Advertisement

Beberapa manfaat kayu Nagasari

gambar pohon nagasari
Ilustrasi Pohon Nagasari/Nogosari

Hartalangit.com - Kayu Nagasari/Nogosari adalah salah satu jenis kayu yang dianggap memiliki kekuatan magis oleh masyarakat Jawa. Pohon yang berasal dari India ini banyak tumbuh di Indonesia, terutama di Pulau Jawa dan Bali.

Kita juga bisa menemukan pohon Nagasari/Nogosari di area pemakaman para Raja, tokoh-tokoh dan sesepuh Negeri ini seperti di makam Imogiri, Kudus, Muria, dan Kotagede.

Pohon Nagasari/Nogosari bisa mencapai ketinggian sampai 20 meter. Pohon ini memiliki daun yang berwarna merah muda, memiliki bunga berukuran besar yang aromanya sangat wangi dan buahnya berkulit keras.

Seluruh bagian dari pohon Nagasari/Nogosari bisa dimanfaatkan untuk di jadikan sebagai obat tradisional. Tapi yang paling terkenal dari pohon Nagasari adalah tuah ghaib yang ada pada kayunya.

Meski sulit dibuktikan secara empiris atau melalui studi penelitian, namun sebagian orang meyakini adanya tuah ghaib pada kayu Nagasari yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan.


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat kayu Nagasari:

• Untuk dijadikan jimat dan benda-benda bertuah

Kayu Nagasari/Nogosari banyak dibuat menjadi karya seni yang selain memiliki nilai keindahan, juga memiliki tuah ghaib yang ampuh seperti tasbih, cincin, hiasan dinding, kalung, tongkat, ornamen ruangan, dll.

Di antara sekian banyak jenis kayu bertuah yang ada, kayu Nagasari/Nogosari di anggap sebagai kayu bertuah yang memiliki tingkat kekuatan paling tinggi.

• Untuk sarana keselamatan berkendara

Kayu Nagasari/Nogosari bisa digunakan sebagai sarana untuk keselamatan berkendara yang di iringi dengan sunatullah yang tepat dengan tetap selalu berhati-hati ketika berkendara dijalan.

• Sebagai sarana untuk keharmonisan rumah tangga

Selain dipercaya sebagai sarana keselamatan selama berkendara, kayu Nagasari/Nogosari juga dipercaya memiliki tuah untuk menjaga keharmonisan rumah tangga.

• Untuk menangkal petir

Entah bagaimana penjelasan ilmiahnya, namun kayu Nagasari/Nogosari dipercaya oleh sebagaian masyarakat mampu menangkal petir.

• Untuk menangkal serangan santet

Santet adalah salah satu jenis ilmu hitam yang sering digunakan untuk menyerang, menyakiti atau bahkan untuk membunuh seseorang dengan cara ghaib atau dengan bantuan jin jahat.

Energi negatif dari ilmu santet yang bertujuan untuk menyakiti seseorang bisa di tangkal dengan kayu Nagasari/Nogosari karena sebagian masayarakat percaya bahwa energi positif yang ada pada kayu Nagasari mampu membuat orang yang memilikinya terhindar dari serangan santet.

• Untuk mengatasi kesurupan

Ada dua pendapat mengenai fenomena kesurupan. Sebagian orang menganggap bahwa kesurupan adalah perbuatan mahluk halus yang merasuki raga seseorang, namun ada juga yang berpendapat jika kesurupan tidak ubahnya seperti halusinasi saja.

Jika seseorang mengalami kesurupan akibat perbuatan mahluk halus yang merasuki raganya, maka tuah dari kayu Nagasari mampu menetralisirnya dengan cepat.

• Sebagai obat penurun panas

Kayu Nagasari/Nogosari juga dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit-penyakit yang memiliki sifat panas. Pengobatan dilakukan dengan cara mebuat ramuan dari kayu ini untuk diminum oleh penderita.

Ramuan bisa di buat dari serbuk kayu, daun, kulit kayu, atau batang dari pohon Nagasari yang diseduh dengan air panas atau direbus.

• Untuk obat luka luar

Kayu Nagasari juga di percaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka luar seperti eksim, memar, dan luka bakar. Bagian dari pohon Nagasari yang digunakan adalah biji/buah dari pohon ini.

Caranya: Biji buah Nagasari di tumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Campuran kedua bahan tersebut kemudian di oleskan pada bagian tubuh yang luka.

• Untuk obat luka dalam

Selain untuk mengobati luka luar, kayu Nagasari juga bisa digunakan untuk pengobatan luka dalam. Caranya: Siapkan 3 - 5 biji Nagasari, kemudian ditumbuk sampai halus dan masukkan ke dalam gelas.

Selanjutnya biji Nagasari yang sudah ditumbuk tersebut diseduh dengan air panas dan biarkan selama sekitar 5 menit.

Setelah 5 menit kemudian ramuan tersebut diminumkan pada penderita penyakit seperti pendarahan pada lambung, haid, dan juga keputihan.

Memang belum ada penelitian mengenai kandungan nutrisi atau senyawa yang bisa membuat kayu Nagasari tersebut memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Namun ada sifat yang unik dari kayu ini yang sekaligus menjadi ciri khasnya, yaitu ketika ujung kayu ini dibakar tidak akan menimbulkan nyala api seperti kayu-kayu lain pada umumnya, dan ketika direndam didalam air selama sekitar 10 menit kayu ini akan mengeluarkan bulu-bulu halus.

Tapi menurut kepercayaan, kayu Nagasari akan bermanfaat positif jika yang menggunakannya adalah orang yang berhati bersih, tapi jika yang menggunakannya adalah orang yang berhati kotor, maka kayu ini akan berfungsi sebaliknya.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang beberapa khasiat dan manfaat kayu Nagasari (Nogosari) yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar kayu-kayu bertuah, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Beberapa manfaat kayu Nagasari"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: