Singo diberikan pada zaman Kerajaan Mataram, tetapi ada juga Keris buatan Majapahit, Tuban, Jenggala dan Singasari yang menggunakan hiasan tersebut.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang makna kinatah Gajah Singo pada Keris yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Makna kinatah Gajah Singo pada Keris"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: