Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri dan kelebihan Keris tangguh Madiun

keris sengkelat tangguh madiun
Ilustrasi Keris Tangguh Madiun

Hartalangit.com - Jika dilihat dari bentuk dan garapnya, Keris tangguh Madiun mungkin tidak seindah Keris tangguh Majapahit atau Mataram, karena sebagaimana lazimnya sejarah Keris, perkembangannya pada suatu daerah akan sangat ditentukan oleh berbagai hal, termasuk diantaranya karakter masyarakat, situasi politik, peta kekuasaan dan lain sebagainya.

Bentuk dan karakter Keris akan mengalami perkembangan sesuai situasi pada masanya yang mendukung proses penciptaan Keris-Keris tersebut. Karena memang diciptakan sesuai zaman dan keadaan pada masa itu yang penuh gejolak, maka Keris tangguh Madiun tidak terlalu mementingkan keindahan bentuk dan garap, bahkan justru terkesan wagu (tidak luwes), tapi memiliki karakter angker dan nggegirisi (menyeramkan).

Dari sisi eksoteri, rata-rata Keris tangguh Madiun bentuknya memang sederhana dan terkesan kaku (kurang luwes) tapi dari sisi esoteri, rata-rata Keris tangguh Madiun memancarkan aura keghaiban yang tajam dan berwibawa.


Memang sisi isoteri inilah yang lebih ditonjolkan dari Keris-Keris tangguh Madiun dibanding sisi eksoterinya. Maka tidak heran jika sejarah Madiun sangat berkaitan erat dengan senjata-senjata pusakanya yang sangat terkenal bertuah ampuh. Bahkan konon, Panembahan Senopati dari Mataram pernah dipermalukan dengan mengalami dua kali kegagalan ketika menginvasi Purubaya (Madiun), yakni pada tahun 1587 dan 1589.

Hal itu diyakini berkat keampuhan Keris pusaka Kanjeng Kyai Kolo Gumarang. Hingga pada akhirnya Mataram menggunakan taktik "pura-pura takluk", baru ekspansi Mataram ke Madiun berbuah kesuksesan.

Kabarnya, sebagai peringatan atas peristiwa penguasaan Mataram atas Purubaya tersebut, maka sejak tanggal 16 Nopember 1950 nama Purubaya diganti menjadi Mbediyun atau Mediun.

Ciri-ciri Keris tangguh Madiun:

• Bentuk kembang kacang mangan gandhik.

• Sogokan dan blumbangan kebanyakan tidak seimbang antara kanan dan kiri.

• Perut gonjo rata-rata tipis dan sirah cecaknya lancip.

• Bentuk luknya khas dan terkesan wagu (tidak luwes).

• Rata-rata pamornya kelem.

• Material besinya bagus, sehingga jarang dijumpai Keris tangguh Madiun yang mengalami korosi parah meskipun sudah berusia ratusan tahun.

Ciri-ciri di atas adalah beberapa penanda dari Keris Mediunan. Untuk menangguh Keris Madiun, kecocokan dengan besi yang sejaman bisa dijadikan parameter penilaian.

Jenis besi dan pamor Keris Madiun kebanyakan memiliki kemiripan dengan besi Keris Mataram awal. Kemiripan tersebut kemungkinan disebabkan oleh ketersediaan bahan dari jenis besi yang ada pada masa itu.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri dan kelebihan Keris tangguh Madiun yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri dan kelebihan Keris tangguh Madiun"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: